1. DScovery

Investasi Properti: Pengertian, Jenis, Reisiko, Kentungan dan Faktor yang Mempengaruhi Harga

Investasi properti bisa menjadi pilihanmu. Umumnya investasi ini pada properti real estate yang ditujukan pada Return of Investment (ROI).

Pengertian Investasi Properti

Banyak orang memilih untuk berinvestasi di properti karena menurut mereka itu akan menghasilkan keuntungan. Apakah benar begitu? Harganya yang secara berkala naik juga menawarkan peluang keuntungan yang menjanjikan. Namun, lebih baik mendapatkan informasi lengkap sebelum membuat keputusan untuk berinvestasi di properti. 

Kami akan memberikan ringkasan informasi tentang investasi properti ini.

Definisi Investasi Properti

Tindakan membeli properti dengan tujuan mendapatkan keuntungan darinya di kemudian hari melalui penjualan kembali, pendapatan sewa, atau keduanya dikenal sebagai investasi properti. Oleh karena itu, tidak diperoleh sebagai tempat tinggal utama pembeli.

Individu, institusi, dan entitas komersial semuanya dapat memiliki properti investasi. Investasi jangka panjang atau jangka pendek keduanya dapat dilakukan di properti investasi.

Rumah kedua adalah nama lain untuk investasi properti. Sedangkan rumah kedua untuk investasi, rumah pertama untuk ditinggali. Namun, tidak semua orang menggunakannya seperti itu. Juga, layak untuk membeli properti kedua, seperti villa di lokasi wisata populer, untuk digunakan sebagai tempat tinggal liburan.

Dengan kata lain, ini bukan investasi di properti. tetapi untuk keuntungan pribadi. Pendapatan tidak berasal dari aset.

Jenis-jenis Investasi Properti

Mengetahui jenis-jenis investasi properti yang berbeda akan membantu kamu memilih produk terbaik untuk kebutuhan investasi jika kamu tertarik dengan real properti.

Ada tiga jenis properti berbeda tersedia untuk investasi. Berikut beberapa kategorinya.

1. Residensial

Salah satu cara bagi investor untuk menghasilkan pendapatan tambahan dari investasi properti mereka adalah dengan menyewakan rumah mereka.Seorang investor akan membeli rumah atau real estat lainnya dan menyewakannya kepada orang lain. Dia kemudian akan mengumpulkan uang sewa bulanan untuk rumah tersebut.

Ada jenis properti lain yang sering digunakan, seperti rumah, rumah susun, dan kondominium.

2. Komersial 

Pembelian real estat komersial yang dilakukan dengan tujuan menghasilkan uang tidak selalu harus dari jenis perumahan.

Beberapa investor membeli properti komersial secara tegas untuk bisnis mereka. Properti ini jelas mahal untuk dirawat dan ditingkatkan karena digunakan untuk alasan komersial. Uang dari penjualan atau sewa yang dikumpulkan, bagaimanapun, dapat membayar biaya yang dikeluarkan. Apartemen di area sibuk dan ruang ritel adalah beberapa contoh dari bangunan ini.

3. Campuran

Properti ini adalah jenis yang dapat digunakan untuk tujuan perumahan dan komersial pada saat yang bersamaan.

Rumah toko adalah contoh paling khas dari jenis properti ini. Bagian bawah biasanya digunakan untuk keperluan komersial seperti restoran, toko, dan sebagainya. Tingkat atas biasanya ditempati oleh pemilik perusahaan atau disewakan sebagai rumah kos.

Keuntungan dan Risiko Investasi Properti

Investasi properti menjadi semakin memikat. Selain keuntungan yang sangat menggiurkan, banyak investor berinvestasi di sektor real estate untuk melindungi aset mereka dari inflasi yang meningkat.

Ini adalah faktor lain yang mendorong persaingan antar pengembang untuk membuat properti. Perumahan vertikal, sering dikenal sebagai apartemen, rumah, dan tanah, adalah tiga jenis investasi real estat yang paling umum.

Fakta bahwa tidak ada investasi yang sempurna harus ditekankan. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Sebelum melakukan investasi, kamu harus mendapat informasi dan pengetahuan tentang hal-hal berikut untuk mendapatkan keuntungan dan mengurangi bahaya properti.

  1. Keuntungan Investasi Properti

Investasi aset riil, atau investasi dalam bentuk barang fisik, termasuk properti investasi. Tren investasi tanah atau properti akhir-akhir ini sangat besar.

Hal ini dapat terjadi ketika kelangkaan pertama kali muncul. Bayangkan jumlah lahan yang tersedia tidak akan bertambah. Sementara itu, populasinya terus bertambah.

Hal ini menunjukkan bahwa akan ada permintaan yang lebih besar daripada penawaran untuk tanah dan properti, yang akan menyebabkan harga yang lebih tinggi. Ini adalah beberapa faktor yang mendorong orang untuk berinvestasi di real estate.

