1. Startup

Facebook Akan Mulai Membuka Diri

Selama ini, Facebook sudah cukup berbaik hati dengan mengijinkan para pengembang pihak ketiga untuk mengakses beberapa data user yang dibuka oleh Facebook. Platform ini kemudian dikenal dengan nama Facebook Connect, dan langsung menerima banyak respon positif maupun negatif. Banyak respon positif karena banyak pula yang mengaplikasikan dukungan Facebook Connect, namun tidak sedikit pula yang mendapat masalah karena tidak mengaplikasikannya.Hal yang kurang lebih sama dilakukan pula oleh Google dengan Google Friend Connect, sebuah platform layanan yang masih kalah populer dibandingkan dengan Facebook Connect.

Sayangnya, kedua platform layanan ini masih sama-sama menutup diri dan seperti "memaksa" pengguna untuk menggunakan kedua aplikasi ini secara berbeda dan terpisah.

Namun, hal ini agaknya akan berubah dalam waktu dekat. Rumor beredar bahwa besok Facebook akan mengumumkan mengenai dibukanya data pengguna tambahan untuk diakses oleh pengembang aplikasi pihak ketiga via Facebook Connect. Menurut laporan dari Wall Street Journal, pengembang pihak ketiga nantinya akan mendapat akses ke foto dan video yang diupload oleh pengguna, bahkan bisa membuat sebuah situs sendiri dari data-data tersebut. Facebook juga akan menggunakan dukungan transportasi data yang lebih standard (Open standard) agar memudahkan lebih banyak pengembang untuk menggunakan fasilitas Facebook Connect.

Hal ini tentu saja akan semakin menguatkan posisi Facebook sebagai jejaring sosial teratas dan juga mulai berlari meninggalkan Twitter yang terus mengejar dengan API-nya. Kekuatan terbesar dari Facebook tentu saja 200 juat penggunanya dan data-data yang mereka miliki (foto, video, link, dll) yang tentu saja akan menjadi senjata bagi Facebook.

sumber:techcrunch

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again