1. Startup

Serangkaian Solusi XL Axiata untuk Enterprise

Mencoba memberikan solusi untuk permasalahan di sektor manajemen penjualan, manajemen inventori dan pergudangan, manajemen survei, dan manajemen distribusi dan canvasser

Persaingan bisnis teknologi informasi di sektor korporasi dipastikan akan menghangat. XL Axiata (XL) mencoba memperkuat bisnisnya di pasar korporasi dengan meluncurkan serangkaian aplikasi yang menyasar pasar korporasi yang tercakup dalam rangkaian solusi XL IoT.

XL mencoba menyediakan sebuah solusi yang cepat dan akurat untuk mendukung proses bisnis perusahaan. Seperti yang disampaikan Chief Digital Service Officer XL Yessy D Yosetya, kebutuhan mobilitas yang semakin tinggi diikuti dengan bisnis proses yang tidak mudah seringkali menjadi faktor utama keterlambatan service delivery bagi perusahaan.

"Berorientasi pada kebutuhan bisnis pelanggan korporat, melalui  XL IoT (Internet of Things), kami telah menyiapkan empat solusi pada aplikasi Enterprise. Dengan solusi tersebut, setiap perusahaan dapat dengan mudah mengautomisasi pekerjaan manual dan mempercepat bisnis proses supply chain," ujarnya.

Lebih jauh Yessy juga menjelaskan bahwa XL menawarkan beberapa solusi untuk menangani permasalahan di berbagai sektor, seperti manajemen penjualan, manajemen inventori dan pergudangan, manajemen survei, serta manajemen distribusi dan canvasser.

Pada manajemen penjualan misalnya, XL menyediakan solusi yang dimanfaatkan untuk meningkatkan fungsi tenaga penjualan dalam hal akses kebutuhan pelanggan dan target penjualan. Selain itu solusi ini juga mampu meningkatkan waktu respons dari penyediaan kebutuhan pelanggan.

Sedang untuk manajemen inventori dan pergudangan, solusi yang siapkan XL dapat digunakan untuk memudahkan perusahaan dalam pengelolaan aktivitas operasional gudang, mulai dari pencatatan barang masuk hingga barang tersebut keluar dari gudang. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan sistem barcode untuk memudahkan pekerjaan di lapangan. Dengan demikian, pelanggan akan mudah dalam mengelola data inventori barang seperti serial number, expiry date, batch melalui berbagai macam metode prosedur seperti First In First Out atau First Expired First Out.

Untuk solusi manajemen survey, XL merancang solusi khusus untuk perusahaan yang bergerak di bidang jasa survei maupun perkreditan. Layanan ini akan membantu mendapatkan informasi dari pelanggannya secara real-time.

Selanjutnya untuk sektor manajemen distribusi dan canvasser, solusi yang ditawarkan XL akan menggabungkan solusi manajemen inventori serta manajemen penjualan, di mana penggunaannya untuk mengelola seluruh pelanggan perusahaan, termasuk menentukan pedoman kunjungan tenaga penjual (call plan atau route plan) maupun kurir pengantar barang.

Aplikasi Enterprise ini juga dapat beroperasi di sistem operasi Android yang memudahkan pelanggan bekerja di perangkat secara mobile. Disampaikan General Manager M2M Technology XL Arifa Febriyanti, aplikasi Enterprise ini telah diuji di beberapa perusahaan pelanggan korporat yang berasal dari berbagai macam sektor industri, seperti perdagangan barang dan jasa konsumer, lembaga keuangan dan bank, serta logistik.

"Tim operasional kami akan berkomunikasi ke pelanggan dalam menentukan layanan yang tepat dan terbaik sesuai kebutuhan perusahaan, dan memastikan solusi ini dimanfaatkan secara maksimal oleh pelanggan korporat. Mereka akan menganalisa kebutuhan tersebut dan memberikan komitmen untuk membangun solusi yang komprehensif dan unik sesuai dengan requirement bisnis," ungkap Febriyanti.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again