Berikut ini adalah keuntungan investasi properti yang harus kamu ketahui:

1. Hasil Seringkali Menguntungkan

Dalam investasi properti, gagasan tentang kelangkaan berperan penting. Oleh karena itu, jika kamu bijak dan memilih lokasi yang layak, kamu dapat mengklaim bahwa tingkat pengembalian investasi di properti selalu positif.

Kamu bisa mendapatkan beberapa keuntungan, terutama jika investasi dilakukan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, investasi ini biasanya dilakukan untuk tujuan jangka panjang. 

Saat digunakan dalam jangka pendek, bisa. Secara umum, contoh berikut menunjukkan cara melakukannya:

  • Memperbaiki gedung kemudian dijual untuk mendapatkan lebih banyak uang.
  • Mendapatkan tanah untuk dikembangkan, lalu dijual untuk mendapatkan lebih banyak uang.

Namun, kamu harus berhati-hati saat memilih situs strategis dan menghindari memilih lokasi yang terbukti sulit untuk dijual karena alasan apa pun.

2. Potensi Penghasilan Pasif

Membeli properti berpotensi menghasilkan pendapatan pasif untuk kamu. Misalnya, kamu mungkin memilih untuk menyewa atau menyewakannya saat kamu masih bekerja. Karena tanah dan bangunan tidak dijual, kamu  tetap bisa mendapatkan penghasilan pasif sambil memiliki aset dalam situasi ini.

Jadi bisa dikatakan bahwa berinvestasi di properti memiliki dua keuntungan: pertama, nilainya hanya akan meningkat, dan kedua, jika kamu tidak menjualnya, kamu bisa mendapatkan pendapatan pasif.

3. Dapat Menjadi Agunan

Jika kamu dapat membeli rumah dan menggunakannya sebagai jaminan pinjaman untuk membeli rumah lain. Kamu bisa mendapat untung karena siklus laba hampir sama. Karena tanah dan properti biasanya merupakan aset yang bernilai tinggi, kamu juga harus mengantisipasi jumlah pinjaman yang cukup besar.

4. Tahan Ancaman Inflasi.

Padahal, membeli rumah di masa lalu adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia. Namun, telah terjadi pergeseran minat, dan saat ini memiliki properti adalah salah satu cara untuk mencegah inflasi menggerus investasi tersebut. Dengan kata lain, pemilik yakin bahwa saat membeli properti, nilai investasinya tidak akan turun seperti nilai mata uang yang daya belinya berkurang akibat inflasi.

  1. Risiko Investasi Properti

Memulai bisnis properti memiliki banyak manfaat, tetapi ada juga bahayanya. Kamu dapat dipaksa untuk mempertahankan properti tanpa batas waktu jika kamu tidak mendapat untung atau lingkungan tidak mendukung kamu.

Sebenarnya, jumlah risiko yang bersedia kamu ambil menentukan apakah kamu berinvestasi di properti atau aset keuangan lainnya. Sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi, perhatikan bahaya investasi properti berikut ini:

1. Beban Pemeliharaan (Management Burden)

Pemilik properti atau investor tidak dapat mengharapkan investasi mereka memberikan pengembalian yang terus meningkat kecuali mereka memperhatikan kondisi properti.

Untuk meningkatkan pendapatan sewanya, ia juga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk menjaga kondisi bangunan tetap baik.

2. Investasi Modal Tinggi (High Capital Investment)

Cara kedua untuk menggambarkan investasi dalam properti adalah sebagai investasi padat modal. Karena pengembalian investasi properti umumnya lebih tinggi, semakin banyak modal yang dihabiskan di dalamnya.

3. Aksesibilitas terhadap Permodalan

Harga untuk properti komersial mencerminkan kekuatan penawaran dan permintaan. Karakteristik dan tren pasar lokal yang mempengaruhi penawaran dan permintaan properti diperhitungkan saat menentukan harga properti.

Keterjangkauan adalah perbedaan utama antara penilaian properti dan ekuitas. Karena pembelian saham dilakukan secara tunai, keterjangkauan tidak menjadi perhatian. Sebaliknya, transaksi properti biasanya melibatkan pembelian dengan leverage yang dibiayai oleh bank.

4. Transaksi Mahal (Expensive Transactions)

Dibandingkan dengan berinvestasi di sektor lain, pembelian real estat memiliki biaya yang lebih tinggi. Pajak seperti PPH (5% dibebankan kepada penjual) dan BPHTB (5% dibebankan kepada pembeli) digunakan untuk menutup biaya ini.

5. Akuisisi yang memakan waktu (Time Consuming Acquisition)

Beberapa minggu atau bulan mungkin berlalu sebelum kamu dapat membeli properti yang kamu inginkan.

Sifat properti yang tidak likuid (kekurangan likuiditas) juga menjelaskan hal ini. Bahkan seorang spesialis properti AS menyarankan untuk melihat 100 properti berbeda sebelum memilih tiga teratas untuk mengamankan properti yang diinginkan.

