1. Startup

Segera Hadir, "GeekFest: Celebrate the New Rock Stars!"

FOWAB dan Kibar Kreasi, hari ini Kamis kemarin mengumumkan secara resmi gelaran acara yang diberi nama GeekFest: Celebrate the New Rock Stars! Pengumuman resmi ini dilaksanakan melalui acara konferensi pers di SAE Institute, fX Senayan, Jakarta.

GeekFest sendiri merupakan sebuah festival yang mengkolaborasikan musik, film video, game dan mutimedia ke dalam sebuah wadah teknologi. GeekFest bertujuan juga untuk mengangkat karya kreativitas anak muda Indonesa yang berkaitan dengan teknologi serta orang dibalik layar dari karya atau produk tersebut.

Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal tanggal 31 Maret 2012 - 1 April 2012 di Sasana Budaya Ganesha, Bandung. Acara ini mengajak berbagai komunitas seperti di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Malang. Acara akan menampilkan kolaborasi lintas genre, campuran dari musik, film video, multimedia dan teknologi.

Pengisi acara yang akan hadir di panggung antara lain, Jogja Hiphop Foundation, Bottlesmoker, Windyasari, Openlabs, Hellomotion, Saung Angklung Udjo, Hebring (Main Studios), Pet Shop Box, Homogenic, Ableton Live Indonesia User Group, Trah Project, Kepompong Gendut, Jogjaforce, iPhonesia, Movieholic, Riset Indie, Photon Project dan Midi Data.

Yohan dari FOWAB dalam siaran pers mengatakan bahwa melalui, “Melalui GeekFest, kami ingin memperlihatkan bahwa anak muda Indonesia memiliki potensi yang sangat besar di bidang industri kreatif. Sudah sangat banyak karya anak bangsa yang sukses di tingkat dunia, tapi belum begitu terdengar gaungnya. Padahal mereka inilah rock star yang sesungguhnya, yaitu yang menciptakan karya kreatif dengan level internasional.”

Selain itu acara ini juga sesuai dengan visi dan misi FOWAB yang ingin menyatukan atau saling memperkenalkan mereka yang bekerja dengan internet. Dengan acara GeekFest ini, lingkaran relasi mereka yang bekerja dengan internet akan semakin luas.

Yohan juga mengatakan bahwa semoga dengan acara ini berbagai unsur bisa terhubung, saling berkolaborasi dan bekerja sama dan memajukan industri kreatif di Indonesia, setidaknya dari 5 unsur yang disebutkan di atas.

Yansen dari KibarKreasi mengatakan, “GeekFest merupakan ajang yang berkomitmen mendukung talenta-talenta muda negeri untuk tampil mengibarkan Indonesia di pentas dunia. Sekaranglah saatnya anak muda Indonesia menciptakan kreasi asli nusantara. Kami ingin menunjukkan bahwa Indonesia bukan hanya terkenal sebagai “pabrik” dari perusahaan terkenal di luar negeri, tapi kita juga bisa membuat produk sendiri yang bisa mengharumkan nama Indonesia.” Selain itu acara ini juga diharapkan bisa mendorong para produsen konten lokal.

Tidak hanya pertunjukan saja yang digelar, GeekFest juga akan menghadirkan sesi tanya jawab dengan para pengisi acara tentang pengolahan ide hingga produksi karya yang ditampilkan, selain itu akan ada juga eksebisi dari berbagai komunitas dan peserta lain.

GeekFest juga menitikberatkan pada kolaborasi, dimana pertunjukan atau festival yang ada dari berbagai genre, seperti musik, film, game, multimedia dan tentunya teknologi. Untuk acara, selain yang disebutkan di atas akan ada rangkaian acara lain, seperti lomba film pendek dan berbagai kejutan permainan berbasis Twitter di lokasi. Info tentang GeekFest nantinya bisa dicek di situs mereka.

Berikut wawancara singkat dengan Yohan dan Yansen, tentang event, alasan nama GeekFest serta tujuan yang ingin dicapai di acara ini. (Mohon maaf jika kualitas video kurang maksimal).

Disclosure: DailySocial adalah salah satu media partner dan saya juga aktif di FOWAB dan GeekFest.

Update: Koreksi hari dan penambahan keterangan lokasi konferensi pers.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again