1. Startup

Akses Internet di DKI : 1 September di halte TransJakarta, Seluruh Wilayah dalam Lima Tahun

Mulai akhir pekan ini, pengguna moda transportasi TransJakarta, akan dapat menikmati layanan WiFi secara gratis di beberapa halte TransJakarta. Jika sebelumnya layanan ini hanya terdapat pada halte Harmoni dan halte Dukuh Atas, mulai 1 September nanti layanan ini juga akan dapat dinikmati di sepanjang halte Bundaran Hotel Indonesia hingga ke halte Senayan serta di halte S. Parman hingga halte Grogol.

Menurut Kompas, kabar ini disampaikan oleh Gubernur Jakarta Fauzi Bowo, Senin kemarin di Jakarta. Menurut Fauzi Bowo, saat ini selain di halte TransJakarta, warga Jakarta juga dapat menikmati fasilitas WiFi gratis di wilayah Monumen Nasional, Taman Menteng, dan di Taman Ayodya Kebayoran Baru.

Rencananya, dalam lima tahun ke depan, seluruh wilayah DKI akan dapat menikmati layanan akses internet gratis. Rencana Pemda DKI ini disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Kehumasan DKI Jakarta, Sugiyanta. Fasilitas ini merupakan kerja sama antara pemda DKI dengan perusahaan penyedia layanan fiber optic.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, tiga perusahaan penyedia layanan fiber optic tersebut masing-masing wajib menyediakan 2 buah core untuk dimanfaatkan sebagai layanan publik. Dari enam core yang didapatkan tersebut, saat ini 4 core sudah dimanfaatkan sedangkan 2 core lain dimanfaatkan untuk kebutuhan pihak perusahaan swasta.

Beberapa Pemda di daerah juga telah menjalankan beberapa program serupa bagi warganya. Pemkot Bandung misalnya, mulai tahun 2012 memberikan akses internet kepada seluruh Rukun Warga di wilayah kota Bandung. Hal yang serupa juga dilakukan oleh Pemkot Solo dan Yogyakarta.

[Sumber Gambar]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again