1. Startup

Dukung Pertumbuhan Industri Game Online Lokal, XL Axiata Luncurkan Fasilitas Pembayaran XKoin

XL Axiata baru saja meluncurkan produk terbarunya yang diberinama XKoin. Namun jangan salah kira, fungsinya jauh berbeda dengan Bitcoin yang menghebohkan itu. Operator yang  baru saja resmi memiliki Axis ini meluncurkan XKoin sebagai fasilitas layanan pembayaran game credit dengan sistem potong pulsa atau voucher pulsa. XKoin diklaim oleh XL Axiata sebagai salah satu bentuk dukungannya terhadap pertumbuhan industri game online di Indonesia saat ini.

Seperti yang pernah kami beritakan beberapa waktu lalu, industri game online Indonesia memang dinilai sebagai salah satu industri digital dengan potensi luar biasa besar. Hal tersebut rupanya cukup untuk menggoda XL Axiata untuk ikut berpartisipasi di dalamnya. Melalui siaran pers yang kami peroleh, demi memuluskan langkahnya masuk ke dalam industri game lokal, saat ini XL Axiata telah bekerja sama dengan mitra pembayaran dan beberapa publisher game lokal maupun internasional untuk menghadirkan XKoin.

Pihak XL Axiata sendiri mengakui, langkah ini selaras dengan momentum pertumbuhan industri game online Indonesia. “Kami melihat perkembangan industri game online yang pesat sebagai peluang dan sarana terbaik untuk mendekatkan XL dengan pencinta game, sekaligus untuk mewujudkan komitmen XL dalam mengembangkan layanan digital entertainment,” aku Dian Siswarini, Direktur Digital Services XL Axiata.

Mengenai kerja samanya dengan berbagai pihak pendukung, XL Axiata mengungkapkan saat ini pihaknya telah bekerja sama dengan pihak-pihak seperti; Qeon, AsiaSoft, Digicash, Indomog, Steam Wallet, Boyaa, Coalaa, Mimopay dan juga MOL. Bahkan XL Axiata sendiri mengklaim di awal peluncurannya, XKoin sudah tersedia di lebih dari 500 judul game online.

Saat ini, dari sekian operator telekomunikasi di Indonesia diketahui hanya baru XL Axiata saja yang telah menerapkan sistem teknologi direct carrier billing untuk fasilitas pembayaran game online. Dengan demikian, tentu saja (mungkin) untuk beberapa waktu ke depan XKoin tak memiliki pesaing dari sesama operator.

Terlepas dari hal itu, ada sedikit kesimpulan singkat dari langkah XL ini yang jika dianalogikan, dari layanan XKoin nyatanya masih menguatkan anggapan bahwa fasilitas pembayaran online dengan memanfaatkan sisa saldo pulsa masih menjadi alternatif yang cukup diminati oleh banyak pengguna di Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again