1. Startup

Genflix Gandeng Indosat Luncurkan Layanan Pembayaran Potong Pulsa

Melakukan pembayaran online dengan sistem potong pulsa memang kerap menjadi metode pembayaran yang digemari oleh sebagian konsumen di Indonesia. Transaksinya yang cepat, simpel, dan sudah akrab dengan mayoritas pengguna perangkat mobile di Indonesia, membuat banyak pelaku transaksi online serasa harus mengadaptasinya. Seperti yang dilakukan Genflix, sebuah penyedia konten onlinelive streaming yang baru saja meluncurkan layanan pembayaran sistem potong pulsa dengan menggandeng Indosat sebagai mitra operator selularnya.

Langkah yang beberapa waktu lalu juga diadopsi oleh Line dan Telkomsel dalam menjual kontennya kepada konsumen secara luas dan merata, Genflix rupanya ingin melakukan hal yang sama, yakni memberikan sebuah layanan yang memudahkan pengguna dalam membeli kontennya. “Kita sudah terapkan carrier billing (potong pulsa) dengan Indosat agar mempermudah pelanggan melakukan pembayaran,” ujar Greeny S. Dewayanti Direktur PT Festival Citra Lestari selaku pemegang merek Genflix dalam berita yang dilansir Indotelko kemarin (25/2).

Ia menambahkan, kerja samanya dengan Indosat dalam menghadirkan layanan potong pulsa merupakan bentuk pengembangan dari layanan pembayaran Genflix, dan dalam waktu dekat pihaknya juga ingin memperluas coverage pembayaran dengan banyak operator lain. “Kalau dengan Telkom layanan Speedy-nya banyak pasca bayar, jadi sistem potong pulsa tak efektif. Selain dengan Indosat kita sedang jajaki kerjasama dengan operator lainnya,” ungkap Greeny.

Kerja sama antar dua belah pihak ini dapat dikatakan akan menjadi suatu bentuk simbiosis mutualisme. Genflix yang saat ini mengandalkan konten Liga Inggris memiliki 50 ribu pengguna aktif, ditambah lagi dengan 1,5 juta pageview per bulan tak pelak bagi Indosat hal ini merupakan peluang bisnis yang cukup menggiurkan.

Kerja sama ini dianggap menumbuhkan pertumbuhan layanan VAS (Value Added Services) dari Indosat yang sempat mandeg beberapa tahun belakangan. Hesti Diyahanita selaku Division Head Content and VAS Indosat mengatakan, melalui kerja sama dengan Genflix pihaknya berharap layanan VAS Indosat dapat bertumbuh secara signifikan dari tahun-tahun sebelumnya, atau sekitar 15% dari tahun lalu. Selain itu, target pasar yang dimiliki Indosat saat ini dikatakannya memiliki angka yang cukup besar dari konten ini.

“Kita gandeng Genflix untuk layanan Hiper Bola. Layanan konten sepak bola ini berisi konten tentang klub sepakbola Barcelona di Liga Spanyol, Chelsea di Liga Inggris, Genflix (layanan Liga Inggris secara live streaming). Untuk konten klub Barcelona yang diakses sekitar 500 ribu pelanggan. Untuk konten Chelsea hasil kerjasama dengan Genflix ini diharapkan lebih tinggi karena penggemarnya di Indonesia sekitar  2,6 juta orang,” pungkas Hesti. Dalam hal ini Indosat mengandalkan layanan uang digital Dompetku untuk mendukung carrier billing dengan Genflix.

Langkah yang dilakukan oleh Genflix dan Indosat ini boleh dikatakan sebagai langkah cepat dalam memperluas jangkauan bisnis diantara keduanya. Sistem potong pulsa jelas jauh lebih familiar di tengah-tengah pengguna Indonesia ketimbang layanan online payment entah itu dari uang digital (e-money) maupun sistem pembayaran lainnya. Dengan kondisi seperti itu, jelas Genflix dan Indosat menerapkan langkah tersebut demi menghadirkan konten ke banyak pengguna tanpa batasan apa pun.

Entah sampai kapan pengadopsian layanan potong pulsa terus diterapkan oleh banyak pihak penyedia konten di pasar Indonesia, yang jelas jika selama layanan itu masih diminati konsumen secara luas baik dari segi kenyamanan maupun keamanan, tak salah jika sistem potong pulsa terus diterapkan demi meningkatkan performa bisnisnya.

Baidu Browser provides a new mobile browsing experience! Quick, convenient and with more content and resources, Baidu Browser satisfies all your browsing needs.Fast: Exclusive kernel increases browsing speed by 30%;Compact: Lightweight, uses little memory, runs smoothly;Huge resources: Quickly access the content, news and images you're interested in;Free: 100% free to download and use.Download Baidu Browser  http://goo.gl/WKlc5i

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again