1. Startup

XL Axiata dan ITB Hadirkan Aplikasi Mobile untuk Monitoring Penyakit Diabetes

XL Axiata (XL) bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung  (ITB) menghadirkan aplikasi mobile yang digunakan untuk monitoring penyakit diabetes. Diberi nama "Xanesha Diabetic Analytics Console", aplikasi ini memberikan informasi lengkap tentang penyakit diabetes dengan tampilan antarmuka yang diklaim user friendly. Saat ini aplikasi tersebut hadir secara gratis untuk platform Android dan bakal menyusul di iOS dan BlackBerry.

Fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi ini adalah:

  • Modul Glukosa untuk mengontrol kadar glukosa pasien baik sebelum maupun sesudah makan, Modul Aktifitas untuk mengetahui aktifitas yang dilakukan pasien mulai dari aktifitas ringan, normal, dan berat
  • Modul Berat Badan untuk mengontrol berat badan pasien setelah beraktifitas dan mengetahui kadar glukosa pasien
  • Modul Kandungan Makanan untuk mengetahui kandungan makanan yang dikonsumsi pasien
  • Modul Tekanan Darah untuk mengontrol tekanan darah
  • Modul Denyut Jantung untuk mengontrol detak jantung pasien setelah beraktifitas
  • Modul HbA1C (Glucated hemoglobin) untuk mengontrol konsentrasi glukosa darah

GM Machine to Machine & Cloud XL Arkav Juliandri dalam siaran persnya mengatakan, "Kami berharap melalui layanan informasi kesehatan yang dapat diakses dengan mudah melalui ponsel pintar, dapat menjawab kebutuhan masyarakat akan informasi kesehatan terutama bahaya penyakit diabetes. Peluncuran aplikasi inovatif ini sebagai upaya strategis XL untuk menjadi bagian dari dunia kesehatan."

Aplikasi layanan kesehatan mungkin merupakan lahan baru bagi XL untuk meningkatkan layanan added value-nya di masyarakat. Sebelumnya aplikasi mobile yang pernah dibuat berhubungan dengan segmen hiburan dan layanan dasar XL -- seperti myXL yang memberikan informasi pulsa dan sisa paket data. Hadirnya aplikasi seperti ini, yang saya belum temukan tautannya di Google Play, tentu memberikan angin segar bagi penderita penyakit diabetes yang menginginkan informasi komprehensif di genggaman tentang pengontrolan gaya hidupnya.

Tidak ada informasi apakah layanan ini hanya berlaku untuk pelanggan XL saja atau bisa juga diunduh oleh pengguna operator lain.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again