1. Startup

Startup Chile Membuka Pendaftaran Bagi Entrepreneur Indonesia

Pada tahun 2013 ini, Startup Chile telah genap memasuki tahun ketiganya dalam memberikan dukungan pada startup kelas dunia untuk mengembangkan bisnisnya di pasar Amerika Latin, Chile pada tepatnya. Sejak didirikan pada tahun 2010, lebih dari 580 startup dari 50 negara telah datang ke negara yang terkenal sebagai penghasil wine berkualitas ini, dan menjadi bagian keluarga Startup Chile.

Startup Chile merupakan program dari pemerintah Chile, di mana setiap round-nya, dipilih sekitar 100 startup untuk diberikan dukungan. Dukungan yang diberikan berupa equity-free seed-funding sebesar USD 40.000, visa kerja selama satu tahun di Chile, dan networking ke komunitas entrepreneur kelas dunia. Setiap startup yang terpilih harus mengirimkan minimal satu orang co-founder-nya untuk bekerja full-time untuk startupnya masing-masing di Chile selama enam bulan. Para peserta diminta untuk berkontribusi sebagai mentor untuk wirausahawan lokal, yang mana dapat berupa workshop, mentoringone-on-one, atau seminar. Semua ini merupakan bentuk dukungan bagi Chile menuju pusat inovasi di Amerika Latin.

Pada tanggal 25 Maret 2013, pendaftaran untuk Startup Chile round 7 telah dibuka. Dengan batas akhir 9 April pukul 23:59:59 waktu Santiago (10 April 9:59:59 WIB), masih tersedia sekitar satu minggu untuk mempersiapkan aplikasi bagi yang berminat. Pendaftaran dan informasi terkait aplikasi dapat ditemukan online di situs Startup Chile.

Untuk memberikan gambaran lebih komprehensif terkait proses aplikasi dan pengalaman di Startup Chile, segera akan diadakan meetup Startup Chile (SUPBoat). Acara ini akan berlangsung di Jakarta dan Bandung. Meetup di Bandung akan diadakan di ITB pada hari Senin, tanggal 8 April pukul 12.00 siang dan meetup di Jakarta akan diadakan di Commonwealth Bank, Wisma Metropolitan 2 pada hari Senin, tanggal 8 April pukul 06.00 sore. Untuk mengikuti meetup ini, silakan lakukan registrasi di sini untuk SUPBoat Jakarta, dan di sini untuk SUPBoat Bandung.

SUPBoat merupakan inisiatif dari Startup Chile untuk memperkenalkan Startup Chile secara lebih mendalam ke komunitas Startup di berbagai belahan dunia. Perkenalan ini diberikan melalui sharing langsung dengan anggota keluarga Startup Chile (alumni, entrepreneur, mentor, atau staf). SUPBoat di Jakarta dan Bandung kali ini akan menghadirkan Fransiska Hadiwidjana, entrepreneur dari Startup Chile round 6, orang Indonesia pertama yang turut ambil bagian dalam Startup Chile. Hingga hari ini, SUPBoat telah diadakan di lebih dari sepuluh kota di berbagai negara, antara lain di Estonia, Portugal, Mexico, Perancis, Singapura, dan Amerika Serikat.

Fransiska Putri Wina Hadiwidjana adalah lulusan ITB yang kini sedang mengikuti program Startup Chile. Ia mengikuti Singularity University selama tiga bulan di tahun 2012 dan sebagai anggota tim Med Sensation  menciptakan sarung tangan medis yang berfungsi untuk mendiagnosa kondisi tubuh.

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again