1. Startup

Tumblr 'Mengikuti' Formspring.me, Menambah Aplikasi Q&A

Baru lewat satu hari setelah artikel DailySocial yang membahas Formspring.me, kini salah satu aplikasi lain yang mencoba membuat aplikasi serupa muncul. Tidak tanggung-tanggung, aplikasi yang kini menjadi trend blogging gaya baru Tumblr mengimplementasikan aplikasi yang mirip dengan yang ada di Fromspring.me. Meniru? Masih bisa diperdebatkan memang apakah Tumblr meniru atau tidak, tapi pastinya ini mengindikasikan bahwa format aplikasi Q&A mulai memberi efek pada para startup lainnya.

Bagi anda yang mempunyai akun Tumbrl, seperti yang diumumkan oleh Tumblr sendiri, anda bisa menambahkan fasilitas ini dengan masuk pada fungsi massage, lalu mencentang kotak pilihan let people ask question. Fungsi yang terdapat hampir mirip persis dengan yang ada di Formspring.me. Bagi anda yang akan mengajukan pertanyaan bisa mengatur apakah anda ingin dikenali sebagai anda atau ask anonymously. Anda juga bisa memilih pertanyaan mana yang ingin anda jawab dan mem-post jawaban atas pertanyaan yang diajukan di blog anda. Mirip dengan Formspring.me?

Salah satu yang membedakan Tumbrl dari Formspring.me, aplikasi Ask Me dari Tumblr ini juga tersedia dengan tema yang bervariasi, terutama bagi mereka yang tidak puas dengan format default yang disediakan oleh Tumblr.

Ya, memang kalau dilihat dari karakternya, saya juga akan setuju bahwa aplikasi ini memang mirip sekali dengan fungsi-fungsi yang ada di Formsping.me, mungkin ada perbedaan di kode-kode pemograman, jika para pembaca DailySocial ada yang paham dengan hal ini bisa menyumbangkan pendapatnya pada kolom komentar.

Saya melihatnya dari sisi user dan trend itu sendiri, pertanyaannya adalah, apakah perkembangan ini menegaskan bahwa tipe-tipe layanan aplikasi berbasis Q&A akan mengambil peran yang semakin besar di dunia internet?

Tumblr menegaskan melalui situs mereka bahwa selain aplikasi Ask Me yang sedang mereka test, Tumblr juga akan menambahkan banyak lagi aplikasi-aplikasi messaging. Hmm, patut ditunggu nih perkembangan selanjutnya dari Tumblr.

Tumblr sendiri, di tanah air popularitasnya memang masih jauh kalah di bandingkan dengan social networking yang memang sangat disukai oleh user lokal. Tapi setidaknya, bagi saya Tumblr itu sedikit 'menyelamatkan' trend blogging yang sedang turun, meski pernyataan ini masih bisa diperdebatkan lebih jauh juga.

Saya sendiri menganggap Tumbrl sebagai simple blogging, semacam space diantara microblogging dan blogging, meski beberapa artikel di blog teknologi mengkategorikan Tumbrl sebagai microblogging. Setidaknya ada 7 pilihan post yang ada di Tumbrl, tapi saya melihat user lokal menggunakannya lebih pada post foto dan quotes atau tulisan pendek.

Ok, pertanyaan pertama tentang apakah tipe aplikasi Q&A seperti yang dilakukan Formspring.me akan menjadi next trend masih belum bisa dijawab, pertanyaan tentang bagaimana pengguna internet lokal bereaksi atas Formspring.me dan apikasi sejenis seperti yang ada di Tumbrl juga sepertinya butuh waktu untuk dijawab, kini muncul pertanyaan lain: Apakah ada startup social networking atau blog lokal yang berencana untuk menambahkan aplikasi jenis Q&A sejenis dengan Formspring.me?

Apakah anda pelaku startup? Bagaimana pendapat anda tentang perkembangan Tumblr yang meluncurkan aplikasi Ask Me? Atau anda punya pendapat lain? Mari share pendapat anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again