1. Lifestyle

Ulasan Pasar Aplikasi Mobile 2013 - Bagian 2

Seperti yang sudah saya janjikan di tulisan tentang ulasan pasar aplikasi mobile 2013 bagian pertama, pada tulisan ini kita akan membahas lebih lanjut tentang tren aplikasi mobile selama tahun 2013 yang sebentar lagi akan berakhir ini. Tulisan ini masih akan merujuk pada hasil penelitian dari Distimo yang dilakukan selama Januari hingga November 2013.

(Baca juga: Ulasan Pasar Aplikasi Mobile 2013 - Bagian 1)

iOS

Di ekosistem berbasis sistem operasi iOS, Candy Crush Saga berhasil menjadi aplikasi gratis terpopuler selama 2013. Secara umum, aplikasi game terbukti masih menjadi kategori aplikasi gratis terpopuler di App Store milik Apple dengan menempatkan 4 aplikasi di daftar 10 aplikasi gratis terpopuler. Selain Candy Crush Saga, ketiga aplikasi game lainnya adalah Temple Run 2, Despicable Me: Minion Rush, dan Subway Surfers.

Selain kategori game, kategori media sosial juga menempatkan 4 aplikasi di daftar ini. Seperti yang bisa dilihat di tabel di atas, YouTube, Facebook, Instagram dan Snapchat masing-masing bertengger di posisi kedua, keenam, ketujuh, dan kedelapan. Dua aplikasi lainnya adalah Google Maps dan Find My iPhone.

Sementara itu, untuk aplikasi berbayar, WhatsApp ternyata masih mampu bertahan dari gempuran berbagai aplikasi instant messenger lain. Di kategori ini, aplikasi game lebih menunjukkan dominasinya lagi. Tidak tanggung-tanggung, delapan dari 10 aplikasi berbayar terpopuler di 2013 adalah aplikasi game. Aplikasi Pages dari Apple melengkapi daftar 10 besar ini.

Android

Di ekosistem Android, aplikasi media sosial dan instant messenger justru yang menjadi primadona aplikasi gratis. Tujuh dari sepuluh aplikasi gratis terpopuler di Google Play Store selama 2013 lalu adalah aplikasi media sosial dan perpesanan. Facebook, WhatsApp, Skype, dan Facebook Messenger bertengger di empat posisi teratas. Sementara Instagram, Line, dan Twitter berada di posisi keenam, kedelapan dan kesepuluh. Tiga aplikasi game, Candy Crush Saga, Subway Surfers, dan Temple Run 2 menggenapi daftar ini.

Mitos bahwa pengguna Android gemar mengulik perangkat mobile mereka sepertinya terverifikasi dari daftar aplikasi berbayar terpopuler di Google Play Store. Tujuh dari sepuluh aplikasi berbayar terpopuler 2013 di Google Play Store adalah aplikasi-aplikasi utilitas yang biasa digunakan untuk mengutak-atik berbagai hal di Android.

Titanium Backup, Poweramp Full Version Unlocker dan Root Explorer yang biasa digunakan sebagai aplikasi pelengkap dalam proses rooting ponsel Android berada di posisi kedua, keempat dan kedelapan. Sementara aplikasi-aplikasi alternatif untuk launcher dan widget seperti Nova Launcher Prime, Beautiful Widgets Pro, dan HD Widgets juga hadir di daftar sepuluh besar ini. Bahkan aplikasi dengan pendapatan terbesar selama 2013 adalah aplikasi keyboard alternatif yang memang sangat populer di kalangan pengguna Android, SwiftKey Keyboard.

Industri mobile di 2014 menurut saya akan semakin menarik. Beberapa sistem operasi alternatif seperti Firefox OS, Tizen, dan Ubuntu tentu akan berusaha mencuri pangsa pasar dari duopoli iOS dan Android. Apalagi sistem operasi Windows Phone pun semakin solid sebagai ekosistem ketiga menggeser BlackBerry. Jadi, siap-siap untuk menikmati persaingan ekosistem mobile yang akan semakin dinamis di 2014 nanti.

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again