1. Startup

XL Axiata Meluncurkan Aplikasi Media Sosial Keeta Dengan Dukungan Layanan Cloud

Di era yang serba saling terhubung dengan sesama menggunakan perangkat teknologi tinggi, platform jejaring sosial memang kerap dianggap sebagai salah satu platform yang mengundang orang banyak untuk menggunakan layanannya. Seperti yang baru-baru ini dilakukan oleh XL Axiata, salah satu operator telekomunikasi terbesar di Indonesia ini baru saja meluncurkan layanan media sosial bernama, Keeta (baca: ki-ta). Aplikasi jejaring sosial terbaru yang digagas oleh XL Axiata ini merupakan aplikasi media sosial yang juga memiliki layanan cloud di dalamnya. Apa saja yang ditawarkan oleh Keeta dan bagaimana potensinya? Simak ulasan kami berikut ini.

Diluncurkan secara resmi di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, pada Kamis (31/10) kemarin, Keeta diproyeksikan sebagai platform aplikasi media sosial yang mampu digunakan sebagai “asisten” untuk melakukan aktivitas dan berkomunikasi dengan sesama pengguna sehari-hari. Arkav Juliandri selaku General Manager M2M & Cloud XL Axiata mengungkapkan platform jejaring sosial sejatinya hingga saat ini masih diminati oleh banyak pengguna khususnya di Indonesia.

“Di Indonesia, aplikasi media sosial sangat digandrungi oleh hampir semua kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Lebih dari 80% masyarakat Indonesia telah menggunakan layanan sosial media. XL menangkap hal ini sebagai suatu peluang yang sangat bagus, oleh sebab itu XL meluncurkan aplikasi Keeta ini,” ujar Arkav di sela-sela peluncurannya.

Ia menambahkan, Keeta hadir dengan menggabungkan sejumlah fungsi dan fitur yang tentu sudah tak asing lagi bagi seluruh pengguna seperti, berbagi dan terintegrasi ke media sosial, chatting dan lain sebagainya. fungsi-fungsi tersebut tentu tentu sudah jamak ditemui di media sosial lainnya, namun Keeta berani meluncur dengan membawa sejumlah fitur yang mungkin belum ditemui di media sosial lainnya dan mungkin saja dapat menjadi keunggulan unik dari Keeta dalam “bersaing” dengan platform media sosial lainnya.

Seperti yang dijelaskan di atas, Keeta yang merupakan aplikasi platform media sosial tak hanya hadir mengakomodir kebutuhan sosial dari pengguna saja namun sebagai asisten pribadi pengguna dengan menghadirkan layanan cloud storage yang disematkan dalam layanan Keeta. Fitur-fitur cloud tersebut antara lain: Push to talk, mobile storage, backup data maupun kontak, storage, folder sharing, serta remote device. Dari sektor hiburan, Keeta juga menyematkan fungsi pemutar musik (music player) pada layanannya. Pihak XL Axiata sendiri mengklaim layanan media sosialnya tersebut sebagai salah satu platform terlengkap yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna yang dapat disesuaikan.

Niat besar XL Axiata dalam menghadirkan layanannya tersebut bagi seluruh pengguna tentu dapat dibuktikan dengan kehadiran dan kompatibilitas dari aplikasi yang dikembangkan oleh XL Axiata bekerjasama dengan NEC dan Alita ini. Aplikasi Keeta dikonfirmasi dapat diakses dari berbagai perangkat bergerak (mobile) seperti smartphone dengan berbasis Android, iOS, hingga BlackBerry. Bagi pengguna Android, aplikasi Keeta tentu dapat diperoleh secara gratis melalui Google Play Store. Untuk perangkat lain macam iOS dan BlackBerry saat ini aplikasi Keeta baru dapat digunakan melalui mobile browser dengan mengunjungi tautan ini. Tidak hanya perangkat mobile saja, Keeta juga dapat diakses melalui perangkat desktop namun hanya bagi yang menggunakan sistem operasi Windows.

Dengan hadirnya Keeta sebagai media sosial dari Indonesia yang terbaru, tentu akan menambah panjang daftar media sosial dari Indonesia yang dapat dimanfaatkan oleh jutaan pengguna internet di tanah air. Pihak XL Axiata menargetkan sekitar 100.000 pengguna pada kuartal pertama 2014.

Dengan membawa fungsi serta fitur yang tak hanya menawarkan fungsi saling berbagi di platform-nya namun juga menawarkan fungsi aksesibilitas yang dapat membantu pengguna dalam beraktifitas sehari-hari, rasanya Keeta tentu dapat memiliki potensi tinggi untuk diterima di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang dikenal gemar menggunakan layanan media sosial.

Namun apakah Keeta akan sukses menghadirkan jumlah pengguna aktif yang besar tersebut? Jawabannya mungkin terlalu dini untuk dijawab sekarang, yang jelas Keeta sendiri layak untuk dicoba bagi pengguna yang mungkin telah bosan dengan platform media sosial yang itu-itu saja.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again