1. Startup

Trending Topics Ala Twitter di Google News

Google news kemungkinan akan memperbaharui tampilan halaman home mereka dengan menambahkan kotak khusus yang akan berisi daftar top stories, yang mirip fitur trending topics di Twitter. Seperti yang ditulis TechCrunch, Google yang pernah mencoba membeli Twitter tetapi gagal, terus mempelajari berbagai fitur yang ada di aplikasi Twitter, dan sepertinya akan 'meniru' fitur trending topics.

Saya langsung mencobanya di Google news, tapi sepertinya fitur ini hanya berlaku untuk user tertentu dan belum roll out untuk publik, fitur ini sebenarnya ada di bawah kolom top stories yang merupakan kumpulan link berita yang sedang hot. Fitur Top stories sendiri bisa anda klik dan akan menampilkan berbagai link berita yang sedang populer, tapi di desain yang baru, tab top stories digabungkan dalam satu kotak yang juga berisi kata kunci untuk topik-topik paling populer.

Berikut screenshoot dari Google news versi lama:

Dan berikut screenshoot desain baru yang saya kutip dari Grack.com:

Trending topics sendiri merupakan salah satu fitur unggulan dari Twitter yang menghadirkan berbagai topik yang sedang trend di twiterverse, bahkan Twitter sendiri memperbaharui fitur ini dengan meluncurkan local trend yang lebih mangelompokkan lagi trending topics berdasarkan lokasi tertentu.

Terus terang saya sendiri sangat penasaran menanti pengumuman resmi dari Google tentang fitur ini, proses saling 'tiru' ini sepertinya akan terus berlanjut, Buzz yang mencoba memasuki ranah social media yang berhadapan langsung dengan Facebook dan Twitter, lalu re-tweet ala Facebook yang diluncurkan awal tahun Januari kemarin yang fungsinya mirip re-tweet di Twitter.

Sepertinya pengguna dari Indonesia belum bisa mengalami sendiri desain baru dari Google News ini, tapi jika anda penasaran untuk melihat seperti apa tampilannya, anda bisa melihat di TechCrunch atau Grack.com. Dan jika anda sudah bisa menggunakan fitur ini, anda bisa membagi pengalaman anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again