1. Startup

XL Nonton Sediakan Layanan Menonton Film Langsung dari Smartphone

XL Axiata (XL) meluncurkan satu lagi layanan yang membantu konsumennya mengisi waktu dengan smartphone-nya. Bertajuk "XL Nonton", XL bekerja sama dengan BesTV New Media International sebagai distributor dan penyedia layanan konten film untuk menyediakan aplikasi streaming film. Saat ini XL Nonton baru tersedia untuk platform Android dan sudah hadir di Google Play, namun ke depannya akan hadir untuk iOS dan BlackBerry juga. Bersamaan dengan peluncuran layanan XL Nonton ini, secara eksklusif layanan ini menyediakan cuplikan film nasional "Cinta Brontosaurus" sebagai bagian kerjasama dengan Starvision.

Bisa dibilang belum banyak aplikasi film streaming di Indonesia, khususnya yang menayangkan film-film lokal. Sampai sekarang mungkin kompetitor paling dekat XL Nonton adalah UseeTV yang digagas oleh Telkom dan Viki. XL Nonton sendiri mengklaim bahwa teknologi adaptive bitrates yang digunakannya memungkinkan penyampaian konten disesuaikan dengan kecepatan jaringan yang digunakan untuk meminimalisir buffering, baik melalui jaringan seluler maupun Wi-Fi. Selain itu konten-konten berbahasa asing akan disertai dengan subtitel bahasa Indonesia untuk meningkatkan kenyamanan menonton.

Dian Siswarini selaku Direktur Digital Service XL dalam rilis persnya mengatakan, "Penyediaan layanan "XL Nonton" merupakan salah satu upaya strategis XL untuk menjadi bagian dari industri hiburan. Kami tidak akan ragu untuk memasuki ranah baru ini. XL memiliki sumber daya untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan pelanggan atas sarana hiburan yang bisa diakses secara simpel, kapan saja dan di mana saja melalui ponselnya. Sebelumnya pun kami telah memulainya melalui beberapa layanan musik. Kami berharap, ke depan layanan-layanan hiburan dari XL akan mampu ikut menyemarakkan dan memberikan kontribusi positif bagi industri hiburan tanah air."

Untuk menggunakan layanan ini, pengguna XL dapat mendaftarkan nomor pelanggannya terlebih dahulu untuk mendapatkan password yang dikirimkan via SMS. Pengguna non-XL bisa mengakses beberapa konten di aplikasi ini, tapi untuk mengakses layanan penuh diperlukan akun yang terhubung dengan nomor XL. Harga sewa film bervariasi, dari 3000 Rupiah untuk 5 hari sampai 11 ribu Rupiah untuk 30 hari, biasanya setiap film memiliki satu tarif saja antara dua pilihan tersebut. Untuk sementara saat ini film lokal yang dibisa ditonton hanyalah beberapa FTV. Semoga bakal terus ditambah dalam waktu dekat.

Untuk kualitas, saya belum pernah mencobanya dengan jaringan berkecepatan terbatas, apalagi dengan konektivitas 3G XL, jadi pengguna yang telah mencobanya dengan jaringan XL bisa memberikan komentarnya. Simak pula komentar di laman Google Play XL Nonton yang memberikan saran bagi pengguna Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich) yang merasakan kesulitan saat pengaksesan film-film di layanan ini. Saya sendiri beberapa kali mengalami crash saat pengaksesan aplikasi ini dan sebaiknya segera diperbarui (plus ditambah konten-kontennya) untuk rilis berikutnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again