9 January 2013

by wiku

XL Rangkul Pengembang Game Lokal Dengan 'XL Developer Network'

PT XL Axiata Tbk (XL) baru saja mengumumkan program XL Developer Network untuk merangkul para pengembang game lokal Indonesia dan mendorong pertumbuhan perusahaan game di tanah air.

Bekerja sama dengan TheMobileGamer (TMG) yang merupakan perusahaan asal Singapura, program XL Developer Network ini dimulai dengan rangkaian acara XL Developer Network: Road to GameHack 2013. Program ini akan mengajak para calon peserta untuk mengikuti kompetisi GameHack yang akan digelar bulan Maret 2013 dengan menggelar workshop di berbagai kota.

Rangkaian workshop akan digelar bagi komunitas pengembang game di Indonesia di berbagai kota seperti Jakarta/Depok, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya. Workshop ini akan memperkenalkan sisi teknis pembuatan game sosial dan terintegrasi dengan KotaGames, sambil mempersiapkan calon peserta untuk ikut kompetisi GameHack.

Dalam rilisnya dikatakan bahwa program ini merupakan kelanjutan dari KotaGames - platform social game, yang diluncurkan XL bekerja sama dengan TMG tahun lalu. KotaGames sendiri bisa diakses lewat ponsel, permainan yang ada di platform ini (saat ini ada 19 game) bisa menikmati permainan dan elemen sosial di dalamnya, seperti bertemu dengan pemain lain, mengubah avatar, dll.

KotaGames juga dioptimasi untuk perangkat ponsel feature phone dan game yang ada berbasis browser. Saat ini ada 1.2 juta pemain yang ada di KotaGames dengan pertumbuhan 30% setiap bulannya.

Kompetisi GameHack sendiri akan digelar bulan Maret, dengan targat 100 peserta dengan dua kategori yang tersedia, untuk profesional dan publik. Hadiah yang disediakan adalah Galaxy Tab 7.0 dan Nokia LUmia 900 untuk pemenang pertama dan kedua kategori profesional. Sedangkan untuk kategori publik atau umum, hadiahnya berupa Samsung Galaxy II dan Nokia Lumia 800. Lima finalis juga akan dipilih untuk merilis game mereka di KotaGames dan biaya penyelesaian game sebesar $2000 serta bantuan pemasaran senilai $20.000 setelah game dirilis. Akan ada pelatihan dari ahli game sosial dari Jepang untuk setiap pemenang.

Para pengembang game atau mereka yang tertarik dengan program XL Developer Network ini bisa melihat informasi lengkap tentang acara di tautan ini. Acara workshop yang akan diadakan di kampus di empat kota ini pada bulan Februari akan diumumkan kemudian, termasuk untuk registrasi.