6. Keterbatasan Informasi (Lack of Knowledge)

informasi terbatas karena fokus terhadap properti yang bersifat lokal. Padahal harga rumah tidak akan selalu sama dari satu lokasi ke lokasi lain. Ini memaksa investor untuk waspada dan melakukan survei terhadap area yang mereka minati.

7. Penyusutan Gedung (Building Depreciation)

Meskipun nilai investasi properti berdasarkan tanah dan bangunan meningkat dari tahun ke tahun sebagai akibat dari kenaikan harga tanah karena kelangkaan, bangunan di atas properti tersebut mungkin memiliki umur.

Ini tidak sama dengan tanah dengan umur panjang, atau tanah abadi. Bangunan secara teoritis dapat berusia 20, 30, atau 40 tahun, tergantung pada kualitas, kekokohan, dan kegunaannya (sebagai hasil konstruksinya).

8. Hancur Jika Terjadi Bencana Alam

Properti investasi memiliki risiko kerusakan tanah dan bangunan yang sama dengan aset lainnya akibat bencana alam antara lain gempa bumi, tanah longsor, tsunami, dan lain-lain.

Namun, sebenarnya asuransi bisa mengatasi hal tersebut; oleh karena itu, secara praktis, kerusakan katastropik dapat dihindari dengan biaya tambahan untuk membayar premi asuransi.

Kamu dapat melakukan penelitian dan memilih dengan bijak saat berinvestasi di properti. Ingat bahwa industri real estate adalah salah satu yang biasanya terbayar, terutama jika kamu menangani perusahaan kamu dengan bijak.

Membangun bisnis memiliki tingkat kerumitan yang sama apakah itu melibatkan properti atau jenis bisnis lainnya. Sederhananya, jelas ada perbedaan strategi yang digunakan untuk mengembangkan bisnis. terutama ketika datang ke akuntansi keuangan dan pengumpulan data.

Faktor yang Mempengaruhi Investasi Properti

Dapat dikatakan bahwa berinvestasi dalam bisnis atau properti adalah usaha yang tidak pernah berakhir. Namun ternyata investasi ini membutuhkan unsur X agar berhasil. Ada aspek yang mempengaruhi properti investasi itu sendiri, mempengaruhinya untuk menawarkan keuntungan dan keuntungan yang paling banyak. 

Bisakah kamu kehilangan uang saat berinvestasi di properti? Sebenarnya, itu mungkin bisa saja terjadi. Berikut ini adalah beberapa variabel penting untuk dipertimbangkan saat berinvestasi di properti:

Lokasi Properti

Lokasi adalah elemen yang membuat investasi kamu di properti begitu menarik. Pilih tempat yang terlihat dan mudah didekati. Ini berkaitan dengan pengawasan. Jika sebelumnya kamu membeli tanah yang tidak diawasi, berikan kepada orang yang dapat kamu andalkan.

Perhatikan akses jalan untuk lokasi yang strategis. Jangan pernah berinvestasi di properti atau rumah dengan akses jalan yang buruk karena tidak akan berkembang. Sumber udara juga penting karena merupakan kebutuhan mendasar. Selain itu, pastikan daerah tersebut tidak rawan banjir. Datang langsung ke lokasi adalah cara terbaik untuk mengeceknya.

Sebelum menentukan lokasi yang ideal untuk investasi properti, penting untuk memahami kualitas lokasi yang ideal untuk investasi, antara lain:

  • Infrastruktur Baik dan Modern

Perlu diketahui bahwa memiliki infrastruktur yang memadai dan modern sangat penting untuk menggabungkan area yang terintegrasi dengan baik untuk properti investasi.

Tentunya hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup dan memberikan kenyamanan bagi penduduk setempat.

Karena banyaknya fasilitas yang tersedia, tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk pindah ke sini, dan para pengembang sangat ingin membangun proyek mereka di kawasan ini.

Infrastruktur fisik terdiri dari jalan raya yang luas, jalan setapak yang tertata rapi, akses tol yang mudah ke berbagai lokasi, dan lain sebagainya.

  • Fasilitas Publik yang Memadai

Kehadiran fasilitas umum yang sesuai adalah kualitas kawasan berikutnya yang membuatnya menjadi daftar tempat terbaik untuk berinvestasi di properti.

Ini termasuk hub perusahaan dan kantor, hub pendidikan, hub medis, lokasi wisata, dan hub untuk transportasi umum.

Semakin mudah masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari, semakin lengkap pula fasilitas publik yang ditawarkan.

Tidak heran jika rumah yang dekat dengan masyarakat, fasilitasnya banyak diminati, sehingga harga yang ditawarkan tentunya akan lebih besar.

  • Merupakan Kawasan Sunrise Property

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah “sunrise property” jika kamu kesulitan berinvestasi di real estate.

Ya, Sunrise Property adalah lingkungan perumahan dengan potensi investasi signifikan yang sedang dalam pengembangan.

