1. DScovery

Twitter Vs Thread, Perbedaan dan Persamaan yang Harus Kamu Tahu

Saat ini media sosial menjadi platform digital yang digemari oleh banyak orang, sehingga memunculkan beberapa fitur terbaru. Berikut ini perbedaan dan persamaan mengenai media sosial twitter vs thread.

Dewasa ini penggunaan media sosial semakin masif dilakukan oleh para pengguna jaringan internet. Media sosial saat ini digunakan juga sebagai media pencari informasi dan update pada perkembangan berita nasional maupun internasional.

Maraknya media sosial yang semakin banyak juga menyebabkan persaingan antar bisnis tiap media mengembangkan fiturnya. Sebagaimana hal ini terjadi pada platform media sosial Instagram dan facebook yang memunculkan fitur baru berupa thread.

Thread memiliki arti sebagai sebuah unit CPU yang menjalankan suatu tugas dalam satu waktu sehingga program dapat berjalan. Sedangkan dalam media sosial, istilah thread digunakan untuk mengacu pada serangkaian tweet atau cuitan yang memiliki keterhubungan atau keberlanjutan satu sama lain.

Thread banyak dikenal dan dilakukan di media sosial Twitter, dimana setiap pengguna akun dapat memposting sebuah tulisan dan melanjutkan tulisannya pada tweet selanjutnya sehingga akan merangkai sebuah cerita atau ulasan panjang dan lengkap.

Beberapa waktu lalu Instagram juga memunculkan fitur baru dengan nama Thread, dimana pengguna akun dapat memposting tweet pribadi mereka dalam fitur tersebut layaknya seperti di media sosial twitter.

Perbedaan Twitter Vs Thread

Berikut ini perbedaan penggunaan thread pada media sosial Twitter Vs Thread:

  • Cara Akses 

Pengguna media sosial twitter dapat segera menggunakan thread secara langsung pada platform twitter, tetapi juga bisa membuat thread dengan akses layanan diluar platform utama seperti, Hootsuite, TweetDeck dan lain sebagainya. Sedangkan para pengguna thread hanya bisa mengaksesnya dengan menggunakan platform utama pada Playstore ataupun App store.

  • Views dan Verified

Media sosial twitter menyediakan layanan thread yang dapat melampirkan foto, gif, link dan video dalam setiap tweet miliknya. Untuk mendapatkan centang biru atau verified pengguna twitter juga perlu berlangganan Blue, setiap tweet juga akan memunculkan berapa kali tweet telah dilihat.

Berbeda dengan thread dimana pengguna tidak bisa melihat berapa banyak pengikut yang telah melihat tweet miliknya, centang biru juga didapatkan melalui proses verifikasi. Thread bisa mengunggah foto, video, link tetapi belum sampai pada gif.

  • Penggunaan Jumlah Karakter

Twitter menyediakan pengguna tanpa centang biru maksimal karakter adalah 280 kata, sedangkan bagi yang berlangganan bisa memiliki jumlah kata mencapai 10.000. Thread `menyamaratakan semuanya dimana setiap pengguna maksimal hanya dapat menggunakan 500 kata.

  • Metrik Views 

Twitter menyediakan layanan bagi pengguna agar bisa melihat berapa banyak jumlah like, retweet hingga views pada tiap satu tweet sedangkan thread tidak ada.

  • Trending Topik

Penulisan tweet  di twitter dengan kata yang sama dapat menjadi sebuah trending topic pada bagian trending for you karena banyak disebutkan oleh pengguna twitter, sedangkan thread tidak melibatkan tweet pengguna menjadi trending topic.

Persamaan Twitter Vs Thread

Meskipun begitu twitter dan thread juga memiliki persamaan dalam penggunaannya di media sosial, berikut ini persamaan antara twitter vs thread:

  • Unggahan Cuitan

Twitter maupun thread memiliki persamaan dalam memberikan batas maksimal atau limitasi penggunaan jumlah kata pada setiap kali cuitan dilakukan. Dimana pesan twitter pada akun biasa hanya mencapai 280 karakter dan thread mencapai 500 karakter.

  • Sistem Teks

Twitter vs thread memiliki persamaan dalam apa yang diposting, yaitu sebuah teks. Dimana fitur ini saling menyediakan kebutuhan pengguna dalam membagikan sebuah tulisan singkat ke media sosial.

  • Privacy Pengguna

Twitter vs thread juga memberikan privacy pada penggunanya, dimana terdapat pengaturan apakah konten yang dibuat dapat dilihat oleh orang lain atau tidak melalui fitur private.

  • Share Konten

Persamaan lainnya yang dimiliki oleh twitter maupun thread adalah kemampuannya untuk share konten yang telah dipublish, Dimana twitter menyebutnya dengan retweet dan thread menyebutnya dengan repost.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa twitter vs thread memiliki berbagai perbedaan dan persamaan. Penggunaan fitur pada media sosial twitter maupun thread jelas terdapat sedikit perbedaan.

Bagi pengguna media sosial yang ingin melihat reaksi audiens atau followers secara aktif maka akan lebih cocok menggunakan twitter, karena media sosial ini dilengkapi dengan sejumlah fitur seperti metrik views.

Sedangkan bagi pengguna media sosial yang ingin memposting teks yang lebih panjang, maka akan lebih cocok menggunakan thread. Karena platform ini menyediakan batas maksimal mencapai 500 karakter.

Demikian informasi mengenai perbedaan dan persamaan antara twitter vs thread, beserta rekomendasi bagi kalian para pengguna media sosial. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again