1. Startup

EVENT: WordCamp Indonesia 2011 (+Video)

Wilujeng Sumping alias Selamat Datang di Bandung!

Hari ini adalah hari pertama dari acara WordCamp Indonesia yang ketiga. Acara WordCamp kali ini diadakan di Bandung, lebih tepatnya di Bumi Sangkuriang, Jl. Kiputih No 12.

Cuaca yang mendukung ikut membuka acara WordCampID yang dihadiri oleh lebih dari 200 orang dari berbagai kota di Indonesia juga dari negara tetangga Malaysia, Belanda, Australia dan Singapura. Ada sekitar 8 pembicara yang memberikan materi mulai dari sisi teknis sampai dengan bagaimana cara mendapatkan pendapatan dengan menjual premium themes.

Banyak sekali materi yang disampaikan, mulai dari Narenda dari Nokia yang menjelaskan tentang Ovi Store, aplikasi WordPress yang bisa diakses langsung dari ponsel Nokia serta memperkenalkan (kembali) Ovi App Wizard fasilitas untuk membuat RSS blog yang langsung bisa diakses di Ovi Store.

Kemudian Jason Ellis dari Envato yang menjelaskan tentang beberapa tips untuk mendapatkan pendapatan dari jualan premium themes seperti kegiatan marketing (online advertising, menulis tutorial, social media, blog), kemudian beri dukungan untuk konsumen (updates & patches), dokumentasi, customers, forum) sampai penjelasan tentang beberapa unsur themes yang menjual (optional features, visibility, unik, fleksibilitas).

Dilanjutkan dengan pengumuman tentang the first WordPress Board Game in the world oleh mas Eko dan Valent (video tentang board game ini akan di post di artikel lain), kemudian pembicara selanjutnya Risman Adnan yang mewakili Microsoft Indonesia, dilanjutkan Yohan dari Think Rooms yang berbicara tentang WordPress MVC Framework, Simon Lim, yang berbicara tentang Best Practices on Optimizing Securing and Scaling WordPress, serta Setyagus Sucipto dengan tema WordPress for e-Commerce, untuk slide lengkap, dari Tweet akun WordCampID akan di post setelah acara berakhir, jadi Anda bisa membaca secara lengkap di situs mereka).

Well, saya tampilkan video wawancara dengan Valent Mustamin, mewakili WordCampID dan Karim Osman dari Automattic yang sebenarnya baru akan berbicara hari kedua WordCampID.

Ralat: Ada beberapa kesalahan penulisan kata, telah diperbaiki tanpa mengubah isi dan maksud dari artikel.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again