• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita 

YouTube Tambahkan Lagi Durasi Maksimal Video Di Layanan Mereka

YouTube Tambahkan Lagi Durasi Maksimal Video Di Layanan Mereka

Posted by
Wiku Baskoro

December 10, 2010

YouTube kini menambahkan kembali durasi maksimal video yang bisa diunggah di layanan mereka, setelah sebelumnya YouTube menambahkan durasi maksimal video menjadi 15 menit, kini bagi pengguna terpilih, bisa mengunggah video dengan durasi lebih lama, setidaknya lebih dari 15 menit.

Dalam pengumuman resminya, YouTube memang tidak menyebutkan secara spesifik berapa menit jumlah tambahan video yang bisa diunggah, mereka hanya menyebutkan ‘lebih dari 15 menit’. Tidak semua pengguna juga bisa menikmati fasilitas ini, hanya pengguna yang mematuhi beberapa persyaratan, seperti Community Guidelines dari YouTube serta peraturan yang berhubungan dengan masalah hak cipta.

Seperti halnya layanan yang diberikan pada para pengguna YouTube sebelumnya, yang kini bisa mengunggah video berdurasi 15 menit, penambahan durasi video lebih dari 15 menit yang sekarang diluncurkan bagi pengguna tertentu ini juga merupakan hasil proses berkelanjutan dari YouTube atas sistem Content ID serta berbagai cara lain yang berhubungan dengan hak cipta.

Berbagai program ini memungkinkan para penerbit konten yang memiliki hak cipta atas karya mereka untuk mengelola konten yang ada di YouTube, tanpa harus khawatir dengan hak cipta atas konten yang mereka unggah, terutama bagi partner YouTube seperti studio film atau perusahaan rekaman.

YouTube juga menjelaskan bahwa, kini telah terdapat lebih dari 1000 partner global yang menggunakan Content ID untuk mengelola berbagai konten yang diunggah di YouTube, banyaknya partner yang menggunakan sistem ini juga yang memungkinkan YouTube untuk menambahkan durasi maksimal unggah video.

Sepertinya ini berkaitan juga dengan video ‘resmi’ dari pemilik konten yang ada kemungkinan untuk ‘dibajak’ oleh pengguna YouTube, konten yang menggunakan sistem Content ID akan mendeteksi jika ada konten yang diunggah mengandung atau melanggar hak cipta orang lain.

Penambahan bagi pengguna terpilih juga bisa menjadi salah satu cara bagi YouTube untuk menguji, apakah layanan ini bisa diterapkan juga untuk pengguna umum, jadi bisa saja kedepannya layanan ini akan dirilis untuk pengguna umum.

Untuk melihat apakah Anda termasuk pengguna terpilih yang bisa mengunggah video lebih dari 15 menit, cukup klik pilihan ‘upload’ setelah Anda sign in ke YouTube, dan lihat keterangan durasi video yang berada disebelah tombol untuk mengunggah video.

Sumber Gambar: Vator.tv.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×