1. Startup

Yahoo Kalahkan Google, Hanya di Indonesia!

Mana yang lebih populer: Yahoo atau Google? Tentu saja Google. Namun bisa jadi kondisi tersebut berubah arah dan Yahoo menjadi lebih populer, khusus untuk pasar Indonesia. Mengapa? Sederhana. Karena Google hampir tidak melakukan aktivitas apapun untuk me-maintain penggunanya di Indonesia.

Memang sih, pengguna search engine Google memang tetap mendominasi dibandingkan search engine lainnya, namun melihat effort yang dilakukan Yahoo maka posisi Google di Indonesia bisa terancam.

Indonesia merupakan pasar yang amat sangat potensial, pertumbuhan jumlah pengguna perangkat mobile yang sangat signifikan, dan pengguna internet-pun bertumbuh di angka yang menakjubkan. Setidaknya cukup menakjubkan untuk membuat para pemain-pemain besar melirik pasar Indonesia.

Melihat sebuah report (September 2009) yang dirilis oleh Opera Software, dapat terlihat posisi dari beberapa website yang populer diakses oleh pengguna dari Indonesia menggunakan software Opera Mobile, berikut chart-nya

Ah, lihat? Sepertinya effort Yahoo Mobile di Indonesia tidak terbuang percuma. Padahal setahu saya, search engine default dari Opera Mobile/Mini adalah Google, sebuah keunggulan untuk Google namun sepertinya Yahoo tetap berhasil mengungguli. Sebagai informasi : Indonesia adalah satu-satunya negara dimana Yahoo lebih unggul dibandingkan Google. Di negara-negara lain seperti Vietnam, dan India Google masih tetap menguasai. Bahkan di Polandia, China, dan Rusia, Yahoo tidak masuk 10 besar.

Nah, sepertinya Yahoo harus bekerja ekstra keras mempertahankan pengguna setianya di Indonesia dengan berbagai kegiatan seperti juga Open Hack Day yang akan diadakan tanggal 21-22 November mendatang. Dan saya juga yakin, aktivitas Yahoo di Indonesia akan makin eksis saja.

Dear Pontus and Budi Putra, keep me updated ya ;)

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again