1. Startup

Tren Mobile Intermedia 2013: Platform iOS Paling Diminati Kalangan Pebisnis

Jika menganggap perangkat BlackBerry merupakan perangkat komunikasi yang diandalkan bagi kalangan pebisnis, anggapan Anda saat ini mungkin akan berubah. Melalui laporan infografis tahunan yang dirilis oleh perusahaan riset Intermedia, perangkat pabrikan Apple yaitu iPhone dinyatakan sebagai perangkat yang paling diminati oleh kalangan pebisnis sebagai perangkat yang diandalkan untuk komunikasi bisnis.

Dalam laporan infografis yang menyasar pada segmen Small and Medium-sized Businesses (SMB) ini, dijabarkan sekitar sebesar 76% pengguna mengaktifkan layanan pendukung kebutuhan bisnis seperti layanan email enterprise pada perangkat iOS (iPhone dan iPad) sepanjang pada bulan Januari hingga Oktober 2013 dari sekitar hampir 250 ribu sample yang diambil oleh Intermedia.

Hasil yang diperoleh iOS tersebut memiliki perbedaan yang signifikan dengan pesaing platform lainnya seperti Android, BlackBerry, dan Windows Phone. Dalam infografis tersebut, perangkat Android yang diwakili oleh merk besar seperti Samsung, HTC, dan Motorola hanya mampu memiliki total persentase sebesar 21% dengan penjabaran 12% untuk Samsung, 5% untuk Motorola, 2% untuk HTC, dan 3% sisanya dipegang oleh merek Android lain. Jika disandingkan, platform iOS memiliki persentase hampir 4 kali lipat lebih besar ketimbang platform Android sebagai platform perangkat mobile yang diminati oleh kalangan pebisnis.

Bagaimana dengan nasib BlackBerry yang dahulu sempat dikenal sebagai perangkat yang memang diciptakan khusus bagi kalangan pebisnis? Seperti yang sudah disampaikan pada paragraf awal, dalam laporan infografis ini BlackBerry harus rela kedudukannya digeser oleh perangkat iOS dan bahkan Android yang notabene menawarkan fungsi multimedia yang lebih kompleks. Di laporan tersebut BlackBerry hanya memiliki persentase sebesar 1% dari seluruh sample yang diambil oleh Intermedia. Dalam hal ini BlackBerry ditemani oleh Windows Phone dengan perolehan setara yakni 1% sebagai perangkat yang diminati oleh pebisnis.

Perolehan setara tersebut tentu merupakan hal yang cukup mengecewakan bagi BlackBerry. Platform Windows Phone berusia jauh lebih muda dan memiliki waktu yang cukup panjang untuk menjadi perangkat yang dapat diandalkan bagi pebisnis ketimbang BlackBerry -- yang baru sangaja mengganti tampuk kepemimpinannya dan semakin kesulitan mengembangkan pasarnya.,

Bagaimana dengan kalangan pebisnis Indonesia? Meski belum ada laporan infografis yang spesifik membahas preferensi pebisnis, persentase kepemilikan Android secara total untuk semua vendor -- menurut data yang dikompilasi Redwing Asia -- sudah jauh di atas BlackBerry ataupun iOS. Toh menurut laporan pandangan mata, pebisnis negara kita masih banyak yang menggunakan BlackBerry karena kenyamanannya menggunakan keyboard fisik untuk pengetikan.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again