1. Startup

Yahoo! Dikabarkan Akan Tutup Layanan Delicious

Yahoo! dikabarkan akan menutup beberapa layanan yang dimilikinya dan kemungkinan termasuk layanan Delicious, berita ini tersebar di internet setelah bocornya slide yang mencantumkan beberapa layanan Yahoo! yang masuk dalam kategori 'sunset' yang bisa diartikan akan ditutup.

Seperti yang dituliskan oleh AllThingsDigital, bocornya slide yang menampilkan beberapa produk Yahoo! yang akan ditutup ini pertama kali muncul dari Tweet mantan karyawan Yahoo!, Eric Marcoullier, yang juga menjadi salah satu founder dari MyBlogLog, salah satu layanan yang dikabarkan akan ditutup Yahoo!.

Meski bukan lagi karyawan dari Yahoo! namun Tweet yang berisi gambar slide tersebut mendapat komentar dari beberapa karyawan Yahoo! bahkan memancing komentar Chief Product Officer Yahoo!, Blake Irving yang men-Tweet akan memecat karyawan yang membocorkan slide tersebut.

Seperti yang dituliskan SearchEngineLand,  Yahoo! mengkonfirmasi bahwa mereka akan menutup beberapa layanan Yahoo! termasuk Yahoo! Buzz, Traffic APIs dan beberapa layanan lain, namun untuk Delicious, Yahoo! tidak mau berkomentar apa-apa. Tetapi kalau dilihat dari slide tersebut ada 3 kelompok dari rencana yang akan dilakukan Yahoo! atas layanan mereka dan Delicious termasuk dalam kelompok 'sunset' yang kemungkinan juga akan ditutup Yahoo!.

Berikut penjelasan dari Yahoo! seperti yang saya kutip dari SearchEngineLand:

Part of our organizational streamlining involves cutting our investment in underperforming or off-strategy products to put better focus on our core strengths and fund new innovation in the next year and beyond. We continuously evaluate and prioritize our portfolio of products and services, and do plan to shut down some products in the coming months such as Yahoo! Buzz, our Traffic APIs, and others. We will communicate specific plans when appropriate.

Dan komentar Yahoo! atas pertanyaan tentang layanan Delicious:

We’re not commenting on Delicious specifically at this point.

Setelah beberapa berita tentang rencana Yahoo! dalam mengembangkan dan meluncurkan beberapa produk baru, berita ini menjadi kabar yang tidak sedap, terutama bagi pengguna setia layanan Yahoo! khususnya Delicioius, dan melengkapi berita 'sedih' lain dari Yahoo! yang diberitakan akan memberhentikan sejumlah karyawan mereka.

Kita tunggu rilis resmi dari Yahoo! tentang rencana mana produk mereka yang benar-benar akan ditutup, namun satu yang pasti bocornya berita ini bisa jadi membuat beberapa pelanggan layanan Yahoo! menjadi was-was, beberapa layanan seperti Flickr tidak termasuk dalam slide ini, namun bocornya berita ini bisa memberikan efek negatif dan membuat pertanyaan tentang layanan apa lagi yang kemungkinan akan ditutup Yahoo!.

Sumber berita: SearchEngineLand dan AllThingsDigital.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again