OpenX, sebuah aplikasi manajemen iklan yang paling populer ini mengumumkan bahwa startup tersebut telah menerima kucuran dana 10 juta dollar AS dari para investornya. Staf OpenX menyatakan bahwa dana ini akan digunakan untuk memperluas penggunaan produk advertising online ini dan mengembangkan OpenX Market yang baru-baru ini diluncurkan.

OpenX Market ini dikembangkan sebagai salah satu model bisnis (revenue model) dari OpenX dimana para publisher bisa "menjual" space webnya untuk dibeli oleh para advertiser. Dengan begini para advertiser mampu menjangkau pengguna yang lebih spesifik, dan publisher mampu mendapatkan penghasilan lebih. Tentu OpenX mengambil sedikit potongan dari transaksi antara publisher dan advertiser.

OpenX sendiri mengklaim memiliki 38.000 pelanggan di 150.000 website yang menggunakan OpenX dan melayani 300 milyar iklan per-bulan. Tingginya penggunaan OpenX ini tidak lain adalah karena OpenX bersifat bebas untuk diunduh atau bisa menggunakan layanan hosted. OpenX sendiri menghasilkan revenue dari layanan premium dan customer support, metode monetisasi yang umum diadopsi oleh kebanyakan produk open source.

OpenX dulu mulai dikembangkan pada akhir 1990-an dibawah naungan Unanimous Ad Network sebelum memisahkan diri pada Mei 2007 dengan nama OpenAds. Tidak lama kemudian OpenAds kembali merubah namanya menjadi OpenX. OpenX memiliki persaingan yang berat antara lain dengan Google DoubleClick dan Microsoft Aquantive.

Investor-investor yang terlibat dalam pengucuran dana ini antara lain Accel Partners, Index Ventures, Mangrove Capital, First Round Capital, dan angel investor Jonathan Miller.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again