1. Startup

Wobe Perkenalkan Aplikasi Mikrobisnis

Baru tersedia bulan Juni untuk platform Android, mencoba memberdayakan perempuan Indonesia dengan tawarkan keuntungan melalui aplikasi pembayaran pulsa, tagihan listrik, dan air

Salah satu startup peserta Ideabox, Wobe, secara resmi telah meluncurkan produk pertamanya. Pengumuman ini disampaikan berbarengan dengan acara Demo Day Ideabox yang digelar beberapa waktu lalu. Sayangnya aplikasi Wobe ini belum dapat dinikmati secara umum. Rencananya aplikasi Wobe ini mulai dapat diunduh Juni 2015 di Google Play dan Mobo Market.

Wobe diawali dari sebuah ide untuk mengembangkan aplikasi yang mampu memberikan penghasilan kepada penggunanya. Berbekal pengalaman di dunia startup dan lembaga sosial non-profit, Founder dan CEO Wobe Adrianna Tan bersama tim mencoba untuk memanfaatkan teknologi untuk dapat membantu masyarakat, khususnya kaum perempuan, dengan meningkatkan taraf hidup mereka.

Aplikasi Wobe memungkinkan setiap orang yang memiliki ponsel berbasis Android dan koneksi internet untuk terlibat aktif dalam aktivitas bisnis jasa jual beli pulsa, pembayaran rekening prabayar PLN dan tagihan air, hingga tiket kereta api. Wobe menjadikan perempuan dari kelas masyarakat menengah ke bawah untuk menjadi target penggunanya. Hal ini selaras dengan misi Wobe yakni meningkatkan penghasilan pasif kelompok masyarakat berpenghasilan menengah-bawah dan bawah.

“Kami menawarkan aplikasi Android inovatif ini kepada masyarakat. Semua orang dengan ponsel pintar berbasis Android, koneksi internet 3G, dan modal Rp 50.000 bisa memulai berbisnis. Dalam perhitungan kami, pengguna aktif Wobe –atau kami sebut agen Wobe— dapat menghasilkan uang sekitar Rp50.000 per hari dengan menjual pulsa atau jasa layanan prabayar PLN dan air kepada 10 sampai 25 pelanggan,“ ujar Adrianna.

Sejauh ini Wobe telah merekrut 100 agen dalam rangka program percobaan dan akan terus melakukan penambahan agen hingga memenuhi target 500 agen dalam program rintisan di berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu Wobe juga sedang merintis upaya peningkatan literasi finansial dan kewirausahaan melalui kurikulum pelatihan yang juga tersedia di dalam aplikasi.

Untuk mewujudkan hal itu Wobe telah bekerja sama dengan Indosat, HaloMoney.co.id dan e-Mitra, untuk memberikan pelatihan yang mencakup pengetahuan dasar bisnis dan keuangan. Dengan mengikuti pelatihan tersebut para agen Wobe diharapkan mampu menambah pengetahuan di bidang bisnis sekaligus berkesempatan mendapatkan sertifikasi keuangan dan keagenan travel.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again