1. Startup

Ulang Tahun Pertama Tokopedia: Tinggalkan Versi Beta, Luncurkan Versi Mobile

Tokopedia telah resmi berumur satu tahun, tepat pada tanggal 17 Agustus 2010 kemarin, selain pengumuman ulang tahun ini, lewat blog mereka, Tokopedia juga mengumumkan beberapa perkembangan terbaru atas layanan mereka, termasuk berita tentang rilis Tokopedia versi mobile.

Kini Tokopedia bisa diakses melalui perangkat bergerak, pengguna tinggal menuju ke tokopedia.com dari ponsel mereka maka nantinya pengguna akan diarahkan pada situs mobile dari Tokopedia. Fitur dan layanan yang terdapat di versi mobile ini juga cukup lengkap, seperti memeriksa pesanan masuk bagi penjual, memperbaharui status nomor resi bukti pengiriman, sampai melakukan withdrawal. Bagi pembeli, versi mobile ini akan memudahkan mereka untuk melihat status pemesanan yang telah dilakukan, konfirmasi pembayaran dan penerimaan sampai fasilitas untuk memberikan review serta diskusi produk bisa dilakukan pada versi mobile ini.

Selain dari pengumuman tentang akses untuk ponsel atas situs Tokopedia yang berguna bagi mereka yang ingin melihat perkembangan toko mereka lewat ponsel, Tokopedia juga mengumumkan beberapa perkembangan yang cukup penting. Salah satunya adalah versi beta yang selama setahun ini dijalankan oleh Tokopedia, kini resmi 'dicabut'. Tokopedia kini tidak lagi menempelkan embel-embel beta pada layanan mereka, yang berarti juga masa uji produk yang sebenarnya akan dimulai.

Beberapa informasi tambahan juga diumumkan William dari Tokopedia, seperti kini Tokopedia memiliki domain pribadi untuk blog mereka, kemudian pencapaian jumlah transaksi serta jumlah kunjungan, William juga menambahkan dengan keterangan grafik atas perkembangan atau kemajuan yang dicapai Tokopedia, seperti jumlah toko yang telah aktif kini berjumlah lebih dari 4.600 toko, tingkat kunjungan telah mencapai 1/2 juta pengunjung unik serta lebih dari 3 juta pageviews setiap bulannya. Untuk masalah transaksi, Tokopedia juga menjelaskan terjadi peningkatan transaksi secara akumulasi yang kini telah mencapai Rp 5,954 juta.

Tokopedia merupakan salah satu startup yang mendapatkan suntikan investasi dari East Ventures. Menarik melihat perkembangan Tokopedia yang hanya butuh waktu setahun untuk lepas dari versi beta mereka, yang juga menunjukkan bahwa Tokopedia memberi kemajuan yang positif, mengingat persaingan e-commerce cukup ketat di Indonesia.

Versi untuk akses dari ponsel juga kini sudah tidak bisa ditolak, dengan pertumbuhan pengguna ponsel yang pesat, banyak sekali peluang yang bisa dirangkul dengan versi mobile, minimal akses akan lebih mudah. Keputusan Tokopedia untuk membuat blog khusus bagi saya adalah sebuah berita gembira, karena dengan ini mereka bisa selalu memberikan berbagi perkembangan, bukan hanya bagi pengguna mereka, baik itu pembeli dan penjual tetapi juga bagi pengguna umum, baik mereka yang baru kenal Tokopedia atau mereka yang selalu memantau perkembangan terbaru dari layanan Tokopedia. Keterikatan bisa dimulai dari blog.

Tahun kedua sudah di depan mata, kita lihat apa saja yang akan di lakukan Tokopedia pada tahun kedua perjalanan mereka, William juga menambahkan pada keterangan blog Tokopedia, bahwa mereka telah mempersiapkan beberapa rencana kedepan mereka, seperti akan memberikan layanan yang lebih baik dengan pelayanan lewat tim dedicated customer yang akan melayani selama 7 hari dalam seminggu serta rencana untuk memperbaiki sistem pencarian dan puluhan fitur baru yang sedang dipersiapkan Tokopedia.

Yang pasti 'masa bulan madu' telah lewat, kini mereka masuk pada 'masa kehidupan' yang sebenarnya. Bagaimana pendapat Anda tentang pencapaian serta perkembangan terbaru dari Tokopedia? Anda bisa menuliskan pendapat Anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again