Suatu lokasi dapat disebut sebagai properti matahari terbit jika harga tanah dan rumah naik dengan cepat dan stabil di sana.

Biasanya, properti matahari terbit memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

- Area yang stabil dengan infrastruktur yang terhormat dan sangat baik

- Pembangunan infrastruktur besar-besaran

- Ini adalah zona penyangga di ibu kota negara.

Jenis Properti

Hasil berinvestasi di properti lebih bersifat jangka panjang, yang perlu diingat. Bahkan jika kita memilih investasi properti jangka pendek, hal ini dimungkinkan asalkan kamu memiliki jumlah uang yang cukup besar. Biasanya, mendapatkan dana melibatkan aplikasi pinjaman. Akibatnya, efek membutuhkan waktu untuk terwujud. Investasi ini akan menguntungkan jika ditangani dengan serius!

Kita memiliki akses ke berbagai peluang investasi properti. Untuk menghindari terlalu banyak kesulitan dan untuk belajar sebelum berkembang lebih jauh di masa mendatang, kamu harus memilih salah satu dari lima jenis berikut:

  • Investasi Hunian

Setiap orang membutuhkan tempat yang disebut rumah. Kamu tahu bahwa ada banyak bentuk rumah. Bukan hanya rumah tinggal atau flat yang tampak tinggi. Namun ada juga rumah kos atau rumah sewa yang berskala lebih kecil. Tidak diragukan lagi ada kebutuhan akan tempat tinggal, dan hasilnya tidak mengecewakan. Skala tersebut dapat dipilih oleh investor berdasarkan kapasitasnya.

Menyewa atau menjual properti adalah dua pilihan bagi investor. Lokasi merupakan faktor penting. Jika properti tersebut terletak di lokasi utama, bisnis akan sangat sukses. Tidak harus di pusat kota untuk menjadi sukses; selama jaringan transportasi lengkap. Sarana dan prasarana sekitar juga penting.

  • Investasi Lahan Bisnis

Orang-orang menjadi semakin tertarik untuk memulai bisnis mereka sendiri hari ini. Ada juga prospek properti investasi yang dirancang khusus untuk bisnis seiring pertumbuhan industri kreatif. Mirip dengan perumahan, lokasi, amenitas, dan infrastruktur di sekitarnya adalah elemen penting yang tidak dapat diabaikan.

Kamu tahu, ada banyak jenis properti komersial. Yang pertama, tentu saja, menyewakan atau membeli dan menjual properti ritel, gedung perkantoran, dan kios. Di mana pun struktur ini diperlukan. namun demikian, dari pinggiran kota, pasar, dan inti kota. Tempat parkir sekarang dapat dibangun di atas properti kosong. khususnya jika berada di jantung kantor yang ramai. Plus, beberapa orang menyewa ruang untuk gudang.

  • Investasi Properti untuk Hiburan

Sejak persewaan liburan pertama, perusahaan telah berkembang pesat. Hotel, villa, cottage, dan sebagainya adalah contohnya. Namun, jika kita membayangkan perusahaan besar ini, hampir semua orang akan bekerja keras untuk mewujudkannya. Karena itu, mengapa tidak memulai dari yang kecil?

Istilah “penyembuhan” saat ini sangat populer di kalangan generasi MZ. Liburan murah menjadi ide yang semakin populer untuk proses pemulihan. Semakin banyak pilihan penginapan yang terjangkau, disebut sebagai homestay, yang ditawarkan. Bahkan sudah menjadi hal yang lumrah membiarkan pengunjung menginap di kamar-kamar kosong di rumah. Ini bisa menjadi tahap awal investasi properti kamu.

  • Property Equity Crowdfunding

Bisnis ini telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa sejak persewaan liburan pertama. Contohnya termasuk hotel, mansion, cottage, dan lain sebagainya. Namun jika menurut kami ini besar, praktis semua orang akan berusaha keras untuk membangun bisnisnya. Jadi mengapa tidak memulai dari yang kecil?

Generasi MZ saat ini banyak menggunakan kata “penyembuhan”. Liburan murah semakin populer sebagai obat untuk proses penyembuhan. Homestay, sejenis penginapan murah, semakin marak. Bahkan membiarkan tamu menginap di kamar kosong di rumah sudah menjadi kebiasaan. Ini bisa menjadi fase pertama investasi Anda di real estat.

  • Saham Properti

Saham properti tidak mengharuskan kita untuk memiliki properti apapun, seperti crowdfunding ekuitas properti. menambahkan bahwa kami berinvestasi dalam saham perusahaan yang berspesialisasi dalam pengembangan real estat. Sebelum mulai membeli saham, pastikan rekening efek sudah dibuka. Jangan pernah lupa memantau harga saham Bursa Efek Indonesia.

Harga Properti

Harga di bawah Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) tanah sebenarnya adalah yang terbaik untuk membeli tanah. Harga wajarnya sama dengan harga NJOP. Lakukan survei yang membandingkan harga properti terdekat untuk menemukan penawaran terbaik. Sebagai catatan, harga biasanya lebih tinggi di lokasi yang lebih baik.

