1. Startup

Stiker Line Kini Dapat Dibeli Menggunakan Pulsa Telkomsel

Bagi para pengguna aplikasi mobile messaging Line, fitur kirim stiker tentu sudah bukan hal yang asing lagi. Ada stiker yang gratis namun ada juga yang berbayar melalui kartu kredit. Nah, bulan ini Line baru saja membuka layanan pembelian stiker dengan sistem potong pulsa untuk pelanggan Telkomsel, sehingga mereka tidak perlu memiliki kartu kredit untuk melakukan pembayaran.

Populernya aplikasi Line dengan fitur stiker di pasar Indonesia rupanya cukup menggoda perhatian Telkomsel untuk melihat potensi bisnis yang menggiurkan di dalamnya. Betapa tidak, harga yang dipatok Line dalam setiap satu paket stiker tematisnya sebesar Rp. 18.700 atau setara dengan nilai 100 koin Line.

Potensi bisnis yang menggiurkan dapat disimulasikan, bayangkan saja, jika 10 persen dari pengguna Line di Indonesia yang mencapai sekitar lebih dari 14 juta pengguna hanya membeli satu paket stikernya saja, maka angka transaksi yang dihasilkan bisa mencapai sekitar lebih dari Rp20 miliar, maka sah-sah saja jika hal ini bisa dianggap merupakan langkah bisnis yang cukup tajam yang dilakukan oleh Telkomsel bersama Line.

Tak sampai situ saja, “kolaborasi” ini juga dapat dimanfaatkan untuk pembelian in-app purchase lain seperti item game, koin Line, dan lain sebagainya yang juga dapat dibeli melalui potong pulsa. Di tengah kondisi layanan suara yang terus tergerus oleh layanan data, bisa jadi langkah strategis ini diambil Telkomsel untuk terus jauh meningkatkan pendapatan dari sektor layanan data.

Perlu diperhatikan, cara pembeliannya tak seperti biasanya langsung mengakses sticker shop di dalam aplikasinya, namun harus mengakses terlebih dahulu halaman Line Store dari browser. Dalam website tersebut, bagi pengguna Telkomsel yang ingin melakukan pembelian, cukup memasukkan nomor ponselnya saja untuk kemudian nantinya akan dikirimkan SMS notifikasi dan konfirmasi pembelian. Setelah itu, pengguna dapat langsung menghendaki pembelian dengan mengkonfirmasi SMS dan pembelian dengan sistem potong pulsa telah selesai dilakukan.

Sebelumnya kami pernah mengabarkan perihal kerjasama Telkomsel dengan Line yang membuka paket bundling Opera Mini dengan Line dan aplikasi pesan instan lainnya. Pada Desember 2013 kemarin Telkomsel juga baru meluncurkan paket promo chatting dengan Line tanpa biaya internet apapun alias gratis khusus bagi pengguna Telkomsel dengan jangka waktu promo hingga Maret 2014 mendatang. Perlu diingat juga bahwa kerjasama ini tidak eksklusif dilakukan dengan Telkomsel. Pihak Line mengatakan bahwa cara pembayaran lainnya, yang mungkin juga dengan operator lain, akan diumumkan di kemudian hari.

Jika memang kemudian banyak pelanggan Telkomsel yang akhirnya memanfaatkan layanan ini, tentunya akan menjadi sebuah hasil kerjasama yang sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak, tetapi apakah dengan adanya langkah tambahan ini pelanggan akan justru berpikir ulang untuk membeli?

Tentu metode ini memberikan kemudahan di satu sisi namun juga menghadirkan sebuah potensi hambatan karena konsumen diharuskan keluar dari aplikasi untuk melakukan pembelian. Akankah ini akan menjadi hambatan yang berarti atau tidak baru dapat diketahui di bulan-bulan ke depan. Apakah Anda berencana memanfaatkan metode ini atau memilih menggunakan metode in-app purchase?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again