1. Startup

Tumblr Terima US$5 Juta, Tolak Pasang Iklan

Platform blogging Tumblr menurut All Things D dikabarkan baru saja mendapat dana investasi round C dari Spark Capital dan Union Square Ventures sebesar US$ 5 juta. Dengan tambahan investasi ini maka total yang telah diterima Tumblr mencapai US$ 10.8 juta.

Seiring dengan itu tentunya Tumblr makin harus mencari model bisnis yang tepat untuk mendatangkan pemasukan. Yang jelas model akun premium dan pemasangan iklan baik di pencarian maupun di dashboard ditolak mentah-mentah oleh David Karp, founder Tumblr, seperti yang dituturkannya kepada L.A. Times.

Lalu apa strategi Tumblr? Karp mengindikasikan bahwa mereka ingin membuat sistem monetisasi dari komunitas mereka, untuk komunitas mereka sendiri. Contoh yang sudah dijalankan adalah menjual themes premium. Kemudian Tumblr juga mencoba ide-ide baru seperti menjual hasil cetak dari karya-karya seni yang dipasang di Tumblr, contohnya di blog ini.

Karp memang menginginkan Tumblr untuk mencari sumber pemasukan non-tradisional (baca: bukan iklan), seperti percobaan yang akan dilakukan mereka yaitu menjual badge atau sticker untuk menghias blog-blog penggunanya.

Ide-ide yang menarik tapi sekilas masih terkesan "recehan" ya. Apakah cukup untuk menutupi biaya operasional, atau bahkan mendatangkan profit? Kayaknya menarik untuk menunggu langkah inovatif lainnya dari Tumblr.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again