1. Startup

XL Cuap, Layanan Kerjasama Bubble Motion Dengan XL Axiata di Indonesia

Layanan penyedia voice-blogging Bubble Motion akan menjalin kerjasama dengan XL Axiata untuk memberikan fasilitas voice-blogging bagi para pengguna XL di tanah air.

Seperti yang dituliskan TechCrunch, Bubble Motion akan menyediakan fasilitas untuk blogging dengan suara di Indonesia. Artikel tersebut menjelaskan bahwa Bubble Motion akan akan membawa layanan mereka ke Indonesia bekerjasama dengan XL Axiata dan menyediakan fasilitas blogging dengan suara bagi pengguna XL yang diberinama XL Cuap.

Bubble Motion sendiri merupakan penyedia layanan blog lewat suara dengan nama BubbleBlog atau dikenal juga dengan Bubbly, di mana pengguna bisa membuat blog berupa suara yang bisa diisi secara rutin, didengarkan, diikuti oleh pengguna lain. BubbleBlog juga diibaratkan Twitter namun dengan suara, menggantikan teks sebagai cara melakukan update konten.

Penasaran dengan artikel di TechCrunch saya mencoba mencari artikel terkait, termasuk situs XL untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, namun sampai tulisan ini ditulis saya belum menemukan rilis berita tentang layanan ini, termasuk pemberitahuan di situs Bubble Motion pun tidak ada. Saya justru menemukan logo dan mana Telkomsel serta Indosat sebagai partner Bubble Motion, dan untuk Telkomsel, meski belum muncul di situs resmi mereka, namun jika melihat keterangan di tautan ini, ternyata layanan Bubbly ini juga telah bisa dinikmati para pengguna Telkomsel.

Untuk layanan XL Cuap, bisa dinikmati dengan menekan 1, nantinya akan ada panduan serta tata cara mengunakan layanan voice-blogging. Dilayanan ini pengguna bisa membuat blog dan menerbitkan konten berupa suara, lalu mengundang teman untuk ikut mendengarkan atau mendengarkan blog suara pengguna lain, semacam jejaring sosial namun lewat suara.

Awalnya saya ingin mencoba secara lengkap fitur di layanan XL Cuap ini, namun mendengarkan menu (yang sampai 7 poin) dan mengingatnya satu persatu ternyata malah menyulitkan, jadi saya hanya mencoba beberapa fitur saja. Setelah Anda menekan 1 maka Anda akan dihadapkan beberapa pilihan menu, salah satunya adalah untuk memulai blogging dengan merekam suara Anda sebagai posting pertama Anda, Anda juga nantinya bisa memberi judul dari blog Anda. Setelah itu Anda bisa mengkonfirmasi konten suara yang akan di terbitkan. Kemudian Anda bisa mengundang teman Anda dengan memilih menu undang teman dan memasukkan nomor telepon mereka, nantinya teman Anda ini akan dikirimi undangan untuk mengikuti blog lewat SMS.

Ada beberapa pilihan menu lain yang bisa dipilih, salah satunya adalah fitur untuk memblok atau membuat daftar hitam dari pengikut Anda, sehingga mereka tidak bisa mengakses blog suara Anda. Untuk notifikasi, XL akan mengirimkannya lewat SMS, selain pemberitahuan undangan dari teman, pengguna juga bisa mengundang teman untuk mampir ke blog lewat SMS, gratis, Anda cukup membalas notifikasi yang dikirimkan XL dengan format INVITE [nama blog atau nomor pengguna]. Untuk mengikuti suatu blog, Anda juga bisa melakukannya lewat SMS, akan ada tata cara mengikuti blog orang lain bersamaan dengan undangan dari pemilik blog.

Untuk biaya, sepertinya untuk membuat blog atau mempublikasikan konten tidak dikenakan biaya, setidaknya itu yang terjadi ketika saya mencoba layanan ini, namun ketika mengundang atau mengkonfirmasikan undangan lewat SMS, pengguna akan dikenakan biaya, sekitar 150 rupiah untuk sekali SMS. Sepertinya biaya lain akan muncul ketika kita mendengarkan konten dari blog lain.

Masih seperti yang dituliskan TechCrunch, layanan Bubble Motion ini telah tersedia di Jepang dan India, pangsa pasar mereka antara lain pengguna pribadi serta para selebriti, termasuk musisi, aktor, komedian. Perusahaan yang mendapatkan dana dari Squoia Capital, berbasis di California ini juga berencana untuk melebarkan sayap ke Filipina dan Malaysia.

Jika membicarakan pangsa pasar selebriti, layanan ini mengingatkan saya akan layanan 'ketik REG' atau layanan 'SMS langsung dari saya' yang marak digunakan para selebriti untuk menyapa penggemar mereka. Apakah layanan ini akan menggantikan layanan yang telah ada dan juga ikut menjadi populer karena memiliki elemen sosial?

Konsumen ponsel kita memang cukup konsumtif apalagi kalau menyangkut hal yang berbau sosial, selebriti atau musisi, dan bagi provider, ketika tarif sudah tidak bisa lagi menjadi 'senjata' para perusahaan telekomunikasi untuk mendapatkan pemasukan, maka konten serta aplikasi yang tetap bisa memberikan pemasukan (berupa penggunaan pulsa) akan menjadi pilihan yang akan ditawarkan pada para pengguna, apakah adaptasi jejaring sosial atau aplikasi internet berbasis sosial yang tinggi di Indonesia juga bisa memberikan efek pada Bubble Motion?

Sepertinya adaptasi layanan berbau sosial di tanah air cukup menarik Bubble Motion untuk mendapatkan pengguna di lokal, XL sendiri telah memiliki sekitar 35 juta pengguna lebih, yang merupakan pangsa pasar yang cukup besar bagi Bubble Motion. Kita lihat bagaimana pengguna akan memberi respon pada layanan XL Cuap ini.

Bagi Anda yang ingin memberi komentar atau punya informasi tambahan tentang layanan Bubble Motion/Bubbly ini, terutama yang berhubungan dengan provider lokal, bisa menuliskannya di kolom komentar.

Note: saya menggunakan nama XL Cuap, tidak seperti TechCrunch yang menggunakan nama XL Cuaps, karena setelah mencoba layanan ini beberapa kali sepertinya tidak ada pengucapan 's' dari operator suara dalam ucapan selamat datang ketika kita pertama kali masuk pada layanan XL Cuap.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again