1. DScovery

Apa Itu Investasi? Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Investasi adalah menempatkan uang ke dalam instrumen keuangan seperti saham, obligasi, reksadana, atau properti dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa depan.

Apakah kamu ingin menghasilkan lebih banyak uang dan memiliki keuangan yang stabil? Berinvestasi adalah salah satu cara terbaik untuk mencapai tujuan itu. Namun, jika kamu belum tahu apa itu investasi atau bagaimana memulainya, artikel ini akan memberikan panduan lengkap untuk memahami investasi bagi pemula.

Apa Itu Investasi?

Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah "investasi". Namun, apa sebenarnya investasi? Mengapa kegiatan yang disebutkan di atas dapat bermanfaat bagi kita?

Forbes menyatakan bahwa investasi adalah proses membeli aset yang nilainya dapat meningkat secara bertahap untuk mendapatkan keuntungan. Namun, dalam dunia keuangan, investasi berarti membeli surat berharga, properti, dan barang berharga lainnya untuk menghasilkan keuntungan kapital atau capital gain.

Investasi adalah ketika kamu membeli aset dengan harga rendah dan kemudian menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Dalam investasi, kita harus sadar bahwa tidak hanya akan mendapatkan keuntungan, tetapi juga akan ada risiko yang dapat menyebabkan kehilangan keuntungan. Investasi dengan risiko rendah biasanya akan menghasilkan keuntungan yang sedikit. Sebaliknya, investasi dengan risiko tinggi dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Jenis Investasi Berdasarkan Waktu

Investasi biasanya dibagi menjadi dua kategori: investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Investasi jangka pendek dilakukan dalam waktu singkat, sedangkan investasi jangka panjang ditujukan untuk masa depan, sehingga investor membutuhkan waktu yang lama untuk menikmati hasilnya. Berikut perbedaan antara keduanya:

Investasi Jangka Pendek

Investasi jangka pendek dapat dimulai dengan modal kecil. Banyak instrumen yang dapat dimulai dengan uang ratusan ribu. Selain itu, pergerakan investasi yang cepat meningkatkan risiko yang ditawarkan. Ada sejumlah variabel yang mempengaruhi hal ini, salah satunya adalah pergerakan harga pasar yang tidak stabil. Investasi jangka pendek dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan dalam waktu dekat dan memiliki jangka waktu minimal satu tahun.

Investasi Jangka Panjang

Untuk memaksimalkan keuntungan, investasi jangka panjang membutuhkan dana tambahan karena keuntungan dari investasi ini cukup besar dari segi modal. Karena pergerakan uang tidak cepat, investasi jangka panjang juga memiliki risiko yang lebih rendah. Oleh karena itu, kesabaran sangat penting saat melakukan investasi jenis ini. Investasi jangka panjang memerlukan minimal lima tahun, sehingga cocok untuk mempersiapkan dana pensiun di masa depan.

Jenis Investasi Berdasarkan Bentuknya

Investasi dalam Properti

Investasi properti adalah investasi dalam aset seperti rumah, apartemen, indekos, bangunan komersial, bahkan tanah. Tujuan utama investor properti adalah untuk memperoleh keuntungan dari peningkatan nilai properti dan pendapatan sewa.

Investasi properti memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah nilainya yang terus meningkat setiap tahun. Kelemahan utamanya, bagaimanapun, adalah sulit untuk dicairkan dalam waktu singkat dan biaya perawatannya yang mahal.

Investasi Emas

Salah satu cara lain untuk menjadi lebih kaya adalah dengan investasi emas. Dianggap sebagai aset yang stabil, emas memiliki kecenderungan untuk meningkat seiring waktu. Logam berharga ini dapat dibeli dalam berbagai bentuk, seperti perhiasan, emas batangan, atau bahkan saham. 

Investasi emas memiliki banyak keuntungan, terutama karena nilainya hampir selalu meningkat setiap tahun dan memiliki banyak likuiditas karena mudah dijual. Sayangnya, investasi emas tidak cocok untuk jangka pendek, dan harganya cenderung turun saat ekonomi stabil.

Investasi Saham

Saham perusahaan dapat dibeli dan dijual di pasar saham. Investor berharap nilai saham mereka akan meningkat, sehingga mereka dapat menjualnya untuk mendapatkan keuntungan.

Memang, saham memiliki prinsip high risk high return, yang berarti risikonya sangat tinggi dan tidak dapat diterima oleh orang-orang dengan profil risiko rendah. Namun, jika kamu berencana melakukan investasi jangka panjang dan terbiasa dengan risiko tinggi, maka saham akan menjadi opsi terbaik, karena return nya cukup tinggi.

Investasi Crowdfunding

Jenis investasi yang semakin populer, crowdfunding, memungkinkan investor untuk memberikan donasi atau pinjaman kepada individu atau perusahaan yang mencari modal. Ini memberi investor kecil kesempatan untuk berinvestasi dalam proyek besar.

Dibandingkan dengan berbagai jenis investasi, crowdfunding menawarkan banyak keuntungan, seperti kemudahan dan kemudahan berinvestasi, proyek yang lebih besar dan berdampak sosial, dan potensi return yang tinggi.

