1. Startup

TweetMeme Luncurkan Produk Baru: DataSift

Seperti yang pernah dituliskan DailySocial, Twitter telah meluncurkan TweetButton resmi, yang bisa digunakan oleh para pemilik situs atau blog untuk memudahkan pengguna atau pembaca mereka dalam membagikan konten yang ada di halaman website tertentu ke Twitter.

TweetButton dari Twitter sendiri merupakan fitur yang dikerjakan secara kolaborasi antara Twitter dan TweetMeme, pengembang pihak ketiga yang sebelumnya telah menyediakan layanan tombol 'retweet' . TweetMeme sendiri secara resmi mengumumkan kerjasama dengan Twitter ini, bahkan mereka menyarankan pengguna untuk beralih ke TweetButton resmi dari Twitter.

Kini TweetMeme, sepertinya akan menempuh jalan baru untuk memperbaharui strategi mereka, salah satunya dengan meluncurkan produk baru bernama DataSift. Seperti yang dituliskan ReadWriteWeb, DataSift merupakan produk yang memberikan layanan analisis tweet dari Twitter secara real-time. DataSift akan menyederhanakan proses monitoring retweet serta klik yang terjadi dengan analisis yang lebih dalam dan 'kaya', serta memungkinkan juga untuk melakukan proses penyaringan data dari berjuta-juta tweet yang terjadi setiap harinya.

DataSift juga nantinya memungkikan pengguna untuk membuat, membagikan, memberi komentar serta memberikan peringkat atas data stream yang ada pada situs DataSift. Seperti juga yang dijelaskan pada blog resmi DataSift, produk ini diharapkan akan membantu para pengembang untuk bisa fokus pada pembuatan user experience yang hebat tanpa harus khawatir dengan ketepatan konten data, karena itu akan disediakan oleh DataSift.

Kerjasama antara TweetMeme dengan Twitter memang cukup unik, kalau biasanya Twitter 'mematikan' secara langsung para pengembang dengan meluncurkan atau mengakuisisi layanan yang mereka butuhkan, seperti misalnya Tweetie untuk aplikasi Twitter yang digunakan di perangkat bergerak, serta berbagai fitur yang menjadikan layanan web mereka bertambah menarik, tetapi untuk urusan tombol 'retweet', Twitter bekerjasama dengan TweetMeme.

Belum jelas juga sebenarnya tentang masa depan TweetMeme, apakah akan 'dihilangkan'dan diganti dengan TweetButton resmi dari Twitter atau tombol 'retweet' dari TweetMeme tetap bisa digunakan, karena, masih seperti yang dituliskan ReadWriteWeb, meskipun akan tetap menyediakan layanan tombol 'retweet', TweetMeme sendiri mendorong para pengguna TweetMeme untuk menggunakan tombol tweet resmi dari Twitter. Yang jelas mereka kini telah bersiap dengan produk baru, DataSift.

Saat ini DataSift masih dalam versi alpha, namun bagi mereka yang tertarik menggunakannya bisa mendaftarkan diri di situs mereka untuk menjadi alpha tester. Dan berikut video penjelasan singkat tentang layanan apa yang akan ditawarkan oleh DataSift.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again