1. Lifestyle

Ulasan Pasar Aplikasi Mobile 2013 - Bagian 1

Tahun 2013 akan segera berakhir. Industri mobile mengalami pertumbuhan yang sangat pesat sepanjang tahun ini. Sebuah perusahaan analisis aplikasi mobile, Distimo, merilis ulasannya mengenai dinamika industri mobile selama 2013 dalam sebuah laporan yang cukup komprehensif. Trenologi akan mengupas laporan tersebut menjadi beberapa bagian. Bagian pertama ini akan mengulas mengenai gambaran umum pasar aplikasi mobile.

Pasar Aplikasi Mobile Berdasarkan Wilayah

Tidak mengejutkan, Amerika Serikat menjadi negara yang berkontribusi paling banyak terhadap pendapatan aplikasi mobile selama 2013. Berikut adalah 10 besar negara yang menghasilkan pendapatan terbesar bagi aplikasi mobile berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Distimo dari Januari hingga November 2013 di Apple App Store dan Google Play Store.

Meskipun demikian, pasar aplikasi mobile di Amerika Serikat tidak berkembang sepesat negara-negara lainnya dalam daftar tadi. Korea Selatan justru yang memiliki laju pertumbuhan sangat pesat. Dibandingkan dengan tahun 2012, pasar aplikasi mobile di Korea Selatan tumbuh hingga 759%, hampir 10 kali lipat laju pertumbuhan pasar Amerika Serikat. Cina dan Jepang melengkapi dominasi Asia dalam soal pertumbuhan pasar aplikasi mobile dengan bertengger di urutan kedua dan ketiga daftar dari Distimo ini.

iOS vs Android

Bicara industri mobile pasti tidak akan luput dari topik tentang rivalitas iOS dan Android. Kedua ekosistem ini masih belum tergoyahkan duopolinya di industri mobile. Seperti apa pendapatan iOS dan Android di negara-negara dengan pendapatan aplikasi mobile terbesar 2013 versi Distimo? Seperti yang bisa dilihat dari gambar berikut, iOS masih dominan di delapan dari sepuluh negara tersebut. Hanya di Korea Selatan dan Jepang saja Android memiliki pendapatan yang lebih besar dari pendapatan iOS.

Secara keseluruhan, iOS memang masih dominan untuk urusan pendapatan aplikasi. Walaupun Android mengalami pertumbuhan pendapatan yang konstan selama 2013, Android hanya mampu mengambil 37% dari keseluruhan pendapatan aplikasi mobile di 2013. iOS boleh saja disebut mengalami penurunan revenue share, tetapi dengan pangsa 63% , masih butuh waktu lama atau akselerasi yang lebih cepat bagi Android untuk bisa mengejar ketertinggalannya.

Seperti apa kondisi pasar aplikasi mobile 2013 berdasarkan kategori tiap-tiap aplikasi? Aplikasi mana yang paling populer selama 2013? Aplikasi mana yang memiliki pendapatan terbesar? Tunggu jawabannya di bagian kedua nanti.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again