1. Startup

Universitas di Indonesia Harus Picu Inovasi

Selama beberapa bulan terakhir, saya bertemu dengan akademisi dari berbagai universitas di Indonesia. Obrolan yang saya lakukan menambah wawasan dan agak memperjelas teori yang telah ada dalam pikiran saya sejak tahun lalu, tentang bagaimana universitas memiliki peran besar dalam membentuk Silicon Valley menjadi seperti sekarang ini dan tentu saja bagaimana hal itu berhubungan dengan perguruan tinggi di Indonesia.

Sejarah Silicon Valley tidak dapat dipisahkan dari universitas di sekitar daerah itu, Stanford, UC Berkeley, Carnegie Mellon, dll. Jika Anda melihat di universitas ini, mereka tidak hanya berkontribusi melalui pendidikan dan sumber daya manusia, melainkan dengan semangat kewirausahaan dan inovasi, jiwa dari Silicon Valley.

Universitas-universitas ini memberikan banyak benih budaya Silicon Valley awal, saya pikir apa yang mereka lakukan secara signifikan adalah mentransfer teknologi yang diciptakan di laboratorium kampus ke perusahaan/industri. Keterampilan dan pengetahuan yang ditransfer terjadi terutama melalui perusahaan-perusahaan yang sudah ada yang mengambil lisensi, atau melalui perusahaan yang didirikan oleh mahasiswa, staf dan fakultas. Alternatif lainnya adalah kontribusi utama melalui pendidikan bagi mahasiswa teknik dan bisnis untuk terus mengisi kolam intelektual.

Dari sini, Anda dapat beberapa faktor di bawah ini yang cukup penting tentang apa yang universitas dapat berikan untuk pertumbuhan "Silicon Valley":

  • Memproduksi bakat dan hard-skill untuk engineering (produk, bisnis, pemasaran, dll)
  • Melakukan riset pasar dan analisis sebagai bagian dari penelitian di laboratorium penelitian
  • Memberikan penghargaan pada inovasi dan kewirausahaan
  • Menciptakan lingkungan yang sempurna untuk tumbuh, inkubasi siswa dan memberikan kemudahan akses pada teknologi dasar
  • Memberikan akses pada tahap inkubator selanjutnya, investor atau akses langsung ke industri

Sekarang adalah saatnya bagi perguruan tinggi di Indonesia untuk meningkatkan dan melakukan kontribusi yang lebih bagi industri dalam rangka mengisi kesenjangan besar antara kurikulum standar dan persyaratan industri. Untuk saat ini, saya pikir banyak universitas hanya fokus pada memberikan kurikulum dan menghasilkan lulusan setiap tahun. Hal ini sebetulnya baik, sampai mereka menemukan bahwa persentase signifikan dari alumni mereka mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan.

Mengapa? Karena mereka dididik untuk bekerja keras dalam mencari pekerjaan, bukan menciptakan lapangan kerja.

Jika perguruan tinggi di Indonesia dapat beralih dari pola pikir ini ke kehidupan setelah kuliah, ini akan memberikan nilai lebih bagi siswa dan industri secara keseluruhan. Dan sekarang, beberapa universitas sudah mencoba pendekatan ini dengan memberikan pelatihan, kuliah umum dari orang-orang berpengaruh dalam industri dan role-model pengusaha untuk memberi mereka semangat kewirausahaan.

Di Indonesia, ada beberapa hal yang bisa dilakukan universitas di sini terutama di industri teknologi (IMHO):

  • Berikan pelatihan pada teknologi web terbaru (bahasa pemrograman, kerangka kerja, server, OS, platform, dll)
  • Undang pengusaha sukses (sebaiknya alumnus) untuk memberikan pengetahuan tentang latar belakang kewirausahaan dan bisnis/manajemen kepada mahasiswa
  • Mengubah pola pikir dari kurikulum berbasis universitas, menjadi universitas berbasis penelitian
  • Kompensasi dan memberikan penghargaan untuk inovasi, mungkin dengan menginkubasi bisnis/perusahaan mahasiswa
  • Dekati dan kerja sama secara langsung dengan orang-orang di industri (perusahaan teknologi, investor, pemula, dll)

Jika universitas di Indonesia dapat melakukan hal ini, ini adalah salah satu langkah lebih dekat untuk industri teknologi yang inovatif dan dinamis di Indonesia. Dan mungkin, Indonesia dapat menjadi Silicon Valley berikutnya. Itu pendapat saya, bagaimana pendapat para pembaca.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again