Salah satu sarana investasi terbaik dan teraman adalah properti. Ini tidak hanya menawarkan banyak keuntungan dalam bentuk dividen dan keuntungan modal, tetapi juga memiliki efek anti-inflasi. Oleh karena itu hasilnya lebih diinginkan. Uangnya aman dan akan terus berkembang.

Penting untuk memperhatikan peningkatan inflasi, terutama dalam iklim saat ini. Banyak negara mengalami tingkat inflasi yang tinggi sebagai akibat dari ketidakpastian global. Selanjutnya, setelah periode inflasi yang relatif rendah di Amerika Serikat, negara tersebut justru mengalami inflasi terbesar dalam 40 tahun terakhir, sebesar 8,5%. Beruntung, laju inflasi Indonesia pada Juli 2022, seperti dilansir Badan Pusat Statistik, adalah 4,94 per tahun (yoy), jauh lebih rendah dibandingkan negara lain.

Inflasi yang tinggi berdampak negatif terhadap perekonomian, mengakibatkan turunnya permintaan pasar akibat rendahnya daya beli konsumen dan pasar produk yang kurang kompetitif. Alat investasi yang tepat diperlukan dalam skenario ini untuk mencegah kerugian lebih lanjut dalam nilai uang. Selain itu, properti mungkin merupakan pengganti yang cocok.

Kondisi Properti

Saat berinvestasi, pertimbangkan juga keadaan properti atau tanah. Untuk bantuan dalam pemeriksaan, bicaralah dengan notaris atau pejabat pembuat akta tanah. Alternatifnya, konfirmasikan bahwa sertifikasi selesai jika properti tersebut adalah hunian. Verifikasi juga rencana pemerintah daerah. Kantor tata kota di daerah kamu adalah sumber informasi yang baik.

Cara Kerja Investasi Properti

Banyak orang berlomba-lomba untuk investasi untuk tahun-tahun kemudian mereka masih muda. Beberapa tahun terakhir telah terlihat peningkatan popularitas investasi properti. Ada banyak jenis investasi real estat, termasuk membeli rumah atau mobil. Perumahan adalah jenis investasi real estat yang paling umum karena dianggap lebih menguntungkan dalam jangka panjang. Bagi investor baru, hal yang paling mendebarkan adalah tercapainya pembelian rumah pertama mereka. Kamu harus menetapkan pendekatan yang ideal untuk melaksanakan tujuan kamu jika kamu ingin mencapai hasil yang kamu inginkan.

Kamu tidak boleh terjun ke investasi real estat jika kamu seorang pemula karena ada banyak hal yang perlu kamu pelajari terlebih dahulu. Fakta bahwa membeli rumah bukanlah proses yang sederhana adalah salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum melakukannya. Terkadang ada beberapa tahapan yang harus diselesaikan. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan hipotek sebagai metode pembayaran kamu, perhatikan baik-baik dan pastikan semua persyaratan terpenuhi sebelum mengajukan.

Tahapan Investasi Properti

Berikut adalah enam langkah untuk membantu kamu memulai dan menghilangkan keraguan yang mungkin kamu miliki tentang berinvestasi di properti.

1. Cek Keuangan

Kamu akan mengetahui berapa banyak uang yang tersedia untuk diinvestasikan dari ini. Tetapi jika ternyata berbeda dari yang kamu perkirakan, tundalah untuk menyimpulkan bahwa kamu tidak mampu berinvestasi. Tidak apa-apa untuk mengambil pinjaman untuk berinvestasi. Jangan takut untuk melakukan pinjaman untuk berinvestasi selama kamu sudah memiliki pekerjaan dengan posisi dan gaji yang cukup tinggi atau bisnis yang dapat diandalkan.

Namun perlu diingat bahwa hanya dana investasi tambahan yang diizinkan berdasarkan pinjaman. Hindari memaksakan diri untuk mengambil pinjaman jika jumlahnya jauh lebih besar dari tabungan investasi kamu.

2. Tetapkan Tujuan

Untuk mulai berinvestasi di properti, bahwa kamu harus memutuskan tujuan apa yang ingin kamu kejar, dan ini adalah langkah yang paling penting. Menentukan tenggat waktu kapan investasi kamu harus mencapai tujuan itu adalah langkah krusial berikutnya.

Karena properti seringkali merupakan investasi populer di antara mereka yang ingin melindungi masa depan keuangan mereka. Namun demikian, pengaturan waktu tanpa memperhatikan. Akibatnya, hasil yang tidak diharapkan terjadi, dan penyesalan atas investasi properti yang tidak menguntungkan muncul. Namun, pandangan kedua mengungkapkan bahwa kesalahan adalah hasil dari manajemen waktu dan manajemen perhatian yang buruk.

