1. Startup

INAICTA 2013: Memunculkan Potensi Anak Bangsa Melalui Ajang Lomba Karya Cipta Kreativitas Dan Inovasi Di Bidang TIK

Kemajuan teknologi akhir-akhir ini yang begitu pesat membuka begitu banyak peluang bagi para teknokreator di seluruh dunia, termasuk Indonesia, untuk berkreasi. Pesatnya perkembangan teknologi, ponsel adalah salah satunya, membuat banyak teknokreator dunia berlomba-lomba untuk menciptakan teknologi baru demi memudahkan hidup kita.

Jika melihat data yang dilansir about.com tentang iPhone App Store, pada Januari 2013 tercatat ada sekitar lebih dari 775.000 app yang tersedia dan siap untuk di-download (300,000 di antaranya khusus untuk iPad). Berdasarkan riset yang dilakukan ABI Research, ada sekitar 29 milyar app yang telah diunduh pengguna smartphone di seluruh dunia hanya pada tahun 2011 saja. Melihat data fantastis ini jelas membuat para teknokreator di seluruh dunia berlomba untuk menghasilkan karya dan meraih keuntungan yang semakin terbuka.

Sebagai contoh, fakta tersebut dapat kita lihat di dua pengembang terkemuka di dunia yaitu Rovio – developer Angry Birds dan Alegrium – developer asli Indonesia yang mengembangkan game Icon Pop Quiz. Kedua developer ini meraih keuntungan yang sangat tidak bisa dipandang oleh sebelah mata. Rovio developer asal Finlandia ini melalui game Angry Birds-nya mampu mencetak hits download sebanyak 1,7 milyar orang dan membuat Rovio kini berharga lebih dari $ 2,25 miliar menurut Business Insider pada Februari 2012. Begitu juga dengan Alegrium, melalui game Icon Pop Quiz-nya yang dirilis sejak November 2012 silam, game ini mampu mencetak hits download sebanyak 8 juta kali dari pengguna di seluruh dunia.

Fakta mengenai kesuksesan kedua aplikasi tersebut menunjukkan bahwa yang dibutuhkan untuk menjadi sukses bukanlah modal yang berlimpah namun keberanian untuk mengolah kreatifitas dalam berkarya. Beruntung, saat ini di Indonesia sudah banyak ajang perlombaan yang memberikan kesempatan kepada para pengembang games dan aplikasi lainnya untuk unjuk gigi, salah satunya adalah Indonesa Information, Communication, and Technology Awards (INAICTA) 2013.

INAICTA adalah ajang lomba karya cipta kreativitas dan inovasi di bidang ICT terbesar di Indonesia yang digagas oleh Kementrian Informasi dan Komunikasi. Hadir untuk ketujuh kalinya pada tahun ini, INAICTA 2013 mengangkat judul “Teknolreasi : A Nation of Possibilities”.

Dengan 21 kategori lomba, INAICTA membuka peluang dan kesempatan tidak hanya bagi para teknokreator yang sudah berpengalaman namun juga calon-calon teknokreator yang masih mengembangkan bakatnya. Pendaftaran INAICTA sudah dibuka dan akan ditutup pada 31 Juli 2013. Mimpi besar dimulai dengan langkah sederhana.

Jika Anda tertarik untuk mengikuti kompetisi maupun menghadiri exhibiton dari karya-karya para nomine INAICTA 2013 yang akan diadakan pada tanggal 31 Agustus – 1 September 2013 mendatang, dapat sowan ke link berikut ini untuk informasi lebih lanjut.

Kolom ini adalah hasil kerja sama DailySocial dengan INAICTA. Ajang lomba karya cipta kreativitas dan inovasi di bidang TIK di Indonesia. Artikel ini menjadi semacam pengantar serta memberikan gambaran atas peluang untuk menjadi teknokreator lokal.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again