1. Startup

Xobni Datangkan Revenue Dengan Freemium

Xobni, startup yang mengembangkan layanan plugin untuk Microsoft Outlook dengan fungsi email yang canggih sekarang mulai serius mendatangkan revenue bagi perusahaan. Dengan respon dari pengguna versi gratis yang memuaskan, kini Xobni merilis versi terbarunya lengkap dengan berbagai fitur tambahan untuk para penggunanya, namun kali ini anda dikenakan biaya untuk menggunakannya.

Xobni masih tetap mempertahankan versi gratis, namun menambah versi premium dengan fungsi yang jauh lebih banyak dengan harga $29.95 dan juga biaya yang sangat murah untuk setiap kali upgrade. Ini merupakan sumber pemasukan pertama bagi startup yang mendapat dukungan langsung dari Bill Gates, sang founder Microsoft.

CEO Xobni, Jeff Bonforte menyatakan dirinya sangat senang dengan makin banyak startup yang menggunakan bisnis model seperti ini karena makin menegaskan kepada pengguna bahwa aplikasi yang bagus memang pantas memiliki versi berbayar meskipun tetap menyediakan versi gratis (freemium). Dengan model seperti ini maka vendor bisa memberikan layanan penuh kepada penggun, dan pengguna juga mendapatkan fasilitas yang dibutuhkan dan juga ekspektasi kualitas yang tinggi karena telah membayar.

Model freemium sendiri memang model yang cukup populer di kalangan bisnis startup karena tetap memberikan pilihan kepada pengguna mengingat ada pengguna yang menggunakan layanan secara serius (pro/extreme user) dan ada juga yang menggunakannya sebagai alternatif. Kedua jenis pengguna ini difasilitasi dengan fitur-fitur yang berbeda sesuai kebutuhan, dan makin banyak kebutuhannya tentu dapat menjadi dasar untuk me-monetisasi fitur.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again