1. Startup

FB App Contest by FB Developers Indonesia

Facebook Developers Indonesia, sebuah komunitas yang dipimpin oleh Ramyaprajna kali ini menggelar kontes khusus untuk para developer aplikasi Facebook lokal. Kontes ini sesuai dengan yang dijanjikan saat berlangsungnya acara Facebook Developer Garage di FX Plaza 28 Maret lalu ini merupakan bagian penutup dari rentetan event FBDGI. Untuk rincian mengenai info kompetisi ini, silahkan kunjungi homepage Facebook Developers Indonesia.

Event-event seperti ini baru pertama kali diadakan di Indonesia dan saya sangat excited melihat dampaknya untuk merangsang kreativitas para developer lokal yang selama ini tercecer di dunia maya. Sayang sekali SDM yang begitu banyak ini tersebar begitu saja tanpa ada sebuah wadah yang menampung dan juga memfasilitasi mereka, FBDGI adalah pelopor di bidang ini dan mari semua kita dukung acara-acara semacam ini agar lebih banyak di Indonesia.

Meskipun begitu, saya memiliki sedikit concern mengenai kompetisi ini. Sayangnya, kompetisi fb-apps ini tertutup hanya bagi para developer yang menghadiri acara pertama di FX Plaza Maret lalu, jadi untuk yang lain ya sabar saja menunggu lomba selanjutnya. Ketika menghadiri acara Facebook Developer Garage bulan lalu saya mendapati beberapa teman yang kecewa karena di acara tersebut tidak dihadirkan topik yang benar-benar membahas secara rinci mengenai bagaimana membangun aplikasi di Facebook, mendengar judul "Facebook Developer Garage" mereka justru mengharapkan acara berupa workshop riil membangun sebuah aplikasi Facebook. Dan alhasil, mereka yang datang jauh-jauh dari luar kota untuk menghadiri acara ini terpaksa bertanya hal - hal yang bersifat teknis, meskipun pembicara yang hadir justru membahas hal yang bersifat general (no coding) dan jadi terdengar tidak nyambung dengan apa yang diutarakan oleh pembicara.

Sepertinya, presentasi semi teknis dari Kukuh TW masih sangat kurang untuk banyak pengunjung, karena memang minim kode dan hanya berupa presentasi saja. Jadi dengan konsep acara yang general (tidak teknis) namun diikuti dengan kompetisi (full teknis) saya rasa merupakan follow-up yang kurang tepat. Ditambah lagi dengan dibatasinya kontestan lomba hanya untuk yang menghadiri acara Facebook Developer Garage, jadi kompetisi ini terkesan terlalu eksklusif.

KukuhTW's presentation on developing Facebook Apps from Rama Mamuaya on Vimeo.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again