• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Opini 

yukmakan, situs review makanan yang “lebih sosial”

yukmakan, situs review makanan yang “lebih sosial”

Posted by
Amir Karimuddin

February 25, 2011

Satu lagi situs review makanan hadir bagi masyarakat Indonesia. Beralamat di http://yukmakan.com, yukmakan digawangi oleh Menaravisi yang tak asing sebagai pengelola situs ngetop soal pernikahan, bulan madu, dan perintilannya, yaitu Weddingku. Kembali ke yukmakan, impresi pertama buat saya tampilannya cukup menarik dengan ikon lucu dan warna oranye kecoklatan yang mendominasi. Jadi karena ini adalah pemain baru di kategori yang sudah mulai banyak kompetitornya, seperti sendokgarpu dan goorme, apa kelebihan yukmakan ini?

Yang pertama kali terlihat (dan sangat baik penempatannya) adalah area pencarian yang lega dan sangat informatif. Di situ Anda bisa mencari spesifik berdasarkan nama restoran, nama jalan, ataupun nama daerah atau kawasan. Hasil pencariannya juga cukup akurat. Jika Anda menginginkan skema pencarian yang lebih detil, tidak hanya berdasarkan kata kunci, tersedia pilihan pencarian menggunakan Zona, Kota, Lokasi, Kategori jenis makanan, dan Tipe outlet (food court, rumahan, warung, dan sebagainya). Agak disayangkan tidak ada keseragaman penggunaan bahasa, sebaiknya ketimbang menggabungkan City dan Lokasi dalam satu kotak, mending dipilih menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris secara total.

yukmakan juga memiliki tim panelis khusus, selain tentunya reviewer yang bersifat user generated untuk memberikan ulasan obyektif tentang suatu tempat. Ada delapan orang panelis yang merupakan bagian dari tim Menaravisi. Sampai tulisan ini dimuat, ada 138 ulasan yang dihasilkan oleh 8 panelis itu, bersifat detil dan menyeluruh terhadap obyek tempat makan yang dikunjunginya. Ini menjadi counterpart yang menarik selain ulasan dari konsumen, karena pendapat ataupun pujian orang yang dianggap “ahli” biasanya memberikan nilai tambah besar untuk image obyek tersebut dan bakal lebih mudah tersebar secara viral.

Kembali ke sisi menu situs, berikutnya jika Anda sudah memiliki suatu tempat untuk dikunjungi, misalnya sebuah resto sushi di Senayan City, Anda akan disajikan dengan tidak cuma detil tempat saja, tetapi juga rekomendasi makanan yang menjadi favorit dan juga kisaran harganya. Dua hal ini sebenarnya yang selalu menjadi perhatian para penggemar wisata kuliner tapi sering terlupakan dan kebanyakan hanya muncul di segmen ulasan. Padahal bukankah setiap kali Anda datang ke suatu tempat di kali pertama, acap kali pertanyaan “makanan apa yang favorit” adalah yang pertama dilontarkan ke pihak pramusajinya?

Hal yang “paling sosial”, sehingga saya jadikan bagian judul adalah kotak besar di area kanan atas yang mengajak pembaca untuk berbagi. Berbagi apa saja? Anda dapat mengunggah foto dari ulasan Anda sendiri, mengajak membuat ulasan, mengajak memberitahu teman, dan mengajak untuk menjadikan tempat itu sebagai favorit.

Hal pertama, yaitu mengunggah foto Anda sendiri bisa jadi merupakan yang pertama ditawarkan oleh situs ulasan makanan, karena yang lain biasanya menggunakan foto yang sudah diambil oleh pihak pengelola. Ini menarik bagi Anda yang demen memotret makanannya sebelum disantap, dan pastinya tidak semua jenis makanan di satu restoran bisa dipotret oleh pihak pengelola situs. Fitur ini merupakan komplemen untuk mendapatkan data selengkap-lengkapnya dengan bantuan konsumen.

Selain menu ulasan, tersedia menu tambahan situs ini yaitu direktori favorit — ini diisi oleh partner kerja sama, tapi biasanya juga sudah mendapatkan banyak ulasan, forum diskusi, dan berbagai macam promo yang diberikan, terutama oleh penyedia kartu kredit. Secara keseluruhan, saya cukup menikmati perjalanan menyusuri halaman demi halaman situs ini dan diharapkan semakin banyak venue restoran yang ter-cover oleh ulasan — baik oleh panelis maupun pengguna. Juga forum diskusi bisa dimanfaatkan lebih baik lagi untuk berbagi informasi tentang restoran ataupun makanan.

Sebagai penutup, saat ini yukmakan sedang mengadakan event bekerja sama dengan Raja Boemboe yang terletak di kawasan Kelapa Gading Jakarta, untuk menuliskan review restoran tersebut dengan hadiah cukup menarik. Event berlaku hingga tanggal 28 Februari depan. Siapa tahu Anda yang beruntung sambil wisata kuliner malah mendapatkan hadiah.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×