1. Startup

Hasil Pencarian Bing Atas Facebook, Semakin Lengkap

Kalau Yahoo! dan Facebook semakin 'mesra' maka kini Bing mengumumkan bahwa mereka mulai menampilkan hasil pencarian yang lebih lengkap atas berbagai konten yang ada di Facebook. Melalui bing.com/social kini pengguna bisa mendapatkan hasil pencarian dari berbagai update yang ada di Facebook, termasuk dari fan pages serta data dari non-fan pages.

Dari pengumuman resmi mereka, Bing menjelaskan bahwa nantinya hasil pencarian lewat Bing akan menampilkan berbagai status update dari para pengguna Facebook untuk fan pages serta update dari pengguna umum lainnya atau non-fan pages user. Untuk masalah privasi, Bing menjelaskan, untuk hasil pencarian dari non-fan pages mereka hanya akan 'mengambil' link serta update dari pengguna Facebook yang bisa dibagikan untuk publik, artinya hanya konten yang masuk dalam kategori 'everyone' (dapat terlihat oleh semua orang) yang akan diakses oleh Bing.

Untuk hasil pencarian dari Bing atas non-fan pages di Facebook, akan hadir dalam 'aggregate form', jadi Bing hanya akan menampilkan link dari pengguna Facebook saja, jadi tidak akan ada nama, foto bahkan teks dari update tersebut yang tampil di hasil pencarian Bing. Termasuk juga keterangan atas link yang dibagikan oleh pengguna Facebook tersebut, Bing akan mengambil keterangan untuk memperjelas hasil pencarian dari sumber konten aslinya, bukan dari teks atau tambahan konten dari pengguna Facebook.

Selain itu, Bing juga mengumumkan perubahan tampilan homepage mereka. Perubahan tampilan ini juga akan menampilkan perbaikan dari hasil pencarian atas trending topics, baik itu dari Twitter maupun Facebook, termasuk akan ada juga keterangan singkat tentang mengapa hal tertentu menjadi trending topics.

Sayangnya, ketika tulisan ini ditulis saya tidak bisa mengakses bing.com/social, padahal dari pengumuman resmi mereka layanan ini telah bisa digunakan, mungkin hanya baru bisa diakses oleh pengguna di U.S.

Kerjasama Bing dengan Facebook memang bukan hal baru, Facebook sendiri menggunakan Bing sebagai mesin pencarian mereka untuk hasil pencarian di Facebook yang menampilkan konten dari luar Facebook, dan kerjasama ini bisa jadi mengindikasikan akan beberapa perkembangan baru di masa mendatang.

Seperti yang pernah saya bilang sebelumnya, persaingan antara mesin pencari memang akan terus memanas, baru saja kemarin Google mengumumkan rilis Caffeine pada mesin pencari mereka, kini giliran Bing yang memperbaiki hasil pencarian mereka yang memanfaatkan konten real-time.

Well, mari kita lihat 'perang' seperti apa yang akan terjadi selanjutnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again