3. Memahami Risiko

Risiko dapat dilihat sebagai pertarungan yang tidak diinginkan yang menghasilkan kerugian. Memahami bahaya juga dapat membantu kamu memutuskan tindakan selanjutnya dan membuat penilaian saat kamu ingin berinvestasi di properti.

Dan sekali lagi, ketika kamu telah membuat keputusan untuk berinvestasi, kamu harus siap menghadapi bahaya.

4. Tetapkan Anggaran untuk Investasi

Untuk memastikan bahwa kamu dapat menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran sambil melakukan investasi, kamu harus menyusun anggaran. Karena kamu akan dapat melacak pengeluaran kamu dan pengembalian investasi masa depan kamu pada saat itu.

Bahkan sebelum kamu mulai mencari rumah, pastikan untuk mengaturnya.

5. Buat Rencana Pembelian

Seperti apa rencana pembelian yang ideal? Kamu harus memikirkan beberapa keadaan agar properti yang kamu beli sesuai dengan rencana pembelian yang sesuai. Dari menentukan strategi investasi, profil kriteria properti, melakukan survei, dan sebagainya.

6. Tetap Fokus

Tetap fokus untuk mempertahankan perhatian kamu. Membeli real estat semata-mata merupakan pilihan bisnis yang tidak terpengaruh oleh emosi.

Memulai sesuatu yang baru dengan begitu banyak tanggung jawab bisa jadi menantang. Tapi teruslah mencoba. Bayangkan bisa duduk santai, merasa puas, nyaman, dan bahkan senang bahwa kamu membeli properti yang tampaknya telah meningkat secara signifikan selama 10 tahun jika kamu langsung membeli properti yang tepat. Sementara beberapa rekan kerja kamu dan yang lainnya mungkin sibuk, mulailah berinvestasi.

Prosedur Pembelian Properti

Ingin membeli rumah? Tak perlu dikatakan bahwa kamu harus memahami prosedur dan proses yang terlibat dalam pembelian properti di Indonesia selain menyisihkan dana atau membuat anggaran. Agar prosesnya berjalan dengan baik dan menghindari masalah besar, penting untuk memahami prosedur pembelian properti. Jika kamu bukan orang awam, penjelasan di bawah ini bisa membantu kamu memahami seluruh prosedur pembelian properti di Indonesia.

1. Temukan Properti

Tentu saja, menentukan jenis properti yang kamu inginkan merupakan langkah penting sebelum melakukan pembelian.

Kamu bisa berburu properti dengan berbagai cara, antara lain melalui iklan di media, khususnya di website jual beli properti; dengan pergi ke pameran properti; atau dengan menyewa agen properti untuk mencari rumah atau apartemen yang sesuai dengan preferensi kamu.

2. Temukan Agen Properti Terkemuka

Jika kamu memilih membeli rumah melalui agen, carilah pembeli properti berpengalaman.

Bertemu langsung dan mengajukan pertanyaan yang diperlukan adalah pendekatan terbaik untuk menilai kualitas agen.

Kamu dapat meneliti daftar dan penjualan masa lalu yang dilakukan oleh agen untuk melihat apakah itu sebanding dengan properti yang ingin kamu beli saat ini.

Tentu saja, agen properti berlisensi menguntungkan. Kompatibilitas agen dengan kamu, bagaimanapun, adalah faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan.

Ini penting karena proses pembelian rumah bisa berlarut-larut, jadi kamu harus yakin bahwa agen properti kamu dapat diandalkan dan menyenangkan untuk diajak bekerja sama.

3. Negosiasi Properti

Negosiasi dengan penjual adalah tahap selanjutnya dalam proses pembelian properti setelah kamu menemukan rumah yang sesuai dengan keinginan dan preferensi kamu.

Individu, pengembang, atau pengembang semuanya mungkin disertakan.

Kamu dapat mendiskusikan jangka waktu pengembalian uang muka, meminta diskon kepada penjual, dan masalah lainnya.

4. Berikan Booking Fee

Kamu dapat meletakkan sejumlah uang sebagai tanda terima atau biaya pemesanan jika kamu dan penjual telah menyetujui harga pembelian properti tersebut.

Karena perbedaan ukuran, biaya pemesanan ini berbeda dengan uang muka. Biaya pemesanan adalah sinyal bahwa kamu berkomitmen untuk membeli properti yang diiklankan.

Tidak semua vendor harus membayar biaya pemesanan. Tanyakan kepada penjual apakah biaya pemesanan ini dapat dimasukkan ke dalam harga jual properti jika kamu harus membayar deposit.

Biaya pemesanan tidak mengikat meskipun ditampilkan sebagai selesai. kamu dapat membatalkan kesepakatan properti jika kamu menemukan properti lain yang lebih kamu sukai atau memutuskan untuk tidak membelinya.

Hanya saja ada kemungkinan kamu tidak akan mendapatkan kembali pembayaran kamu.

