1. Startup

Event Report: Gedebuk - Game Developer Buka-bukaan [Video] - Updated

Weekend kemarin, pengunjung Bandung Indah Plaza (BIP) disuguhkan oleh pameran serta eksebisi dari game lokal dalam acara Gedebuk - Game Developer Buka-bukaan.

Acara Gedebuk Acara Gedebuk di mall yang diselenggarakan kemarin ini adalah acara hasil kerja sama antara BIP komunitas Gedebuk dan Agate Studio yang merupakan inisiator dari Gedebuk. Acara ini diadakan pada tanggal 17-18 Maret 2012 kemarin di Bandung Indah Plaza (BIP).

Acaranya meliputi pameran dari berberapa game hasil karya developer lokal - yang dipamerkan via presentasi video serta banner baik di venue utama maupun sekitaran mall, serta beberapa fasilitas permainan yang bisa dimainkan pengunjung, ada cardgame dan boardgame serta beberapa game mobile dan PC buatan Agate. Pengunjung juga bisa mendapatkan informasi seputar game - proses pembuatan game, terutama game buatan developer lokal baik dari Agate maupun dari developer lain.

Aditia Dwiperdana inisiator dari Gedebuk, seperti yang dijelaskan di rilis pers mengatakan bahwa Gedebuk merupakan komunitas untuk belajar, berbagi ilmu dan pengalaman membuat game bersama orang-orang yang memiliki passion di bidang game development. Komunitas yang dikembangkan difokuskan di online lewat Gedebuk.org. Meski diinisiasi oleh Agate Studio namun komunitas ini terbuka bagi semua developer atau mereka yang tertarik dengan dunia game, sebagai tempat bagi mereka yang tertarik mengembangkan game agar bisa belajar bersama sama. Komunitas ini juga mencoba mengisi ruang yang belum diisi komunitas lain, jadi bisa saling mendukung dengan komunitas lain karena apa yang ditawarkan berbeda.

Bagi saya, acara kemarin cukup menarik, meski saya hanya hadir di hari pertama dan venue utama tidak terlalu besar namun setidaknya cukup membuat pengunjung mall - masyarakat umum mendapatkan informasi tambahan tentang game dan developer lokal, banner info disekitaran mall juga menjadi tempat untuk memperkenalkan. Meski memang lebih banyak porsi untuk Agate studio, mengingat mereka adalah inisiator acara ini awal Gedebuk juga penyelenggara acara Gedebuk di mall, tetapi karena Gedebuk bersifat terbuka, kita bisa berharap untuk acara lainnya nanti studio atau game developer lokal lain yang bisa di highlight juga, tidak hanya dalam video penjelasan serta banner informasi tetapi juga dari sisi game yang bisa dimainkan pengunjung dan elemen desain lain.

Menarik juga ketika saya bertanya pada Aditia tentang bagaimana bisa bekerja sama dengan BIP, ternyata BIP sendiri bulan ini sedang mengadakan tema bulanan game dan gadget, mereka mengontak Agate untuk mengisi porsi dari tema game, dan akhirnya yang akhirnya mereka mengajak komunitas Gedebuk, sehingga acara 2 hari kemarin ini hadir. Acara berunsur game selain Gedebuk juga tidak hanya akan hadir dua hari kemarin, tetapi juga akan ada acara lain untuk memeriahkan tema game di BIP.

Menarik bagi saya karena developer game terutama yang banyak bermain di segmen mobile seperti Agate semakin dikenal oleh pemilik brand - misalnya mall, tentunya saya - mungkin juga Anda bisa berharap, masyarakat kita semakin kenal dengan game developer lokal serta berbagai game yang mereka hasilkan, dan semakin tertarik untuk memainkan hasil karya mereka.

Berikut wawancara singkat dengan Aditia Dwiperdana serta liputan video tentang lokasi dan suasana acara.

UPDATE: Ada beberapa perbaikan artikel yang telah saya lakukan, termasuk koreksi untuk penyelenggara acara serta beberapa keterangan lain.

Gedebuk merupakan komunitas terpisah dari Agate Studio yang ditujukan untuk mewadahi - entry level - bagi para game developer atau mereka yang tertarik untuk belajar game, terutama mereka yang masih baru belajar. Sebagai tahap awal, Agate mencoba menginisiasi Gedebuk, mereka juga akan mengundang game developer lain untuk ikut berkontribusi di Gedebuk. Gedebuk sendiri juga rencananya akan mengadakan berbagai acara lain.

Acara Gedebuk di mall kemarin adalah hasil kerja sama antara komunitas Gedebuk dengan Agate Studio. Agate sendiri memiliki kerja sama dengan BIP untuk mengisi tema game di mall tersebut.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again