1. Startup

Strategi Microsoft Mendekati Komunitas Open Source

Beberapa waktu yang lalu di event Microsoft Bizspark yang saya hadiri, Microsoft mengumumkan kerjasamanya dengan Zend Technologies dalam pengembangan platform PHP on the cloud yang dinamakan SimpleCloud. Di event itu juga saya pribadi tidak melihat geliat Microsoft dalam mengembangkan platform utamanya yaitu ASP.NET dan justru mendukung PHP yang memang selama ini berkompetisi dengan ASP.NET

Saya pun bertanya-tanya kenapa Microsoft mengambil langkah demikian, bukan mendukung produk sendiri malah bekerjasama mengembangkan produk kompetitor. Siddhartha Agarwal, Vice President Americas Field Operation Zend Technologies hari ini cukup berbaik hati untuk mengundang saya berdiskusi sembari menyantap sarapan (credit goes to Dhenu from Zend Indonesia). Dan akhirnya, saya mendapat penjelasan atas kebingungan saya.

Microsoft, dalam proses pendekatannya dengan komunitas developer di dunia ternyata mengalami kesulitan, tentu saja karena kebanyakan platform yang dimiliki Microsoft bersifat proprietary dan anda harus membayar untuk menggunakannya. Belum lagi infrastruktur yang digunakan (IIS Server, SQL Server) harganya relatif lebih mahal daripada infrastruktur LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP) yang hampir tanpa biaya. Dari sini penjualan Windows Server menjadi makin tidak populer di kalangan developer dan bisnis korporat.

Adaptasi harus dilaksanakan oleh Microsoft guna mendongkrak penjualan Windows Servernya dan salah satu strategi yang digunakan Microsoft adalah dengan mendukung gerakan Open Source. Kenapa? Selama ini Microsoft selalu diasosiasikan dengan software proprietary dan berbayar, asosiasi ini harus diubah dengan dukungan Microsoft terhadap teknologi-teknologi Open Source. Dan tentu saja salah satu teknologi Open Source paling populer adalah bahasa pemrogramman PHP. Kenapa PHP? Karena pada dasarnya Microsoft lebih tertarik menjual Windows Server daripada Visual Studio (IDE native Microsoft). Lebih baik ASP.NET yang mengalah daripada Windows Server yang mengalah terhadap Linux bukan? Mengalah untuk menang :)

Sekarang tinggal waktunya pembuktian, dengan dirilisnya SimpleCloud yang hasil kerjasama Microsoft dengan Zend Technologies dan beberapa vendor cloud platform lainnya, sepertinya akan mampu menarik minat para developer PHP untuk membawa web development ke satu tingkat lebih tinggi. Dan dengan dukungan PHP di IIS Server juga makin membuka pintu bagi para developer PHP untuk mempertimbangkan penggunaan produk OS Microsoft untuk pengembangan aplikasi. Microsoft juga membantu para developer-developer PHP ini dengan program-program seperti Microsoft BizSpark dan WebsiteSpark yang juga memberikan infrastruktur bahkan software secara gratis kepada developer-developer. Pastinya langkah ini akan membuka pintu lebar-lebar bagi web developer yang selama ini alergi terhadap produk-produk Microsoft. Setuju?

Pertanyaan selanjutnya, apakah ini tanda-tanda kehancuran ASP.NET? Sampaikan pendapat dan prediksi anda di kolom komentar.

slight disclosure:Dhenu, which also runs BitesMedia.tv have close partnership with Dailysocial. Go figure ;)

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again