19 September 2012

by Amir Karimuddin

ZTE Tawarkan Smartphone Quad-Core Paling Tipis

Ada beberapa smartphone yang tipisnya kurang dari 8 mm, tapi tidak semua menggunakan prosesor quad-core. Produsen smartphone asal Cina, ZTE umumkan ketersediaan Grand Era U985 di pameran pameran PT/EXPO COMM CHINA 2012 yang menggunakan prosesor quad-core Nvidia Tegra 3 dengan ketebalan rata-rata 8.6 mm, dengan 7.9 mm di area tertipis. Tentu saja smartphone ini tidak setipis iPhone 5, beberapa jajaran Motorola RAZR atau bahkan Oppo Finder, tapi cukup tipis untuk ditenagai oleh kemampuan mutakhir prosesor empat-inti.

Selain fitur prosesor quad-core dan faktor ketipisan yang menyenangkan bagi konsumen, smartphone ini juga memiliki kemampuan akselerasi 3D, kamera HD 8 Megapiksel berfitur BSI AF serta layar HD 4.5 inci dengan resolusi 1280x720. Grand Era juga memiliki perangkat proteksi keamanan "Palm Manager" yang dikembangkan oleh ZTE sendiri. Meskipun baru saja diumumkan, Grand Era ini tidak tersedia secara langsung dengan versi Android 4.1 Jelly Bean, tetapi dengan Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang seharusnya bisa diperbarui dalam waktu dekat.

Dalam beberapa hari smartphone ini akan hadir secara luas di Cina tetapi belum ada informasi kapan bakal hadir di Indonesia. Meskipun demikian, menilik kesuksesan sejumlah ponsel ZTE sebelumnya di Indonesia, pejabat ZTE yakin bahwa Grand Era juga akan direspon dengan baik -- jika harga yang ditawarkan sesuai.