Berita  Event 

Event Report: SparxUp Seminar dan Roadshow IDBYTE 2011 di Jogja

Event Report: SparxUp Seminar dan Roadshow IDBYTE 2011 di Jogja

Posted by
Bonang Setoaji

May 30, 2011

Akhir pekan kemarin kota Jogja dimeriahkan dengan berbagai acara yang berkaitan dengan dunia teknologi dan startup, DailySocial mencatat setidaknya ada 3 event yang diselenggarakan hari Jumat sampai hari Sabtu. Berikut liputan singkat dari dua acara yang diselenggarakan hari Jumat dan Sabtu di kota Jogja.

Jogja – SparxUp Seminar “Monetizing Advertising Mobile Era”

Hari Jumat, 27 Mei 2011 kemarin, diselenggarakan acara SparxUp Seminar yang bekerja sama dengan Bancakan 2.0 dan dibantu rekan-rekan HIMAKOM di University Club Universitas Gadjah Mada. Menghadirkan tema “Monetizing Advertising Mobile Era”.

SparxUp Seminar kali ini ternyata ada tambahan pembicara yaitu Leonard Agustinus – Account Manager Indonesia, Mobile Advertising Google sebagai salah satu pembicara utama. Pembicara utama berikutnya adalah Edo Pamungkas – Mobile Platform Manager dari Merah Putih Incubator dan satu pembicara tamu yaitu Sigit Purnomo – Founder Personaflag.com (Winner of SparxUp Awards for Mobile Category).

Leonard Agustinus mempresentasikan tentang Google Mobile Ads. Lalu Edo Pamungkas menjelaskan tentang peluang dari pengembangan iklan di aplikasi untuk mobile. Ada beberapa tipe iklan di dunia mobile yaitu in message, display ads, rich media, location based, dan content. Sedangkan beberapa cara untuk monetize adalah dengan mobile banner, sms broadcast/advertisement, subscription service, commercial apps, in apps atau games adv.

Kemudian pembicara tamu yaitu Sigit Punomo – Founder Personaflag.com sekaligus Winner of SparxUp Awards for Mobile Category mempresentasikan tentang produknya. Mungkin yang saya tunggu-tunggu dari Personaflag adalah support untuk platform lain seperti iOS, Android, maupun BlackBerry, yang sebelumnya hanya support di platform Symbian.

Peserta cukup antusias mengikuti acara ini, kurang lebih berjumlah 78 orang dan mereka terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa hingga para developer menyimak materi dengan seksama yang berkaitan dengan dunia mobile. Dengan adanya event seperti ini diharapkan Jogjakarta mampu menumbuhkan startup-startup baru yang inovatif dan dapat bersaing dikancah internasional.

Roadshow IDBYTE 2011

Salah satu roadshow yang dikunjungi IDBYTE adalah Jogja, yang bertempat di STIMIK AMIKOM Yogyakarta yang bekerja sama dengan FOSSIL. IDBYTE digelar kemarin hari Sabtu tanggal 28 Mei 2011. Acara ini hadir dengan tema “Overview of Opportunity in Digital Industry”. Peserta yang datang kurang lebih berjumlah 100 orang yang terdiri dari berbagai kalangan, namun mayoritas yang datang dari kalangan mahasiswa.

Dari artikel sebelumnya, ternyata ada perubahan susunan pembicara di acara kali ini. Pembicara pertama adalah Herman Kwok – Chief Marketing Officer Merah Putih Incubator, Pitra Satvika – Founder Stratego, dan Yansen Kamto – Executive Director of IDBYTE. Masing-masing pembicara cukup menginspirasi setiap pesertanya, dan para peserta pun cukup aktif dalam bertanya pada para pembicara.

Disini Herman Kwok memperkenalkan tentang SparxUp dan sedikit presentasi tentang Kaskus. Antusias peserta cukup heboh ketika Herman bicara tentang Kaskus, karena mayoritas peserta adalah kaskuser. Lalu Pitra Satvika menjelaskan tentang “Building Career in Social Media” dan menjelaskan tentang beberapa pekerjaan baru di Social Media. Pitra juga menjelaskan tentang kesempatan untuk meraup keuntungan hanya dengan Social Media.

Kemudian Yansen Kamto mempresentasikan peluang-peluang yang ada di industri digital, dan menjelaskan tentang IDBYTE dan Bubu Awards V.07. Presentasi dari Yansen sangat mudah diterima para peserta yang mayoritas mahasiswa karena disampaikan dengan beberapa joke yang cukup seru. Antusiasme para peserta untuk bertanya cukup banyak, ada salah satu peserta yang sudah mempunyai produk dan dikonsultasikan kepada Yansen. IDBYTE adalah salah satu event startup diakhir pekan ini di Jogja. Tentunya kita nantikan berbagai event lain di kota ini. Maju terus startup Jogja!!

Disclosure: DailySocial merupakan salah satu penyelenggara SparxUp Awards 2011 dan salah satu Media Partner dari IDBYTE.

Bonang Setoaji, yang akrab dipanggil Bon adalah kontributor DailySocial di Jogja, mahasiswa STIMIK AMIKOM Yogyakarta ini mulai tertarik pada dunia IT sejak SD. Bon yang memiliki hobi belajar pemrograman, desain grafis, fotografi, dan bersepeda ini juga aktif di komunitas @Friday_Ride dan @bancakan di Jogja.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×