1. Startup

Solo Bakal Miliki Jalur Hotspot Internet Terpanjang di Indonesia

Kami di sini tak henti-hentinya kagum dengan perkembangan Solo di bawah kepemimpinan Walikota sekarang, Joko Widodo -- atau biasa dikenal sebagai Jokowi. Setelah reformasi dan perbaikan di berbagai sektor, sektor Internet ternyata tidak luput dari perhatian. Seperti kami kutip dari Solo Pos, Solo bakal memiliki jalur akses Internet -- diklaim sebagai yang terpanjang di Indonesia.

Rangkaian akses Internet tersebut tersebar di jalur Kleco hingga Panggung, Jebres yang mencapai jarak 10 km. Terdapat 40 titik hotzone (bukan lagi hotspot) yang akan dipasang di rute tersebut, melalui Jalan Slamet Riyadi, Jalan Mayor Sunarno, Jalan Jend. Sudirman hingga Jalan Urip Sumoharjo.

Fasilitas ini merupakan hibah yang diterima oleh Pemerintah Kota Solo dari sejumlah investor dan penyedia jasa Internet dengan total nilai IDR 1.2 miliar. Diharapkan ketersediaan Internet secara masif di area ini akan membantu masyarakat dan UKM (Usaha Kecil Menengah) untuk memanfaatkan Internet sebagai alat produktivitas yang optimal. Menurut Kepala Diskominfo Kota Solo, Eni Tyasni, penambahan hotzone tersebut akan berlangsung hingga 2015, di mana lima titik pertama sudah terpasang dari Sriwedari hingga Pasar Pon.

Jokowi berharap dengan semakin luasnya ketersediaan infrastruktur UKM-UKM akan diperkenalkan dengan cara-cara pemasaran melalui Internet. Untuk itu pihaknya sangat mendukung fasilitas Internet gratis seperti ini. Sebelumnya Jokowi mengatakan bahwa 2-3 tahun lalu di Solo pernah dipasang 11 titik hotspot tapi sekarang perangkatnya sudah hilang.

Konektivitas Internet yang handal masih menjadi momok bagi kebanyakan kota dan daerah di luar Jakarta untuk meningkatkan literasi penggunaan Internet dan perangkat Teknologi Informasi. Semoga fasilitas ini bisa terus dijaga dan bisa menjadi contoh bagi kota-kota lainnya di Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again