1. Startup

Pemasukan Industri Game Online di Indonesia Mencapai USD 190 Juta Pada 2013

Pertumbuhan industri game online di sepanjang tahun 2013 kemarin dilaporkan telah meningkat secara signifikan ketimbang di tahun-tahun sebelumnya. Tercatat, industri yang banyak diisi oleh tak hanya oleh para publisher besar namun juga dari insan startup ini, sepanjang tahun 2013 telah membukukan angka pemasukan yang cukup besar, mencapai USD 190 juta.

Disampaikan oleh Eva Mulawati, Managing Director PT. Megaxus Infotech, pertumbuhan bisnis industri game online di Indonesia hingga saat ini masih sangat menguntungkan. “Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, tingkat pertumbuhan bisnis game online pada 2013 mencapai 35 persen. Ini menunjukkan bisnis game online sangat menggiurkan," ujar Eva yang tertera dalam pemberitaan Republika hari ini (29/1).

Ia mengungkapkan, industri game online di Indonesia yang telah berusia 12 tahun terus menunjukkan peningkatan dan kemajuan baik dari segi bisnis maupun pertumbuhan penggunanya. Hal ini menurutnya dibuktikan lewat jumlah pemain game online di Indonesia yang saat ini mencapai lebih dari 25 juta pemain game hingga tutup tahun 2013 kemarin.

Dirinya pun juga meyakini secara luas pertumbuhan yang sangat besar dari industri game online Indonesia telah “terbantu” oleh pertumbuhan ekonomi Indonesia yang dipandangnya terus meningkat dari tahun ke tahun. "Bisnis game online di dalam negeri masih besar. Ini disebabkan ekonomi Indonesia yang tumbuh di atas enam persen dari tahun ke tahun,” tandasnya [walaupun menurut Bank Dunia angka pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak mencapai enam persen sepanjang 2013 -Ed]

Pertumbuhan tersebut nyatanya hampir senada dengan survey yang dilakukan oleh Agate Studio pada 2012 silam. Studio game yang berbasis di Bandung ini pernah mengungkapkan hasil survey potensi bisnis dari para gamer di Indonesia kepada DailySocial.

Dalam laporan survei tersebut, Agate mengungkapkan hampir sekitar 70% gamer di Indonesia bertransaksi di dalam game sebesar Rp 100 ribu tiap bulannya, dan sebesar 25% mengeluarkan kocek sebesar Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu setiap bulannya untuk “berbelanja” di dalam game. Hal tersebut jelas membuktikan potensi bisnis dari industri game Indonesia merupakan suatu hal yang berpotensi mendatangkan uang yang banyak.

Eva mengatakan bahwa komposisi gamer online di Indonesia masih sangat didominasi oleh PC gamer. Ia menuturkan, pemain game online yang menggunakan perangkat mobile baru mencapai 20 persen dari seluruh pemain game online di indonesia, sedangkan yang menggunakan PC berjumlah di antara 70 - 80 persen. Ini menunjukkan bahwa potensi pengembangan pasar game online masih terbuka cukup luas terlebih dengan pertumbuhan pemilik smartphone di Indonesia yang kini baru mencapai 23 persen dari pasar telepon seluler di Indonesia menurut riset Nielsen Smartphone Insights pada tahun 2013.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again