5. Mengajukan KPR dan KPA

Jika kamu memutuskan untuk membayar properti dengan kredit, kamu bisa mulai dengan mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau Kredit Pemilikan Apartemen ke bank.

Proses aplikasi kredit mengumpulkan dokumen yang diperlukan, seperti formulir aplikasi, slip gaji, atau bukti pendapatan lainnya, dan kemudian menganalisis atau mengevaluasi status kredit kamu untuk menentukan jumlah maksimum pinjaman dan jangka waktu yang dapat disetujui.

6. Pembayaran Uang Muka

Saat membeli properti dengan sistem KPR atau dengan uang tunai, diperlukan uang muka.

Pengembang dan penjual swasta sama-sama sering membutuhkan uang muka untuk mengamankan pembelian rumah yang kamu inginkan.

Biasanya, 20% hingga 30% dari total jumlah pinjaman yang jatuh tempo akan dilunasi.

Pengembang biasanya mengharapkan uang muka dilakukan dua sampai tiga minggu setelah diterimanya tanda terima.

Untuk memberikan kepastian dan kepastian mengenai waktu pembayaran dari bank yang bersangkutan, sebaiknya DP dibayarkan setelah proses KPR dengan bank selesai.

7. Akad Juan Belii

Akad untuk jual beli properti mengalihkan kepemilikan bangunan dan tanah.

Dengan kata lain, dengan ketidakseimbangan harga yang disepakati, penjual secara resmi mengalihkan tanah dan/atau bangunan tersebut kepada kamu selaku pembeli.

Penjual dan pembeli akan membuat Akta Jual Beli (AJB) dan/atau surat perjanjian kredit untuk klien hipotek sebagai bagian dari proses perjanjian jual beli properti.

Jika kamu memutuskan untuk membayar tunai, kamu dapat segera melunasi saldo hutang kamu kepada vendor.

Bank pemberi pinjaman akan melakukan pembayaran kepada peminjam hipotek.

Untuk melindungi penjual, pembeli dan bank secara hukum, perjanjian jual beli properti harus ditandatangani di depan notaris atau pejabat pembuat akta tanah lainnya.

Cara Mengelola Properti

Menjual properti tempat tinggal termasuk rumah, apartemen, gedung, dan real estat lainnya menghasilkan pendapatan di perusahaan properti. Karena kenaikan biaya tanah dan peningkatan jumlah orang yang membutuhkan tempat tinggal, industri real estate berkembang menjadi sangat disukai dan diminati.

Namun, karena pesatnya ekspansi industri properti, ada banyak perusahaan saingan yang harus kamu tinggalkan. Oleh karena itu, kamu harus berusaha lebih keras dalam mengelola bisnis properti kamu.

1. Melakukan Riset Terlebih Dahulu

Penjualan properti perumahan, seperti rumah, apartemen, gedung, dan properti lainnya, menghasilkan uang bagi perusahaan properti. Permintaan dan popularitas properti berkembang sebagai akibat dari meningkatnya harga tanah dan meningkatnya jumlah orang yang membutuhkan tempat tinggal.

Namun, kamu harus meninggalkan banyak bisnis saingan karena ekspansi cepat industri properti. Akibatnya, mengoperasikan perusahaan properti kamu membutuhkan lebih banyak pekerjaan.

2. Mulailah Menjual Properti Milikmu Sendiri

More Coverage:

Tips kedua untuk mengelola bisnis properti adalah memotong kerugian sebanyak mungkin. Jika kamu memiliki properti sendiri, kamu dapat mengumpulkan uang dengan menjualnya. Properti ini bisa berupa sebidang tanah, wisma di rumah kamu, penggunaan garasi atau halaman kamu sebagai ruang komersial, dll.

3. Mengerti Akan Hukum yang Berlaku

Langkah selanjutnya adalah merancang undang-undang yang akan berlaku untuk perusahaan properti kamu. Kamu harus menyadari bahwa setiap negara diatur oleh seperangkat hukum tertentu.

Oleh karena itu, untuk melegalkan dokumen tanah atas properti yang kamu jual, sewalah orang yang paham hukum, seperti pengacara.

4. Ambillah Properti yang Memiliki Nilai Tinggi

Banyak pengusaha baru yang "tidak tahu apa-apa" tentang membeli properti yang nantinya akan mereka jual karena banyak sekali orang yang ingin mendirikan perusahaan properti.

Karena kecerobohan dalam pemilihan produk, ada beberapa contoh kegagalan perusahaan real estat. Mereka sering menyerah pada daya pikat harga real estat yang "murah" tanpa mempertimbangkan keadaan properti tersebut.

Di sisi lain, kamu harus merebut properti dengan harga rendah yang ditawarkan dalam posisi yang berguna dan menguntungkan. Kenali potensi yang ada di sekitar kamu.

5. Memiliki Website Sendiri

Memiliki situs web kamu sendiri secara online adalah saran terakhir untuk mengelola usaha properti terakhir. Bisnis properti, seperti yang kita semua tahu, akan selalu ada, tetapi kamu tetap perlu memperbaruinya sesekali agar tetap terkini.

