1. Startup

Agate dan Nokia Indonesia Kembali Gelar Acara Mobile Game Developer War

Masih ingat dengan rangkaian acara Mobile Game Developer War pertama yang acara finalnya diselenggarakan di fX Lifestyle X’nter Jakarta bulan Juni lalu? Kali ini hadir kembali Mobile Game Developer War kedua yang akan diselenggarakan dengan konsep dan beberapa detail berbeda dari acara sebelumnya.

Untuk Mobile Game Developer War 2 kali ini penentuan pemenang akan dilakukan berdasarkan jumlah unduhan game yang dikembangkan dan telah di submit ke Nokia Store, jadi penggunalah yang menentukan mana game yang akan jadi pemenang, tentunya dari jumlah unduhan.

Seperti yang dijelaskan di situs resminya, para developer kali ini ditantang untuk membuat game sebagai sebuah produk, dan produk yang menjadi juara adalah yang laku dipasaran. Jangka waktu perhitungan jumlah unduhan adalah satu minggu.

Game yang boleh diikutsertakan belum di submit ke toko aplikasi mana pun termasuk Nokia Store, game bisa dibuat dalam versi gratis atau berbayar, submit game ke Nokia Store paling lambat tanggal 20 Desember 2011 dan paling lambat dirilis 14 Januari 2012. Keterangan lengkap dan tautan untuk mendaftarkan diri bisa dilihat di sini.

Seperti juga rangkaian acara Mobile Game DevWar pertama, Agate juga akan mengadakan Mobile Game Developer Camp yang kedua sebagai tahap awal atau fasilitas bagi mereka yang ingin mempelajari cara untuk mengembangkan game sebelum mengikuti kompetisi. Mobile Game Developer Camp kali ini juga akan diadakan di DigiGames, Jalan Prof Dr Surya Sumantri, Bandung dari tanggal 26 November - 17 Desember 2011, setiap hari Sabtu dan Minggu.

Pendaftaran untuk Camp kali ini dipungut biaya Rp 200.000, namun jika game yang dikembangkan berhasil rilis di Nokia Store, maka uang pendaftaran akan dikembalikan. Fasilitas yang disediakan antara lain, 8 sesi workshop, handout, bimbingan dari Agate Studio serta PC high-end dan internet dari DigiGames. Untuk keterangan lengkap serta tautan pendaftaran bisa dilihat di sini.

Saya kebetulan hadir di beberapa bagian acara Mobile Game Developer War yang pertama dan merasakan keseruan dan antusias para peserta, apalagi beberapa finalis dan pemenang terus juga mengembangkan game mereka sampai sekarang, meski mungkin tidak semua, namun game yang dikembangkan oleh Aksara Studio misalnya cukup diminati oleh pengguna.

Sayangnya hadiah yang diberikan untuk acara kedua ini agak kurang menarik, meski hadiah pertama adalah ponsel premium Nokia, namun agak berbeda jika dibandingkan kompetisi pertama sebelumnya, dimana ponsel sepertinya hanya menjadi hadiah hiburan saja. Belum lagi sepertinya tidak disebutkan rencana untuk menggelar proses live coding seperti Mobile Game Developer War yang pertama, padahal, menurut saya, proses paling seru ada di sana.

Tetapi konsep penjurian berdasarkan produk game yang sudah jadi dan sudah tersedia di Nokia Store bisa jadi dipilih agar para game developer juga mengetahui bahwa salah satu bagian penting dari pengembangan game, selain game itu sendiri, adalah faktor apakah game tersebut diunduh dan dimainkan oleh pengguna atau tidak, Nokia juga bisa jadi ingin mendapatkan target yang lebih spesifik dari kompetisi (baca: jumlah unduhan aplikasi game). Namun tentunya tetap menarik untuk melihat persaingan dan pertandingan seru seperti apa yang akan dihadirkan oleh para game developer kali ini.

Bagi para game developer yang tertarik bisa menuju ke tautan ini dan ini untuk informasi lengkap atau kontak ke: contact@agateacademy.com

note: sepertinya ada kesalahan di poster acara, 11 Januari 2011 seharusnya 11 Januari 2012.

Update, 19 November 2011. Pihak Agate studio telah mengirimkan poster yang sudah di revisi, saya mengganti gambar dengan poster baru.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again