1. Startup

Event: WordCamp Indonesia 2011, Hari 2 (+Foto)

Acara WordCamp Indonesia dilaksanakan dua hari, setelah sekilas liputan hari pertama di DailySocial Sabtu kemarin, yang dilengkapi dengan wawancara singkat bersama Valent dan Karim Osman dari Automattic, berikut liputan singkat hari kedua WordCamp Indonesia 2011, yang diadakan di Bumi Sangkuriang, Bandung.

Presentasi di hari kedua adalah Anggi Krisna dari Tokokoo yang membawakan materi From Zero to Hero Sell Premium Theme. Anggi menjelaskan beberapa hal yang berkaitan tentang kisah sukses dari menjual premium theme WordPress.

Selain juga memberikan beberapa tips antara lain, buat themes yang sangat niche sehingga bisa fokus, tawarkan sesuatu yang unik dan berkualitas. Anggi juga menjelaskan ada dua cara yang bisa dipilih untuk menjual themes, melalui market place dan jualan sendiri, masing-masing memiliki keunggulan dan juga kekurangan, jadi pengembang bisa meneliti terlebih dahulu sebelum menjual themes.

Pembicara kedua adalah Karim Osman dari Automattic dengan tema WordPress: Back to the Future. Karim menjelaskan tentang perjalanan WordPress, serta penambahan dan pengembangan fitur di tahun 2010, kemudian tentang WordPress.com sampai dengan penjelasan fitur yang akan ada di WordPress 3.1 yang saat ini tersedia versi RC. Karim juga menjelaskan tentang beberapa fitur yang akan ada dari WordPress 3.1 antara lain format post terbaru, internal linking, dan beberapa pembaruan yang lain.

Ric Shreves dari Water & Stone menampilkan beberapa data statistik tentang market share CMS seperti Joomla, Drupal dan WordPress dan CMS lainnya, seperti pada rentang tahun 2009- 2010 data unduhan WordPress bertumbuh pesat, kemudian data yang menjelaskan bahwa WordPress paling banyak dibicarakan di Facebook. Ditampilkan juga data survei dari Water & Stone, yang menjelaskan bahwa WordPress merupakan CMS yang paling mudah digunakan dan membutuhkan biaya yang termasuk paling murah dalam pengembangannya.

Beberapa pembicara lain di WordCampID ini juga menampilkan Arren Tan, dengan tema Speeding up your WordPress with Content Delivery Network, kemudian presentasi menarik dan menghibur dari Pak Zam (Moch Zamroni) yang memperkenalkan WP Charity serta beberapa demo tentang WordPress Child Theme yang berbasis Twenty Ten (default theme dari WordPress 3.0).

Dua pembicara terakhir adalah Daniel Tumiwa yang menjelaskan tentang platform PRIME yang memudahkan untuk mengelola situs WordPress, dilanjutkan Dhenu Wiarsandi dari Webicara.com dengan tema Share in Motion. Dhenu menjelaskan tentang bagaimana dia mengelola dan memproduksi Webicara dan memberikan beberapa tips untuk membuat video podcast, seperti mempersiapkan peralatan dengan baik, fokus pada konten, dan jalankan proses produksi yang serius tidak hanya asal jadi.

Acara ditutup oleh Valent Mustamin mewakili WordCampID yang menjelaskan bahwa jumlah peserta yang tercatat oleh panitia sebanyak 304 peserta dan menjadikan WordCampID ketiga kali ini adalah yang terbesar dari WordCampID lainnya. Setelah itu seperti biasa sesi foto dan networking akhir.

WordCampID 2011 telah berakhir, disamping koneksi internet yang sangat buruk, yang harus kita bebankan kesalahannya pada penyedia koneksi internet :D (saya sendiri malah nebeng ke modem teman saya, thanks Sirio) serta tampilan slide yang agak kurang jelas karena cahaya yang masuk di dalam ruangan terlalu banyak, bagi saya WordCampID kali ini sukses, well organized, jadwal yang tepat waktu (meski di hari pertama ada sedikit perubahan jadwal), hadiah yang banyak, jumlah peserta yang banyak juga memungkinkan networking lebih seru, serta tentunya WordCampID kali ini dilengkapi dengan peluncuran WordPress Board Game.

DailySocial juga berterima kasih pada WordCampID, yang telah menjadikan kami sebagai salah satu media partner di acara ini. Sampai jumpa di acara WordCampID selanjutnya. Hatur nuhun!

PS: Foto saya ambil dari hari pertama dan kedua WordCampID 2011, dan mohon maaf jika kualitas foto kurang maksimal. :)
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again