1. Startup

Rakuten Jepang Akhiri Kerjasama Joint Venture Dengan MNC Untuk Rakuten Indonesia

Raksasa e-commerce asal Jepang Rakuten secara resmi memutuskan untuk mengakhiri kerjasama joint venture dengan MNC untuk Rakuten Indonesia (PT Rakuten-MNC), setelah menandatangani perjanjian kerjasama tahun 2010 lalu dengan 51% untuk Rakuten Jepang dan 49% untuk MNC. Ini merupakan kali kedua Rakuten Jepang mengakhiri kerjasama joint venture setelah sebelumnya melakukan hal sama di Cina.

Rumor mengenai hubungan yang kurang harmonis antara Rakuten dan MNC memang sudah lama beredar di kalangan pemain besar industri internet Indonesia namun baru hari ini bisa dipastikan berakhirnya hubungan bisnis tersebut setelah diumumkan oleh Rakuten Jepang ke media Nikkei Japan. Sejauh ini belum ada komentar dari pihak MNC mengenai berakhirnya kerjasama joint venture ini.

Rakuten Indonesia, yang juga dikenal sebagai Rakuten Belanja Online (RBO) mulai beroperasi akhir 2010 silam, tidak lama setelah perjanjian joint venture diumumkan. Setelah meluncurkan websitenya ke publik bulan Maret 2011, Rakuten mulai menerima komentar yang kurang baik dari merchant namun hal itu tidak menghentikan mereka untuk melaksanakan pesta peluncuran bulan Juni 2011.

MNC sendiri belum lama ini menandatangani perjanjian joint venture baru dengan raksasa internet asal Cina, Tencent dan membawa produk messenger WeChat masuk ke pasar Indonesia.

source: Nikkei Japan

This e-commerce channel is brought to you by Veritrans Indonesia. Veritrans makes online transactions easier, faster and more secure. No setup fee, no monthly fee and no hidden fee. To know more about Veritrans Indonesia, please visit their website http://veritrans.co.id

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again