Berita 

Yang Baru di Google Wave, Gmail dan Google Maps Preview

Yang Baru di Google Wave, Gmail dan Google Maps Preview

Posted by
Wiku Baskoro

June 10, 2010

Ada beberapa update dari layanan Google seperti Wave dan Gmail. Google menambahkan extension dan Wave bookmarklet, tampilan chat baru di Gmail, serta Maps Preview di Buzz dan Gmail.

WaveThis dari Google Wave

Setelah ‘peremajaan’ Wave di Google I/O kemarin yang membuat loading lebih cepat serta beberapa fitur yang berhubungan dengan extension, kini Google meluncurkan fitur yang akan semakin memudahkan konten yang ada di web untuk didiskusikan atau digunakan di dalam Wave.

Google meluncurkan WaveThis. Google menyediakan bookmarklet serta Chrome extension yang akan memudahkan pengguna jika tertarik akan suatu konten di web dan ingin mendiskusikannya atau membahas secara kolaboratif dengan pengguna lain tentang konten tersebut. Drag link bookmarklet pada browser anda misalnya Firefox atau Safari, sedangkan untuk Chrome dengan cara menambahkan WaveThis extension, dan setiap anda ingin nge-wave konten tertentu, ketika anda berada di suatu halaman web, klik bookmarklet maka akan muncul halaman baru yang berisi notifikasi untuk memulai waving.

Google juga menyediakan fitur button WaveThis bagi para webmaster yang ingin menambahkan button WaveThis pada post mereka. Untuk mulai mencoba bookmarklet atau extension WaveThis bisa mampir ke link ini dan untuk tata cara menggunakan button Wave bisa dilihat di sini.

Tampilan Chat Baru di Gmail

Google meremajakan tampilan chat di Gmail mereka dengan menambahkan ikon video chat, voice chat serta group chat langsung di kotak chat Gmail. Lewat blog mereka, Google menjelaskan bahwa tampilan baru ini diluncurkan untuk memudahkan pengguna dalam menemukan dan menggunakan beberapa fasilitas yang ada di Gmail chat. Ikon baru ini bisa ditemukan di bagian atas kolom chat, Google juga menambahkan kemudahan lain, yaitu automatic install untuk pengguna yang belum memiliki plugin untuk melakukan voice and video chat.

Jadi nantinya ketika pengguna meng-klik ikon kamera untuk melakukan percakapan video maka akan muncul notifikasi untuk melakukan install plugin untuk video chat. Fitur ini sebenarnya telah bisa digunakan di iGoogle dan Orkut beberapa waktu yang lalu dan kini anda bisa menikmatinya juga di Gmail.

Google Maps Preview di Gmail dan Buzz

Lewat fitur yang tersedia di Gmail Labs, pangguna Gmail dan Buzz bisa mengaktifkan fitur yang memungkinkan mereka untuk dapat melihat preview peta yang dikirimkan oleh relasi atau user lain. Melalui pengumuman di blog mereka, Google menjelaskan bahwa kini jika anda mengaktifkan fitur maps preview ini, maka ketika anda mendapatkan email atau link post di Google Buzz yang berisi link dari Google Maps, maka akan muncul peta interaktif yang akan memudahkan anda untuk melihat langsung peta tersebut tanpa harus membuaka tab baru untuk membuka halaman Google Maps.

Meskipun baru tersedia untuk alamat di U.S. saja, tapi Google sedang mengembangkan fitur ini untuk alamat di seluruh dunia. Untuk mencobanya anda bisa menuju Gmail Labs langsung dari Gmail, lewat pilihan setting.

Anda mulai bisa mencoba berbagai fitur ini, dan jangan lupa untuk share pendapat anda pada kolom komentar.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×