1. Startup

Aplikasi Manaya dan Sajian Sedap NFC Jadi Juara di Nokia DevStart Competition

Hari Kamis kemarin, bertepatan dengan ulang tahun suWec, diselenggarakan meetup serta Grand Final Nokia DevStart Competition. Acara suWec juga merupakan acara syukuran ulang tahun mereka yang kedua.

Ada banyak komunitas yang hadir pada acara yang diselenggarakan di Hotel JW Marriott Surabaya kemarin, pemotongan tumpeng juga diberikan secara simbolis pada perwakilan komunitas, yang saya lihat sebagai bentuk relasi berbagai komunitas kota Surabaya yang ada di suWec.

Setelah meetup suWec, acara dilanjutkan dengan Grand Final Nokia DevStart Competition. Seperti yang diberitakan oleh DailySocial beberapa waktu yang lalu, ada 10 finalis yang terpilih untuk masuk ke babak grand final dan memperebutkan dua pemenang utama yaitu Best Local App dan Best NFC App.

Pada grand final kemarin 10 finalis yang terdiri dari Intip Buku NFC, Manaya (augmented reality), Movreak, Pemandu Wisata NFC (informasi wisata), Plantix (informasi tiket pesawat), Resep Nusantara (game), RTMC App (info lalu lintas), Sajian Sedap NFC (data base resep), Siap Bencana (informasi tentang bencana), Toresto NFC (katalog kuliner) mempresentasikan aplikasi mereka di hadapan juri yang terdiri dari Rama Mamuaya dan Aulia Masna dari DailySocial serta Narenda Wicaksono dari Nokia.

Para finalis yang berasal dari berbagai kota, seperti Surabaya, Yogyakarta, Bandung dan Jakarta menjelaskan aplikasi mereka serta sebagian besar peserta memberikan demo aplikasi mereka. Meski tidak semua presentasi cukup baik serta ada juga kendala dari alat peraga presentasi namun peserta tetap semangat untuk 'memperjuangkan' aplikasi mereka dalam kompetisi ini.

Setelah melakukan presentasi, mendapatkan saran, kritik dan masukan dari para juri, akhirnya diputuskan bahwa pemenang untuk Nokia DevStart Competition adalah Manaya  - Astria Nur Irfansyah untuk kategori Best Local App serta Sajian Sedap NFC - Andri Yadi (Dycode) untuk kategori Best NFC App.

Dari presentasinya, Manaya merupakan aplikasi augmented reality yang bisa digunakan untuk mencari berbagai informasi dengan menggunakan kamera ponsel, aplikasi ini mengingatkan saya pada aplikasi Layar. Jadi kita bisa mengarahkan kamera, nantinya ada titik-titik tertentu yang memberikan informasi atas kategori tertentu yang bisa dipilih. Pengembangan dari aplikasi ini juga cukup menarik, karena meski implementasinya saat ini masih gagal, namun dalam pengembangannya bisa memunculkan informasi dari sumber lain, misalnya Wikipedia.

Sedangkan Sajian Sedap adalah aplikasi data base resep (lebih dari 20.000 resep) atau yang disebutkan Andri sebagai social cooking. Aplikasi yang dikembangkan dengan Gramedia ini telah tersedia di berbagai platfrom, dan kali ini pengembangannya ditujukan untuk MeeGo. Yang menarik adalah penerapan NFC dari aplikasi yang diikutkan untuk lomba ini.

Pengguna bisa melakukan tap atas tag NFC yang kemudian terkoneksi dengan aplikasi, pengembangan lain adalah bisa terintegrasi dengan tag NFC yang disedikan sebagai program promo di mini/supermarket atau toko lain, misalnya menu apa yang ada di aplikasi Sajian Sedap yang menggunakan bahan-bahan yang sedang promo. Meski Andri juga menjelaskan bahwa penerapan teknologi ini mungkin baru bisa dalam beberapa tahun ke depan namun menarik untuk melihat perkembangannya.

Tentunya pengembangan dan penyempurnaan dari masing-masing aplikasi akan tetap diteruskan, semoga saja nanti jika perangkat N9 - MeeGo telah diluncurkan, aplikasi dari pemenang DevStart ini telah siap untuk dinikmati oleh pengguna.

Aplikasi Manaya, pemenang untuk ketegori Best Local App mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 75 juta rupiah sedangkan Sajian Sedap NFC - Andri (Dycode) mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 50 juta rupiah.

Selamat pada pemenang, dan bagi para pengembang lain (finalis serta peserta lain) semoga juga tetap mengembangkan aplikasinya dan menyempurnakan dari pengembangan yang telah dilakukan.

Sampai jumpa di DevStart Competition selanjutnya dan tidak lupa saya ucapkan juga selamat ulang tahun untuk suWec, semoga tetap memberikan peran dalam perkembangan startup dan dunia digital di Surabaya serta tanah air.

Berikut video wawancara singkat dengan para pemenang.

Disclosure: DailySocial adalah penyelenggara Nokia DevStart Competition.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again