1. Startup

WordCamp Indonesia Kembali Digelar!

WordCamp Indonesia kembali bakal hadir di Indonesia tahun 2013 setelah sempat absen selama dua tahun lamanya. Ajang yang digelar oleh salah satu pengembang platform blog terbesar di dunia ini bakal mengajak seluruh pengguna, pengembang dan fans WordPress untuk saling bertemu, bertukar pikiran, dan menjalin networking. Acara WordCamp 2013 rencananya akan digelar di Yogyakarta, 18-20 Oktober mendatang. Seperti apa acara WordCamp tahun ini?

Sesuatu dengan yang diungkapkan oleh rilis pers yang kami peroleh, setelah terakhir diadakan pada 2011 silam, tahun ini WordCamp kembali diadakan dengan sejumlah agenda kegiatan yang menarik. Valent Mustamin yang merupakan salah satu penggagas acara ini menyatakan perhelatan WordCamp 2013 merupakan salah satu ajang yang ditunggu-tunggu oleh para penggiat platform WordPress khususnya di Indonesia.

Valent lebih lanjut menyatakan, "WordCamp adalah ajang yang selalu ditunggu-tunggu oleh para penggiat WordPress, dan kami senang akhirnya tahun ini dapat terselenggara kembali. WordCamp akan selalu membawa sesuatu yang baru dan segar kepada mereka yang menghadiri ajang ini, baik dari isi acara maupun formatnya. Valent juga merupakan penggiat digital agency Chatter & Co.

Jika tak ada halangan, menurut rencana rangkaian acara WordCamp Indonesia 2013 akan diawali dengan acara Geeks on train yang akan digelar pada 16-17 Oktober 2013 mendatang. Ajang ini merupakan sebuah kompetisi d imana para pengembang (developer), desainer dan perencana bisnis akan bertemu dan membentuk tim untuk kemudian membuat produk startup dalam satu hari. Uniknya, sesuai dengan namanya “Geeks on Train”, kompetisi ini akan berlangsung di atas perjalanan kereta api dari Jakarta ke Yogyakarta, dan hasil akhirnya tentu akan dipresentasikan pada penyelenggaraan WordCamp.

Fokus dari event WordCamp Indonesia 2013 ini sendiri adalah perhelatan konferensi yang diakomodir oleh WordPress dan diadakan selama tiga hari pada tanggal 18-20 Oktober 2013. Tak seperti perhelatan conference lainnya yang dikenal kaku dan monoton, dalam WordCamp Indonesia 2013 kali ini peserta selain dapat mengikuti workshop dari para pembicara ahli, tutorial, serta diskusi mendalam dengan para ahli WordPress, peserta juga dapat mengikuti serangkaian kegiatan menarik seperti sajian performance dari musik jazz, networking session, job fair dan Happiness Bar. Happiness Bar sendiri merupakan ajang kesempatan bagi para pengguna WordPress dalam bertanya seputar WordPress kepada praktisi-praktisi WordPress profesional.

“Dari segi acara, akan ada sejumlah program yang berbeda dengan format WordCamp pada umumnya, antara lain ada beberapa topik terkait penggunaan WordPress yang akan diangkat agar acara ini lebih menarik dan bersahabat dengan end-user,” papar Valent.

Selain serangkaian acara tadi, yang tak kalah penting dalam perhelatan WordCamp Indonesia 2013 kali ini terdapat inisiatif untuk membentuk wadah resmi komunitas WordPress di Indonesia. Dalam pembentukan komunitas ini, nantinya akan ditunjuk beberapa orang yang terpilih untuk menjadi pengurus komunitas yang nanti akan bertanggung jawab untuk pelaksanaan WordCamp Indonesia di tahun-tahun berikutnya.

Dengan dibentuknya wadah tersebut, diharapkan akan ada semakin banyak kegiatan yang terkait dengan WordPress dan dapat memajukan industri startup di Indonesia dengan penyelenggaraan yang lebih intensif di berbagai kota di seluruh Indonesia.

“Kedekatan” WordPress terhadap Indonesia membuat perhelatan WordCamp ini merupakan perhelatan yang ke-empat kalinya diadakan -- setelah event perdana di tahun 2009, kemudian dilanjutkan pada 2010 dan terakhir pada tahun 2011. Apakah perhelatan tahun ini bakal sesukses tahun-tahun sebelumnya? Kita tunggu saja kabar WordCamp Indonesia 2013 selanjutnya.

Tertarik untuk menjadi salah satu peserta? Kunjungi tautan ini untuk informasi pendaftaran.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again