Banyak orang ingin membeli properti sebagai investasi, meskipun terkadang jauh dari tempat tinggal mereka saat ini.

Tentu saja, jika kamu membangun keberadaan online kamu sendiri, kamu dapat menunjukkan bahwa kamu adalah pengusaha properti yang sah.

Selain itu, dengan memiliki situs web sendiri, kamu dapat menjangkau audiens yang lebih besar dan membuat produk kamu lebih terlihat.

Strategi Menjual Properti

Berikut ini adalah strategi efektif untuk mempromosikan atau menjual properti:

1. Promosi Properti Secara Berkala 

Produk membutuhkan upaya untuk mengiklankannya sesekali. Karena calon pembeli membutuhkan gambar barang properti kamu. Rumah mewah, sebagai ilustrasi. Kamu bisa menyisipkan gambar yang umumnya sesuai dengan ide yang akan berkembang nantinya. Minat dan keinginan konsumen terhadap barang tersebut akan meningkat. Namun demikian, pendekatan ini menghabiskan banyak waktu dan uang.

2. Memanfaatkan Event

Untuk menarik pelanggan potensial dan membangkitkan minat mereka pada produk kamu, kamu juga dapat menyelenggarakan pameran unik kamu sendiri tentang produk kamu di mal-mal besar. Buatlah desain acara semenarik mungkin agar booth atau acara kamu tampil lebih menarik.

3. Mengandalkan Penjualan Langsung 

Penjualan langsung adalah strategi untuk berhubungan langsung dengan pelanggan untuk menjual produk dan/atau layanan tertentu kepada mereka. 

Prosedur ini dapat dilakukan jauh dari batas fisik jaringan pemasaran Mitra Bisnis. Penjual penjualan langsung biasanya mencari nafkah melalui komisi penjualan, insentif, dan biaya keanggotaan yang adil.

Kontak langsung dengan pembeli menawarkan sejumlah keuntungan selama proses pemasaran, khususnya dalam hal kedekatan dengan klien potensial. 

Agar semakin meningkatkan kepercayaan konsumen dan memperbesar kemungkinan produk kamu segera dibeli. 

Kemampuan interaksi interpersonal inilah yang perlu kamu perhatikan dalam direct selling agar calon konsumen merasa hangat, nyaman, dan tidak canggung atau kaku selama proses menuju closing.

4. Menerapkan Sistem Referreal

Dapat diklaim bahwa sistem rujukan, juga dikenal sebagai sistem dari mulut ke mulut, adalah strategi promosi yang sangat berhasil dalam mendapatkan klien baru.

Biasanya, sistem ini hadir dengan sejumlah ketidaknormalan terkait drive. Pertimbangkan skenario di mana saya menjalankan bisnis di industri perumahan kelas atas. 

Strategi ini bekerja dengan baik karena orang lebih cenderung mempercayai promosi dari teman atau anggota keluarga daripada dari bisnis kamu sendiri. 

Selain itu, karena kita memberikan iklan gratis untuk perumahan kelas atas, pasar kita juga akan lebih besar di kalangan kelas atas.

Tetapi kamu juga harus memikirkan tentang memberi penghargaan kepada pelanggan. Jangan sampai bonus yang kamu berikan mempengaruhi kemampuan kamu untuk menghasilkan uang.

Pendekatan kamu untuk memberi penghargaan kepada pelanggan dengan bonus akan menentukan segalanya. Misalnya, menawarkan bonus perabot rumah tangga jika kamu membeli rumah di perumahan untuk jangka waktu tertentu.

5. Membuat Iklan

Satu-satunya tugas terpenting yang harus dilakukan oleh tenaga pemasaran adalah pembuatan iklan, baik untuk penggunaan offline seperti spanduk, spanduk, koran lokal, pemasangan iklan maupun untuk penggunaan online di internet. 

Kamu dapat menggunakan strategi untuk menjual real estate dengan menggunakan berbagai macam iklan seperti yang telah disebutkan di atas. 

Banyak iklan dan fokus pada pasar yang tepat kemungkinan besar akan membuat kamu lebih percaya diri untuk menutup transaksi.

6. Bekerjasama dengan Pihak Notaris dan Perbankan

Terakhir, sebagai orang yang membutuhkan bantuan penilaian properti, kamu harus bekerja sama dengan Notaris dan Bank. 

Gunakan Notaris terpercaya sebagai mitra kamu untuk membantu kamu memastikan semua persyaratan hukum terpenuhi selama transaksi jual beli yang kamu lakukan. 

Penting bagi kamu untuk mulai bekerja sama dengan bank untuk memudahkan nasabah kamu menerima pembayaran dalam bentuk KPR.

Demikianlah penjelasan mengenai investasi properti. Semoga kamu memiliki pemahaman mendalam tentang investasi ini dan memulai investasi mu dari sekarang.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again