1. Startup

Yahoo! Mail Versi Terbaru Siap Dicoba

Yahoo! akhirnya merilis tampilan Yahoo! Mail yang terbaru, dan mempersilahkan para pengguna Yahoo! Mail mencoba Yahoo! Mail Beta untuk mendapatkan berbagai pembaruan pada layanan mereka.

Seperti yang pernah dituliskan DailySocial, berita tentang perubahan layanan mail dari Yahoo! ini telah diumumkan bulan Sepetember yang lalu, sebagai bagian dari rencana Yahoo! untuk memperbaharui berbagai layanan mereka. Selain tampilan layanan mail yang baru, beberapa fitur serta fasilitas yang diberikan Yahoo! Mail Beta ini antara lain kecepatan, perlindungan dari spam, kapasitas tak terbatas serta akses dari perangkat bergerak.

Untuk kecepatan, seperti yang dituliskan oleh Yahoo!, layanan Yahoo! Mail Beta ini dua kali lebih cepat daripada versi Yahoo! Mail yang sebelumnya, meski tingkat kecepatan tetap akan bervariasi karena beberapa faktor, seperti peramban yang digunakan, koneksi internet, perangkat yang digunakan, lokasi, serta aktivitas pengguna sendiri ketika mengakses layanan Yahoo! Mail.

Untuk perlindungan atas spam, Yahoo! melindungi pengguna dengan penerapan teknologi perlindungan atas spam yang paling baru, kemudian Yahoo! juga menyedikan fasilitas tak terbatas untuk penyimpanan email, yang dalam prakteknya akan disesuaikan dengan ketentuan dari Yahoo!, terutama dari kebijakan tentang penyalahgunaan email, dan untuk perangkat bergerak, Yahoo! Mail Beta ini tersedia bagi para pengguna iPhone, iPad, Android serta perangkat bergerak yang bisa mengakses internet.

Selain beberapa kelebihan di atas, seperti yang pernah dituliskan DailySocial, fitur sosial di Yahoo! Mail menjadi salah satu fitur yang terus ditambahkan oleh Yahoo!, pengguna bisa mengintegrasikan akun Facebook sehingga Anda bisa melihat, mem-posting serta mengetahui kabar terkini dari akun Facebook Anda. Selain Facebook pengguna juga bisa melihat kabar terkini dari akun Twitter. Update dari Facebook dan Twitter ini bisa ditambahkan dan dilihat pada pilihan menu 'apa yang baru' pada dashboard di bagian atas email.

Yahoo! Mail Beta juga memberikan fasilitas di mana Anda bisa langsung melihat berbagai media seperti, tayangan foto, video, dan yang lainnya, baik yang dikirimkan melalui attachment atau hanya berupa tautan saja. Misalnya, relasi Anda mengirimkan tautan gambar dari Flickr maka preview dari gambar di Flickr ini bisa langsung terlihat tanpa harus keluar dari Yahoo! Mail.

Saya langsung mencoba tampilan beta dari Yahoo! Mail ini, selain beberapa fitur di atas, ada satu fitur tambahan yang mungkin bisa membantu membaca email dengan lebih cepat, yaitu fitur 'tampilkan preview'. Fitur ini akan muncul ketika Anda berada pada halaman 'email masuk'. Dengan fitur ini Anda bisa melihat preview email tanpa harus membuka email tersebut. Anda juga bisa mengatur ukuran panel preview dengan menggeser panel preview ini dan mengatur proporsi ukuran antara daftar email dengan ukuran tampilan preview email.

Meski saya belum menemukan satu fitur unggulan lain, namun seperti yang dituliskan oleh VentureBeat, Yahoo! Mail yang terbaru ini memiliki fitur yang akan melakukan highlight email yang dikirimkan oleh relasi yang telah ada pada alamat kontak di email pengguna, yang akan memudahkan pengguna untuk menemukan email penting secara lebih cepat, fitur ini mengingatkan pada fitur Priority Inbox dari Gmail.

Bagi saya tampilan Yahoo! Mail terbaru ini lebih menyenangkan, setidaknya tampilan layout dan tampilan menu lebih mudah digunakan. Saya sendiri punya dua email utama, yang satu Yahoo! dan yang satu Gmail, dan tetap menggunakan alamat saya di Gmail untuk urusan pekerjaan dan sebagai layanan email utama saya, namun perubahan tampilan ini sedikitnya bisa membuat saya lebih lama mengakses Yahoo! Mail, bagaimana dengan Anda? sudah mencoba tampilan Yahoo! Mail yang baru? Mari bagikan pengalaman Anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again