Dengan berdiri sejak 2018, Bizhare telah dipercaya oleh lebih dari seratus investor Indonesia untuk puluhan proyek menarik. Dengan demikian, platform ini memungkinkan kamu untuk memulai investasi crowdfunding. Komentar lengkap dapat dibaca di bawah ini.

Investasi Reksadana

Reksadana adalah jenis investasi di mana manajer investasi membeli saham, obligasi, dan surat utang dengan uang investor. 

Investasi reksadana memiliki keuntungan utama, yaitu diversifikasi risiko, yang berarti bahwa keuntungan dapat dimaksimalkan dan kerugian dapat diminimalkan. Satu-satunya kekurangan investasi reksadana adalah biaya pembelian dan manajemen yang harus dibayarkan, serta kompetensi dan performa manajer investasi.

Investasi Deposito

Reksadana adalah jenis investasi dimana seseorang menyetorkan uang ke bank untuk jangka waktu tertentu. Sebagai imbalan atas uang yang disetorkan, bank memberikan bunga kepada nasabah, yang biasanya lebih tinggi daripada bunga tabungan biasa.

Karena uang nasabah akan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga sebesar Rp2 miliar, deposito tidak dapat diambil sebelum jangka waktunya berakhir kecuali dengan membayar denda. Ini menunjukkan bahwa investasi deposito memiliki risiko kerugian yang sangat kecil.

Investasi Obligasi

Investasi obligasi adalah jenis investasi yang memberikan imbal hasil berupa bunga dalam jangka waktu tertentu. Obligasi diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah untuk meminjam uang dari investor dan memiliki imbal hasil yang lebih stabil daripada saham. Dengan demikian, investasi obligasi memiliki risiko yang lebih rendah daripada investasi saham.

Selain itu, investasi obligasi menawarkan diversifikasi risiko karena Anda dapat membeli obligasi dari berbagai jenis perusahaan atau pemerintah. Namun, investasi obligasi juga menghadirkan risiko kredit, yaitu kemungkinan perusahaan atau pemerintah tidak dapat membayar bunga atau pokok hutang mereka. Selain itu, imbal hasil dari investasi obligasi biasanya lebih rendah daripada saham.

Investasi Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah jenis investasi yang menggunakan teknologi blockchain dan digital, seperti Bitcoin, Ethereum, dan Litecoin. Cryptocurrency dapat diperoleh melalui proses mining atau pembelian langsung di pasar kripto. Potensi keuntungan investasi cryptocurrency sangat tinggi karena kecepatan transaksi dan biaya yang rendah.

Namun, mengingat harganya sangat fluktuatif dan dapat berubah dalam waktu singkat, risiko investasi ini juga tinggi. Karena kasus pencurian dan kebocoran data sering terjadi, keamanan cryptocurrency juga sangat diperhatikan.

Manfaat Investasi

  1. Menghindari Inflasi

Nilai aset berkurang setiap tahun karena inflasi; namun, dengan investasi, nilai aset akan meningkat, mengimbangi gerusan inflasi.

  1. Meningkatkan kekayaan dan nilai uang

Investasi bertujuan untuk meningkatkan nilai kekayaan. Misalnya, jika kamu memiliki investasi emas yang harganya naik setiap tahunnya, kamu pasti akan memiliki lebih banyak uang untuk meningkatkan harta.

  1. Kebutuhan darurat

Kamu pasti dapat menggunakan aset atau dana yang telah kamu investasikan saat kamu membutuhkan dana untuk suatu kebutuhan. Kamu tidak perlu pusing mencari pinjaman karena investasi masih tertutup.

  1. Mengantisipasi kebutuhan masa depan

Dengan berinvestasi, kamu dapat mempersiapkan uang untuk kebutuhan di masa depan. Contohnya adalah biaya pernikahan, pendidikan anak, kesehatan, dan hal-hal lainnya. Dengan investasi, Anda dapat mengurangi biaya yang terkait dengan kebutuhan ini.

  1. Mendapatkan financial freedom

Ketika kamu memiliki kebebasan finansial, itu berarti kamu memiliki uang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

  1. Menjadi lebih siap untuk pensiun

Seseorang pasti tidak akan bekerja seumur hidup, jadi investasi membantu mempersiapkan masa depan.

Bersiaplah untuk masa depan yang baik saat kamu masih muda. Kamu tidak hanya dapat menabung, tetapi juga berinvestasi dan memanfaatkan efek compounding untuk mempersiapkan dana pensiun.

  1. Melatih dalam pengambilan keputusan

Sekarang ada banyak pilihan investasi, jadi kamu harus memilih yang terbaik.

Kamu juga harus memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan finansial. Kemampuan analitis kamu akan ditingkatkan melalui berbagai tantangan yang akan kamu hadapi. Kamu juga akan belajar lebih banyak tentang investasi seiring waktu.

  1. Meningkatkan Pemahaman

Investor akan sering bertanya dan bertukar pikiran tentang produk investasi mana yang paling cocok untuk mereka, jadi mereka akan menjadi bagian dari banyak hubungan.

Kamu juga mungkin menjadi seorang perencana keuangan yang handal karena pengetahuan kamu tentang ekonomi dan finansial akan semakin luas.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again