1. Startup

Rakuten Indonesia Grand Launching 1 Juni, Opini Seorang Pemilik Merchant

Rakuten Indonesia, atau dengan nama resmi Rakuten Belanja Online (RBO) yang merupakan joint venture antara Rakuten Jepang dan MNC Group, akan resmi beroperasi di Indonesia (secara seremonial) dengan mengadakan Grand Launching tanggal 1 Juni ini. Sejak  soft launching-nya tanggal 1 Maret yang lalu, RBO telah menjaring begitu banyak merchant di berbagai sektor. Padahal, ketimbang yang lain, RBO mensyaratkan suatu pembayaran bulanan (dengan komitmen satu tahun pertama) untuk bisa listing di dalamnya. Saya pribadi kebetulan memiliki lapak kecil-kecilan di tempat tersebut dan akan coba berbagi pengalaman selama 3 bulan menggunakan layanan ini.

Saya mendaftar untuk menjadi merchant di RBO sejak pertama kali RBO diumumkan peluncurannya di Indonesia. Saat itu bahkan belum ada informasi apapun tentang persyaratan pendaftarannya. Yang saya yakini adalah RBO memiliki pengalaman yang baik di bidang e-commerce sebagai yang terbaik di Jepang dan sudah merambah ke sejumlah negara lain. Saya berpendapat bahwa RBO akan memiliki penawaran yang kompetitif untuk bersaing dengan portal e-commerce yang sudah ada sebelumnya, macam Juale, Tokopedia, TokoBagus ataupun Plasa.

Selang beberapa hari, saya langsung dihubungi oleh pihak RBO dan langsung dijelaskan soal benefit menggunakan layanan RBO ini. Secara umum mungkin benefit yang ada tidak jauh berbeda dengan penyedia layanan serupa lainnya. Perbedaan pertama terletak pada kemampuan kustomisasi tampilan lapak sehingga dapat dipersonalisasi sesuai dengan keinginan dan ciri toko/perusahaan. Perbedaan kedua adalah karena RBO merupakan perusahaan internasional, akan ada kesempatan buat kita untuk menjual produk yang kita miliki ke mancanegara. Perbedaan ketiga dan yang paling esensial adalah sistem backend Rakuten yang diadopsi dari Jepang. Sistem terintegrasi ini memudahkan kita untuk mengkostumisasi tampilan, daftar barang, daftar pemesanan, pembayaran dan tracking pengiriman.

Satu-satunya hal yang cukup memberatkan adalah iuran bulanan di muka dengan skema tertentu, plus komitmen untuk satu tahun pertama. Selain itu RBO juga mendapatkan sekian persen (tidak besar) untuk setiap produk yang terjual. Berikutnya saya baru tahu, bahwa memanfaatkan sistem pembayaran Doku pun (sebagai partner RBO untuk escrow account), terutama untuk kartu kredit, pihak merchant masih terkena potongan fee lagi. Setelah pertimbangan yang matang, akhirnya pihak kami mencoba peruntungan untuk listing di RBO. Tidak cuma UKM saja yang hadir di RBO karena sudah melihat sejumlah toko ternama yang juga melayani pembelian online melalui RBO ini.

Buat saya, pegawai RBO sangatlah membantu dan informatif. Setiap kesulitan yang dialami merchant selalu mendapatkan perhatian serius. Dari awal pembuatan laman di RBO, sistem RBO yang cukup rumit membuat saya kesulitan untuk mengkostumisasi tampilannya. Ternyata pihak RBO sangat tanggap untuk membantu. Cukup kaget juga waktu itu saya sedang pergi ke luar kota dan di akhir pekan ternyata tampilannya sudah jadi. Meskipun harus diakui bahwa tampilan depan RBO tidaklah seciamik tampilan portal e-commerce lain yang lebih dinamis, RBO memberikan kesempatan kepada setiap merchant untuk memberikan sentuhan personal bagi lamannya dan memperlakukannya layaknya situs utamanya sendiri.

Pernah juga saya mengalami kasus kegagalan pembayaran konsumen dengan kartu debit Mandiri. Setelah saya laporkan permasalahan ini, ternyata pihak RBO langsung cepat tanggap dengan menutup sementara akses pembayaran menggunakan cara tersebut hingga berhasil menemukan solusinya. Tidak cuma kesulitan, pegawai Customer Relationship RBO juga selalu mengingatkan jika ada pesanan yang muncul di lapak RBO kami supaya setiap pesanan dapat hadir di tangan konsumen secara tepat waktu.

Apa masih ada kekurangan dari layanan RBO ini? Tentu masih ada. Permasalahan berkaitan dengan janji awal untuk pengiriman, karena yang seharusnya diambil langsung oleh pihak JNE sebagai partner, sampai sekarang masih dilakukan sendiri oleh pemilik merchant. Secara finansial, transaksi yang saya peroleh dari RBO memang belum mencapai target, tapi dengan effort yang sudah dilakukan oleh RBO selama ini saya optimis akan ada peningkatan ke depannya. Semoga RBO bisa menjadi partner dan pesaing sehat bagi pelaku bisnis serupa untuk pengembangan dan pematangan ekosistem bisnis e-commerce di Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again